etika komunikasi
Tips Belajar

Tips Membuat Seminar Online Berjalan Sukses

Siapa di sini yang pernah ikutan seminar? Pernah ikutan seminar online alias webinar? Sebenarnya gak beda jauh dengan seminar offline loh. Bedanya hanya tempat penyelenggaraannya saja kok. Nah, supaya webinar bisa berjalan sukses, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Temukan Topik Yang Tepat

Inilah tahap terawal untuk menggelar seminar online yang sukses. Untuk menentukan topik yang seru, kamu harus riset dulu. Enggak perlu riset beneran, kecil-kecilan saja. Coba ikuti berita dan perkembangan terkini, apa yang kira-kira menarik untuk dijadikan bahan acara.

Menyediakan Perangkat Penunjang

Inilah perbedaan utama antara seminar online dengan offline. Dalam penyelenggaraan seminar online, kebutuhan utama perangkat penunjang adalah koneksi internet yang cepat dan stabil, komputer yang cukup powerful, kamera untuk menampilkan pembawa acara, moderator, dan pembicara. Jika mau tampilan bagus, rapi, dan seragam, mungkin layar hijau alias green screen bisa kamu pertimbangkan. 

Kuasai Software Webinar Sebelum Seminar Online

Jangan lupa menyiapkan software yang umumnya digunakan untuk webinar. Software-nya bebas saja, asal kamu sudah benar-benar menguasai fitur-fitur dalam software tersebut. Selain itu, sebaiknya menggunakan software yang sudah umum sehingga para peserta gak kebingungan. 

Tentukan Susunan Acara

Umumnya, urutan acara seminar seperti di bawah ini. Kamu tinggal ikuti, atau ganti sesuai keperluan seminar online yang kamu adakan.

  1. Pembukaan oleh pembawa acara
  2. Moderator menyampaikan pembahasan pokok masalah
  3. Pembicara membahas pokok masalah secara bergiliran
  4. Sesi tanya jawab
  5. Moderator menyampaikan kesimpulan acara
  6. Penutupan oleh moderator/pembawa acara.

Pakai Jasa Pembawa Acara dan Moderator Yang Interaktif

Dalam seminar online, terkadang suasananya tidak hidup karena peserta berada di rumah masing-masing. Tentu ada kemungkinan peserta merasa terlalu nyaman dengan rumahnya, sehingga mereka mengantuk. Untuk itu, pembawa acara dan moderator yang pandai berinteraksi dengan peserta sangat diperlukan agar suasana webinar lebih hidup.

Menentukan Waktu Pelaksanaan

Jangan asal-asalan menentukan waktu. Misalnya, jika target audience kamu adalah karyawan kantoran, jangan menyelenggarakan webinar pada jam kantor.

Promosi

Langkah berikutnya adalah promosi. Berhubung seminarmu adalah seminar online, promosinya juga menggunakan berbagai platform online seperti media sosial, email, website, dan berbagai cara lainnya. Pastikan juga kalau topik, waktu, pembicara, dan software webinar dibahas secara jelas agar tidak terjadi miskomunikasi.

Mempersiapkan Rencana Cadangan

Kita gak pernah tahu situasi dan kondisi di masa depan. Pasti ada saja masalah yang terjadi. Bisa saja mendadak pembicara batal hadir. Atau, peralatan tiba-tiba rusak, internet mati, dan sebagainya. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan rencana cadangan dan persiapan untuk hal-hal buruk yang bisa terjadi.

Gimana? Sudah ada gambaran seperti apa acara online yang sukses? Kamu bisa mengikuti kelas online sebagai panduan belajar ya! Misalnya dengan ikut kelas sertifikasi online dari goKampus. Bekerja sama dengan salah satu kampus terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU), kamu bisa belajar sekaligus dapat sertifikat profesional dari NTU sesuai minatmu! Info lengkapnya? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *