Event

Toxic Adalah Orang Negatif? Hindari Pertemanan Toxic

Mental health memang jadi topik paling hits belakangan ini. Video kali ini, goKampus akan bahas bagaimana kita bisa “keluar dari lingkungan toxic”. Pertanyaan yang paling sering muncul juga “toxic itu apaan sih?” sebelum kita nonton videonya, kita bahas dikit yuk.  Toxic adalah istilah untuk seseorang yang “beracun” atau sifat pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik itu secara fisik ataupun emosional. Biar lebih jelas, tonton video penjelasan Sania Leonardo di bawah ini.

Di zaman sekarang ini, pastinya kita telah sering mendengar istilah lingkungan toxic, baik itu di media sosial ataupun di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Istilah toxic ini telah muncul berasal dari kata bahasa Inggris yaitu memiliki arti racun.

Sama halnya dengan racun, orang-orang ini juga akan bisa mengganggu kehidupan orang lain. Dan, dapat membuat orang lain dapat tersakiti serta bisa merugikan orang lain, baik secara emosional ataupun secara fisik. Secara umum, seseorang akan dianggap toxic jika orang tersebut akan membawa pengaruh buruk atau negatif di dalam lingkungan sosial. Biasanya hal tersebut akan membuat orang lain tidak nyaman.

Sebenarnya pengertiannya itu berbeda-beda, bisa secara sederhananya toxic adalah sesuatu yang membawa pengaruh negatif atau buruk kepada lingkungan sekitarnya baik itu perlakuan, sikap, ataupun tindakan yang dia lakukan.

Tapi, ada juga beberapa tanggapan yang mengatakan bahwa toxic adalah suatu kepribadian yang terkadang akan melekat pada seseorang yang hanya mau senangnya saja. Jadi, kalau ada temanmu yang hanya ingin dekat denganmu karena senangnya saja, bisa jadi dia salah satu ciri-ciri orang toxic loh.

Mulai lelah berada di lingkungan ini? Mungkin tanpa kamu sadari, kamu pasti pernah bertemu dengan teman-teman atau kerabat dekat yang toxic, sehingga kamu merasa semakin capek berteman dengan mereka setiap saat.

Biasanya, orang “beracun” ini adalah orang yang terus menerus mengeluh, dan mereka juga mudah menyalahkan orang lain atas permasalahan yang terjadi. Mereka akan terus-menerus menciptakan drama atau konflik seolah-olah tak kenal kata damai. Tentunya, kamu akan merasa bahwa pertemuan kamu dengan mereka bukan menjadi pertemuan yang nyaman dan menghibur, tapi malah merepotkan kamu.

Baca Juga: Cara Hindari Lingkungan Toxic A la Sania Leonardo

Jika kamu terperangkap di momen tersebut, apa yang harus kamu lakukan? Pada 2 Oktober 2021 lalu, Sania Leonardo, Content Creator membahas seputar mental health dan toxic environment di GOEX nih! Isu mental health yang dikenal “serius” bisa dibawakan oleh Sania secara menyenangkan dan lebih mudah menyentuh khalayak Gen-Z. Kira-kira menurut Sania Leonardo, gimana sih caranya agar kita bisa keluar dari lingkungan yang negatif seperti ini? Cek tips nya dari Sania Leonardo yuk dengan nonton video di atas ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *