langkah langkah analisis data
Tips Belajar

Tips Mudah Memahami Langkah-Langkah Analisis Data

Tonton Sekarang

Setiap metode penelitian sebaiknya harus mengikuti langkah-langkah tertentu. Tak terkecuali dengan teknik analisis data. Ada tiga tahap analisis data yaitu mengolah data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Yuk, kita bahas urutan langkah dalam melakukan analisis data. 

Langkah Mengolah Analisis Data

Tahap pertama adalah mengolah data. Ketika data-data sudah terkumpul, kamu sudah bisa mengolah data. Tahap ini berfungsi agar kamu bisa “menggiring” data yang tersedia agar sesuai dengan penelitian masalah. Langkah-langkah dalam pengolahan data seperti ini: 

1. Menyunting Data (Editing)

Dalam tahap ini, kamu bisa memeriksa dan mengecek data-data yang tersedia. Apakah sudah sesuai dengan masalah yang ingin kamu teliti? Kamu bisa membuang data-data yang gak perlu, sebagai awal permulaan untuk menggiring data agar sesuai dengan penelitian masalah.

2. Pengkodean (Coding)

Jangan ketukar ya, definisi “coding” di sini bukan menulis kode untuk membuat program komputer. Dalam mengolah data, coding adalah menandai data dengan simbol atau tanda tertentu untuk memudahkan kamu memisahkan kategori-kategori data.

3. Tabulasi (Tabulating)

Dalam tahap tabulasi, kamu sebagai peneliti menyusun data dan menyajikan data-data dengan cara memasukkan data ke dalam tabel. Tujuannya supaya lebih mudah memahami data.

Menganalisis Data

Tahap kedua adalah menganalisis data. Setelah mengolah data-data dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami, kamu sudah bisa mulai melakukan analisis data. Tujuan analisis data adalah menyederhanakan dan memudahkan data tersebut agar mudah menafsirkan atau metarik kesimpulan oleh si peneliti.

Sebelum menganalisis data, mesti dipahami bahwa ada dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang membahas konsep suatu permasalahan dan tidak disertai data berupa angka. Misalnya, data-data rekaman suara/video, catatan, wawancara, partisipasi narasumber, serta tinjauan pustaka. 

Sementara, data kuantitatif adalah data berupa angka yang dapat dihitung dengan berbagai rumus-rumus statistik. Contohnya, angket, kuesioner, data survei, peringkat, statistik pertandingan olahraga, Pemilu, dan sebagainya. Intinya, data yang ada angka-angkanya, deh!

Jika data yang kamu analisis berupa data kuantitatif, data disusun dalam bentuk angka dan statistik. Sementara jika data yang kamu analisis berupa data kualitatif, data disusun dalam bentuk simbol dan kata-kata.

Menarik Kesimpulan

Setelah menganalisis data, kamu bisa membuat penafsiran dan menarik kesimpulan atas hasil penelitianmu. Tujuannya agar pembaca bisa memahami hasil penelitian dengan mudah. Saat menarik kesimpulan, kamu menyesuaikan antara hipotesis atau dugaan awal pada penelitian dengan hasil penelitian yang kamu temukan setelah mengolah data. 

Apakah ada kesesuaian? Cuma cocok setengah-setengah? Atau, hipotesis sangat berbeda dengan hasil penelitian? Apapun hasilnya, yang penting kamu menarik kesimpulan secara objektif yang berdasarkan pada data-data yang valid.

Itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu ikuti saat melakukan penelitian dengan teknik analisis data. Sudah siap menjadi seorang data analis? Kalau kamu ingin mendalami ilmu apapun tentang data, kamu bisa ikutan kelas Business Data Analytic! goKampus bekerja sama dengan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University, memberikan peluang untuk mendapatkan sertifikat profesional langsung dari NTU! Cek selengkapnya di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *