idul fitri
Tips Belajar

7 Ide Konten Idul Fitri Biar Viral Di Media Sosial

Gak terasa, Idul Fitri sudah di depan mata. Salah satu hari raya umat Islam ini menjadi momen paling berharga setiap tahunnya. Selain jadi momen untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, Idul Fitri juga sarat akan tradisi, seperti makan ketupat, berbagi angpao, pesta kembang api, dan masih banyak yang lainnya. 

Nah, di zaman sekarang, tentunya mengabadikan momen Idul Fitri di media sosial (medsos) jadi salah satu hal yang cukup menarik. Sudahkah kamu memiliki ide yang menarik untuk diposting pada saat Idul Fitri atau Lebaran nanti? Jika belum terpikir, coba simak yuk beberapa ide konten lebaran yang layak kamu pertimbangkan berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi kamu nanti.

Baca Juga: 7 Kegiatan Ramadhan yang Gak Ada di Bulan Lain

1. Outfit Idul Fitri

Beli baju baru di saat lebaran tentunya sudah jadi tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Nah, membuat konten yang menampilkan outfit kamu saat Lebaran bisa jadi salah satu ide yang menarik nih guys. Misalnya kamu bisa saja bercerita di mana kamu belanja atau berapa harga outfit yang kamu kenakan.

Lalu apabila kamu mengenakan baju lebaran yang berunsur daerah, kamu bisa menceritakan asal-usul pakaian di daerah tersebut. Sedangkan untuk kamu yang sudah punya pasangan atau keluarga, kamu bisa kok posting foto keluarga dengan outfit yang bertema sama. Selanjutnya, tinggal pikirkan gaya fotonya deh. Pastikan gaya fotonya jangan yang biasa-biasa saja ya, misalnya gaya berjejer di tangga, gaya berebut ketupat, dan lain-lain. Coba yuk! 

2. Ada Kuis

Salah satu tradisi lebaran lainnya yang marak di tengah masyarakat Indonesia adalah berbagi THR dengan sanak saudara. Nah, ada loh cara seru supaya bagi-bagi THR ini semakin menantang dan berkesan. Misalnya dengan kuis lebaran. Buatlah semacam tebak-tebakan receh untuk para saudara kamu. Nantinya, siapa saja yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah THR atau angpao dalam jumlah tertentu. Tebak-tebakannya terserah kamu, bisa seputar pengetahuan umum, plesetan, dan lain-lain. Dijamin deh momen ini bakal menambah keriaan di hari raya. 

3. Lomba Makan

Di Indonesia, ada banyak makanan khas yang biasa disantap saat lebaran. Mulai dari ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, rendang, dan masih banyak lagi. Nah, dari makanan ini, kamu bisa loh bikin konten yang seru dan berkesan. Misalnya konten lomba makan ketupat dari mulai mengupas kulitnya lalu memakannya hingga habis. Pasti lucu deh mengabadikan momen saat peserta mengupas ketupat. 

4. Momen Mudik

Mudik atau pulang kampung juga jadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Nah, perjalanan selama mudik hingga sampai ke tujuan bisa jadi konten menarik nih untuk kamu coba. Kamu bisa lengkapi video perjalanan kamu dengan berbagai informasi tambahan seperti daerah wisata sekitar, rekomendasi tempat makan, hingga oleh-oleh khas daerah kamu. Oya, jangan lupa sertakan barang bawaan kamu dan cara kamu packing-nya ya. 

5. Kembang Api 

Tradisi berikutnya yang juga sering dilakukan saat momen lebaran adalah bermain kembang api. Buat konten ini di malam hari agar lebih menarik. Ajak saudara atau keluarga kamu juga ya. Tapi ingat, pilihlah kembang api yang menurutmu aman. 

6. Sungkem Orang tua

Ritual sungkem atau meminta maaf pada orangtua, kakek-nenek, saudara yang dituakan, dan lain-lain bisa jadi konten yang bagus loh untuk media sosial kamu. Pasalnya momen ini tentu akan sangat menyentuh dan mengundang empati follower kamu. Pastikan kamu mengambil foto atau video dengan sudut pandang yang keren ya. Pilih background musik yang tepat juga, biar lebih mengena di hati ya. 

7. Ucapan Idul Fitri

Ide konten berikutnya yang menarik untuk kamu buat adalah ucapan di hari kemenangan. Jika kamu kurang percaya diri dengan berfoto atau video, buatlah semacam kata-kata mutiara yang berkaitan dengan Idul Fitri di media sosial. Kamu bisa mengambil kutipan dari orang terkenal ataupun bikin sendiri. Andalkan aplikasi desain agar tampilan konten jadi lebih menarik.

Baca Juga: Agar Ngabuburit Berfaedah, Yuk Lakukan 4 Kegiatan Ini!

5 Aplikasi Untuk Bikin Ucapan Idul Fitri Dengan Mudah

Nah, bicara soal ucapan Idul Fitri, kamu gak perlu bingung bagaimana cara membuatnya jadi lebih menarik. Sebab sekarang ada banyak aplikasi yang bisa kamu andalkan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat ucapan selamat hari raya Idul Fitri. 

a. Canva

Aplikasi edit foto ini sudah cukup populer. Malahan di sini ada menu khusus “Eid Al-Fitr Card untuk menyortir segala desain kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang bisa kamu pilih. 

b. Muslim Cards Pro

Menariknya aplikasi ini pengguna gak perlu masuk menggunakan akun Facebook atau Google. Kamu bisa langsung membuat kartu ucapan dengan fitur desain di aplikasi ini. 

c. Pinterest

Di aplikasi ini kamu bisa menemukan beragam gambar, termasuk kartu ucapan Lebaran. Kamu tinggal mengetik kata kunci ucapan Idul Fitri lalu kamu tinggal memilih gambar yang diinginkan, unduh, dan bagikan ke kerabat. 

d. WhatsApp

Di WhatsApp, kamu sebenarnya bisa mencari beragam gambar animasi (GIF) bernuansa Idul Fitri loh. Sayangnya gambar-gambar di sini tidak bisa kamu edit. Jadi carilah yang sesuai dengan keinginanmu. 

e. Freepik

Beda dari yang lain, untuk mengambil gambar di sini, kamu gak perlu mengunduh aplikasinya. Kamu bisa memilihnya secara gratis. Di sini kamu juga bisa menemukan bermacam gambar ucapan selamat hari raya Idul Fitri. 

Nah itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat atau mendapatkan ucapan Idul Fitri dengan mudah. Kira-kira kamu sudah pernah coba yang mana? 

Kata-Kata Mutiara Seputar Idul Fitri

Setelah memilih aplikasinya, sekarang tinggal menentukan kata-kata mutiaranya nih, Guys. Seperti disebutkan sebelumnya, kata-kata mutiara seputar Lebaran bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Kamu bisa mengambil dari tokoh-tokoh besar, atau lebih bagus lagi jika kamu membuatnya sendiri. 

Nah, sebelum merangkai kata, tentunya kamu perlu tahu dulu arti dan makna dari Idul Fitri. Menurut Raw story, makna Idul Fitri secara harfiah adalah festival atau perayaan. Sementara secara etimologi, Idul Fitri berasal dari kata Id yang berakar pada kata aada-yauudu yang artinya kembali. Sedangkan fitri diartikan sebagai suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, serta keburukan yang diambil dari kata fathoro-yafthiru

Selain Idul Fitri, umat muslim di Indonesia kerap menyebutnya sebagai lebaran. Lebaran di sini di ambil dari bahasa Jawa yaitu lebar-lebur-luber-labur.

Baca Juga: Sekarang Ramadhan Ke Berapa, Sih? Inilah Sejarahnya 

Lebar berarti kita akan merayakan Idul Fitri tanpa kemaksiatan. 

Lebur berarti bahwa bulan Ramadan lalu telah meleburkan dosa yang pernah diperbuat. 

Luber berarti mendapat banyak berkah, pahala serta rahmat dari Yang Maha Kuasa. 

Labur berarti bersih, sebab orang yang habis melakukan ibadah puasa diibaratkan bayi yang baru lahir, sehingga hati kita akan kembali menjadi putih tanpa adanya dosa.

Bagi kamu yang menjalani lebaran, selamat hari raya ya! Semoga selepas hari raya, pendidikan dan kariermu makin lancar. Kalau kamu merasa harus upgrade skill supaya kariermu makin cemerlang, coba ikutan kelas online di goKampus yuk! Ikut kelas online di goKampus, skill meningkat, dapat sertifikat bonafide siap kerja dari luar negeri! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *