kelas karyawan
goKampus Tips Belajar Upskill

Tips and Trick Cara Menjadi Programmer Handal

Di era saat ini, menjadi seorang programmer merupakan salah satu skill yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan di dunia loh guys. Salah satunya karena banyak sekali perusahaan dan startup muda yang baru berdiri, dan berkembang untuk mengurus sebuah produk atau aplikasi kepada penggunanya sehingga kehadiran orang-orang yang ingin mencari cara menjadi programmer menjadi berkembang pesat. Programmer merupakan salah satu profesi di bidang IT yang populer dengan menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile, web, maupun desktop. Kamu mau tau gimana cara menjadi programmer? Simak artikel ini yuk!

Skill yang harus dimiliki oleh programmer

Programmer memiliki peran penting dalam proses perancangan hingga pengujian program yang dibuat. Setiap langkah yang dilakukan oleh programmer harus sistematis dan sesuai dengan prosedur agar menghindari kesalahan saat produk tersebut dirilis. Beberapa skill dan keahlian yang harus dimiliki oleh programmer adalah:

1. Logika, algoritma, dan matematika

Skill yang harus dimiliki programmer yang pertama adalah kamu harus memiliki keterampilan logika, algoritma, dan matematika. Ketiga hal ini sangat diperlukan untuk membuat program yang nantinya ditujukan untuk melakukan perhitungan dan fungsi lainnya.

2. Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional dan menjadi bahasa umum untuk menulis sebuah dokumentasi bahasa pemrograman. Selain digunakan untuk membaca dokumentasi bahasa pemrograman, kemampuan ini juga dapat membantu kamu untuk mencari referensi.

3. Mengerti bahasa pemrograman

Skill yang harus dimiliki programmer selanjutnya adalah kamu harus mengerti bahasa pemrograman karena kalau kamu mau membuat sebuah program, kamu akan banyak berinteraksi dengan bahasa pemrograman, tanpa pengetahuan tentang ini maka program-program yang ingin kamu buat gak bisa berjalan.

Cara menjadi programmer

Ini adalah beberapa cara menjadi programmer khusus buat kamu yang masih pemula dan ingin menjadi seorang programmer yang handal, ini dia:

1. Menguasai bahasa pemrograman dan skill yang dibutuhkan

Cara menjadi programmer yang pertama adalah menguasai bahasa pemrograman dan skill yang dibutuhkan lainnya. Bahasa pemrograman dan skill ini berkaitan dengan bidang IT dan menjadi modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Untuk bisa memiliki pengetahuan di bidang ini, kamu juga harus belajar tentang dunia IT.

2. Mulai cari pengalaman

Cara menjadi programmer yang kedua adalah kamu harus cukup yakin dengan modal dasar yang dimiliki. Saatnya mencari pengalaman dengan melamar kerja di perusahaan atau mengikuti komunitas yang bekerja menjadi programmer. Tujuan cari pengalaman ini adalah untuk melatih dan mengasah kemampuan kamu di bidang pemrograman sehingga kamu memiliki pengalaman di bidang ini dan bisa belajar banyak hal baru.

3. Gabung dengan komunitas programmer

Cara menjadi programmer yang selanjutnya adalah kamu bisa join komunitas programmer. Hal ini sangat perlu dan penting banget dilakukan untuk meningkatkan ilmu-ilmu baru dari komunitas ini. Kamu juga bisa mendapatkan banyak koneksi ke programmer baru agar bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi terkait proyek maupun lowongan pekerjaan di bidang programming.

Baca Juga: Pelajari Mata Kuliah Teknik Komputer Di Kampus!

4. Mulai membuat program

Kemampuan dan keahlian di bidang IT yang bisa kamu miliki harus terus diasah dengan cara sering berlatih membuat program karena ilmu teori aja gak cukup loh, jadi penting banget buat kamu untuk bisa mempraktekkannya secara langsung.

Kalau kamu mendalami ilmu-ilmu sebagai seorang programmer, ada beberapa peluang kerja yang bisa kamu dapatkan loh. Kamu punya kesempatan untuk kerja di startup, perusahaan swasta, bahkan bekerja di instansi pemerintah, contohnya seperti:

1. Software Engineer

Sebagai seorang software engineer, kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

2. Software Developer

Software developer menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

3. Data Scientist

Menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah dipahami.

4. Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika bisa juga jadi Konsultan IT, di mana kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan IT bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

5. Programmer

Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

6. Software Developer

Software developer merupakan profesi yang berperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

7. Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

8. System Analyst

System analyst bertugas menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. System analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang diterima oleh system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

9. Database Engineer

Database engineer bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini bagi fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah jika Kamu sudah berpengalaman.

10. IT Executive

IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *