gaya belajar kinestetik
goKampus Tips Belajar Upskill

Intip Gaya Belajar Kinestetik, Visual, Dan Auditory!

Tentunya pandemi covid-19 selama tahun 2020 ini memang mengganggu sistem pendidikan di Indonesia. Seluruh sekolah dan universitas menerapkan pembelajaran dari rumah atau yang biasa dikenal dengan School From Home (SFH) guys. Nah, seperti yang kita tau kita semua kan memiliki gaya belajar masing-masing yang bisa diterapkan, sebenarnya kalau ditarik ke belakang,sejak kecil kita sudah memiliki tiga gaya belajar loh yang terdiri dari gaya belajar kinestetik, visual, dan auditori. Yuk, simak artikel ini buat pembahasan lebih lengkap!

Banyak pendapat ahli yang menggunakan istilah yang berbeda-beda dalam memahami gaya belajar, namun secara umum ada dua inti yang disepakati mengenai gaya belajar ini seperti cara seseorang menyerap informasi dengan mudah, dan yang kedua adalah cara orang mengolah dan mengatur informasi tersebut karena setiap orang memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dalam menyerap informasi, nah hal inilah yang bisa membuatmu memiliki gaya belajar yang berbeda juga. 

Gaya belajar visual

Gaya belajar visual yang satu ini adalah mudah menyerap sesuatu dengan harus melihat visual, warna, gambar, peta, dan diagram. Model belajar seperti ini mudah menyerap informasi dan belajar dari apa yang dilihat oleh mata. Beberapa ciri dari orang-orang yang memiliki gaya belajar visual adalah:

  1. Suka menulis dan mencoret sesuatu untuk menghafal.
  2. Suka membaca dibanding mendengar orang lain membaca.
  3. Lebih mudah mengingat sesuatu yang dilihat dibandingkan didengar.
  4. Rapi dan teratur.
  5. Sangat mementingkan penampilan dari hal pakaian hingga keseluruhan.
  6. Teliti pada detail.
  7. Lebih memahami gambar dan bagan dibandingkan instruksi tertulis lainnya. 

Gaya belajar Auditory

Gaya belajar auditory yang satu ini adalah mudah menyerap informasi melalui hal-hal yang didengarkan. Berbagai penjelasan tertulis akan lebih mudah ditangkap oleh orang-orang yang memiliki gaya belajar ini. Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar auditory adalah:

  1. Mudah menyerap berbagai informasi dengan mendengarkan.
  2. Kerap kali menggerakan bibir dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca.
  3. Senang membaca dengan keras dan mendengarkan orang lain berbicara.
  4. Berbicara dengan irama.
  5. Mampu mengulangi bacaan, dan menirukan berbagai nada.
  6. Lebih senang belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didengarkan.
  7. Suka musik dan bernyanyi.
  8. Gak bisa diam dalam waktu lama.
  9. Suka mengerjakan tugas kelompok.
  10. Sering berdiskusi dan menjelaskan sesuai panjang lebar.

Gaya belajar kinestetik

Orang-orang yang memiliki gaya belajar kinestetik ini adalah orang yang mudah sekali menyerap informasi dari melalui gerakan-gerakan fisik. Biasanya orang yang tipe ini, merasa lebih mudah mempelajari sesuatu tidak hanya sekedar membaca buku tetapi juga mempraktikkannya. Dengan melakukan atau menyentuh objek yang dipelajari akan memberikan pengalaman tersendiri bagi tipe kinestetik. Makanya, orang yang memiliki gaya belajar tipe kinestetik biasanya tidak betah berdiam lama-lama di kelas. Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar kinestektik adalah:

  1. Biasanya suka bicara pelan-pelan
  2. Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
  3. Suka menggunakan berbagai peralatan dan media
  4. Menyentuh orang untuk bisa mendapatkan perhatian mereka
  5. Selalu belajar melalui praktek
  6. Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  7. Banyak menggunakan isyarat tubuh
  8. Gak mudah duduk diam dalam waktu yang lama
  9. Suka olahraga dan menyukai permainan
  10. Suka buku-buku yang berorientasi pada cerita.

Nah, kamu tipe gaya belajar yang mana nih guys? Biar kamu gak kebingungan dengan menyesuaikan gaya belajar, ada baiknya kamu mengetahui dulu gaya belajarmu apa. Setelah kamu tau, kamu bisa mengikuti berbagai tips belajar daring selama pandemi di rumah yang bisa disesuaikan dengan tipe belajarmu.

1. Berkomunikasi dengan orang lain di rumah!

Tips belajar di rumah adalah kamu penting banget untuk memberitahu anggota keluargamu kalau kamu sedang belajar secara online dan sebisa mungkin menghindari gangguan yang gak perlu. Ini bisa memberikan kesempatan untukmu untuk berkonsentrasi.

2. Jangan terlalu di depan laptop!

Tips belajar di rumah yang kedua adalah kamu jangan belajar terlalu lama di depan laptop ya karena penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan mata dan kesehatan juga loh! Kamu harus bisa meluangkan waktumu untuk beristirahat. Jadi, jangan forsir belajarmu terlalu lama dan intens ya.

3. Berikan reward atau hadiah kepada dirimu sendiri!

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah meskipun kamu sangat giat belajar tapi kamu juga gak boleh lupa nih untuk menghargai diri sendiri. Kamu bisa memberikan dirimu sendiri apresiasi jika sudah selesai mengerjakan tugas yang padat atau baru selesai mengerjakan kuis yang membutuhkan duduk menatap laptop dalam waktu yang lama.

4. Belajarlah secara berulang!

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah belajar secara berulang-ulang, nah kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar dalam kurun waktu 5-10 menit aja, tapi bisa sering.

Hal ini bisa membantumu mengingat dan memahami banyak hal, kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas. Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu.

5. Cari tau gaya belajarmu sendiri!

Tips belajar di rumah selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh.

Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke. 

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. Ada banyak sekali caranya guys! Kalian bisa mencoba gaya belajar yang lain sambil mencari gaya belajar seperti apa yang cocok untuk kamu ya!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *