Event

Tips Meyakinkan Orang Tua Waktu Milih Jurusan

Sedih banget ya kalau orang tua kita menolak jurusan yang kita pilih. Tapi bukan berarti kamu langsung putus asa. Kamu perlu berusaha meyakinkan mereka kalau jurusan ini paling sesuai denganmu. Di video pendek kali ini, Sania Leonardo kasih tips biar kamu bisa menyakinkan orang tua waktu milih jurusan. Tonton sekarang, ya!

Gak bakal dipungkiri kalau kamu pasti sering berbeda pendapat dengan orang tua kan? Atau saat ini kamu lagi berusaha untuk meyakinkan orang tua dengan pilihan jurusanmu? Gimana ya kalau kamu pengen masuk ke jurusan yang kamu senangi, eh tapi ternyata orang tuamu meminta hal lain. Perlu dituruti apa gak ya? Buat kamu yang masih bingung gimana cara meyakinkan jurusan pilihanmu ke orang tua. Ini dia caranya!

1. Komunikasi adalah kunci~

Untuk membangun kepercayaan antara kamu dan orang tua, perlu adanya komunikasi yang baik dulu dengan mereka. Memang bisa dibilang gampang-gampang susah sih kalau bicara urusan yang melibatkan orang tua. Tapi, kalau komunikasi kamu lancar, kamu bisa lebih mudah untuk berdiskusi dengan baik.

2. Jujur pada diri sendiri, keluarga, dan orang di sekelilingmu

Pastikan apa yang kamu sampaikan kepada orang tuamu adalah sesuatu yang benar-benar kamu rasakan. Akan lebih mudah menyampaikannya jika itu adalah sesuatu yang jujur kamu rasakan daripada sesuatu yang dibuat-buat atau sekadar ikut-ikutan argumentasi teman semata. Seringkali kita merasa pilihan kita adalah yang paling baik, tanpa mengukur dan memikirkannya secara matang-matang. Gak jarang, kalau kita salah menilai karena termakan hasutan teman, padahal belum tentu pilihan tersebut benar-benar kita sukai, atau sesuai dengan yang kita rasakan.

Baca Juga: Ini Tanda Bahaya Menjadi Seorang People Pleaser

3. Meyakinkan orang tua dengan mencari solusi bersama

Tidak ada salahnya untuk mencari jalan tengah ketika ada perbedaan pendapat. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan kompromi dan melihat pro dan kontra-nya secara lebih luas. Jika sulit memilih di antara pendapat yang ada, pilihan lainnya adalah mencari jalan tengah. 

Pada 2 Oktober 2021 lalu, Sania Leonardo, Content Creator membahas seputar mental health dan toxic environment di GOEX nih! Isu tentang meyakinkan orang tua dalam pemilihan jurusan juga dibahas di sesi ini. Dijamin deh semua sesinya akan seru banget loh. Yuk, nonton videonya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *