apa itu passion kerja
Tips Belajar

Apa Itu Passion Kerja? Gimana Sih Cara Menemukannya? Cek Selengkapnya Yuk

Kalau kamu kerja sesuai passion, rasanya semua jadi mudah. Belum tentu sih, tapi setidaknya beban kerjamu akan sedikit berkurang karena kamu melakukan sesuatu yang kamu sukai. Apa sih itu passion dalam bekerja, dan gimana cara menemukannya? Yuk, kita bahas.

Passion, atau dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar disebut sebagai “renjana”, artinya rasa hati yang kuat. Ini bisa ditemukan dalam hal percintaan, gairah seksual, minat, hobi, atau kegemaran.

Baca Juga: Mau Tahu Potensi Karier Terbaikmu? Ikutan Aptitude Test Yuk!

Jadi, Apa Itu Passion Kerja?

Passion dalam bekerja memiliki artian bahwa seseorang menyukai pekerjaan tersebut, sehingga secara sukarela ia akan melakukan tugas-tugas dalam pekerjaan tersebut. 

Misalnya, sejak kecil kamu adalah anak yang suka menggambar. Saat kuliah, kamu mengikuti passion-mu dan masuk jurusan Desain Grafis hingga lulus. Tapi sayangnya kamu tidak menemukan pekerjaan sebagai desainer grafis. Kamu malah jadi sales marketing di sebuah perusahaan tambang. 

Sales marketing dan desainer grafis adalah bidang pekerjaan yang jauh sekali. Gak ada mirip-miripnya. Kamu bisa merasa stres dan tertekan karena sales marketing bukan bidang kesukaanmu. Ini bisa berakibat pada kinerja kamu akan semakin memburuk. Bahkan, kesehatan mental juga bisa terganggu.

Sebaliknya, jika kamu bekerja sebagai desainer grafis, kamu bisa meminimalisir rasa stres. Bukan jaminan juga, sih. Sebab, banyak faktor lain yang menentukan tingkat stres seorang karyawan misalnya load pekerjaan, hubungan dengan atasan, hubungan dengan rekan kerja, masalah pribadi, dan sebagainya.

Tapi setidaknya kamu memang suka dengan bidang desain grafis. Rutinitas kerja harian akan kamu jalani dengan baik-baik saja. 

Tips Menemukan Passion Dalam Diri

  1. Pertama, kita harus memahami diri kita sendiri lebih dulu. Apa itu passion kamu dalam bekerja, apa saja yang menjadi kesukaanmu?
  2. Mencari hal-hal apa saja yang kamu sukai. Coba deh, bikin daftarnya. Lalu cari pekerjaan yang kira-kira berhubungan dengan hal tersebut.
  3. Mencoba mencintai diri sendiri dengan mengurangi membandingkan diri kita dengan orang lain.
  4. Menghargai hal-hal yang kamu sukai. Tetap lakukan hobimu, kalau perlu coba kembangkan menjadi sesuatu yang lebih produktif.

Itulah passion dalam dunia kerja dan cara menemukan passion dalam diri sendiri. Kalau kamu masih belum yakin dengan jurusan kuliah yang pernah/ ingin kamu tempuh, ingin mencari tahu passion dan karier yang paling cocok buatmu, coba Tes Minat dan Bakat dari goKampus yuk! Tesnya GRATIS loh! Ikutan tesnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *