hari anti narkoba
Tips Belajar

Sejarah dan Tema Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 26 Juni ada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional setiap tahunnya? Ternyata, peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan semua orang tentang betapa bahayanya narkoba, baik untuk kesehatan, maupun kesejahteraan hidup loh. Masing-masing negara di dunia pun punya cara sendiri untuk memperingati Hari Anti Narkoba ini. Bagaimana dengan Indonesia? Kita bahas yuk. 

Seperti kita ketahui bersama, narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang masih menjadi masalah global hingga sekarang. Dalam World Drug Report UNODC tahun 2020, tercatat ada sekitar 269 juta orang di dunia yang telah menyalahgunakan narkoba, dengan jumlah pecandu mencapai 35 juta orang. 

Selain itu, UNODC juga mengungkap ada penambahan zat baru lebih dari 950 jenis pada 2019. Artinya, kita harus lebih cepat menggalakkan kampanye melawan narkoba. Kalau tidak, bisa jadi korban akan terus berjatuhan dan mengancam masa depan. Jadi itulah kenapa Hari Anti Narkoba ini harus terus ada.

Baca Juga: Kriminologi, Jurusan Langka Di Indonesia yang Banyak Peminatnya

Sejarahnya Seperti Apa?

Hari Anti Narkoba Internasional pertama kali dicetuskan pada 7 Desember 1987. Saat itu, UNODC menetapkan setiap tanggal 26 Juni untuk memperingatinya di seluruh dunia. Terpilihnya tanggal 26 juga bukan tanpa alasan, melainkan berdasarkan sejarah yang terjadi berabad-abad lalu. 

Pada 26 Juni 1839, sejarah besar tercipta di China. Komisioner Tinggi China, Lin Zexu, berhasil memusnahkan opium dan membuangnya ke laut. Hal ini terbilang sulit karena perdagangan opium yang dilakukan bangsa Eropa di China sudah terjadi sejak tahun 1700-an. 

Pada 1729, meski Kaisar Yung Cheng sudah mengeluarkan larangan penggunaan opium, kecuali untuk keperluan pengobatan, kenyataannya impor opium justru semakin naik. Malah pada 1820, penyelundupan opium di China mencapai 900 ton per tahun!

Saat itu, China sangat terpuruk. Banyak warganya yang sudah ketergantungan rela menghabiskan seluruh harta demi mendapatkan opium. Hingga akhirnya Lin Zexu berani mendatangi gudang penyimpanan opium milik Inggris dan membuangnya ke laut. Saking banyaknya, proses pembuangan berlangsung 23 hari dan berakhir pada 26 Juni 1839.

Tema Hari Anti Narkoba Internasional 2022

Mengutip situs resmi PBB, tema Hari Anti Narkoba Internasional 2022 ini adalah “Addressing drug challenges in health and humanitarian crises“, yang kurang lebih berarti “Mengatasi tantangan narkoba dalam krisis kesehatan dan kemanusiaan”. Tujuan dari tema ini tentu saja untuk meningkatkan kesadaran semua orang pada masalah akibat obat-obat terlarang. 

PBB, dalam hal ini UNODC juga mengungkapkan bahwa tantangan narkoba transnasional tahun ini jadi lebih sulit karena adanya pandemi. Mereka mengajak semua negara untuk lebih gencar lagi melindungi mereka yang termasuk ke dalam kelompok rentan, seperti anak-anak dan remaja. Selain itu juga giat merangkul mereka yang sudah terjerat agar bisa kembali ke kehidupannya. 

Nah, apa yang bisa kita lakukan? Hal terpenting dan utama tentu saja dengan mengatakan tidak pada narkoba. Selain itu, kamu juga bisa kok ikut mempublikasikan hari anti narkoba ini di media sosial. Kamu bisa menyebarkan informasi terkait narkoba, seperti jenis-jenisnya, akibat penggunaannya, ataupun hukuman dan sanksi yang bisa didapatkan jika menggunakan obat dan zat terlarang tersebut. 

Pada intinya, ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satu contohnya dengan melakukan kegiatan positif dan mengajak teman-teman sekitarmu untuk sama-sama mengatakan tidak pada narkoba.

Sebenarnya, ada kegiatan lain yang jauh lebih positif dan kamu bisa mengajak teman-teman loh. Salah satunya adalah membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan sesering mungkin. Bila perlu, sediakan waktu untuk upgrade skill lewat kelas profesional di sini.

Sekarang ikutan kelas atau kursus banyak yang online kok. Jadi kamu gak perlu repot datang ke tempat kursusnya. Kini, semua bisa kamu lakukan di goKampus! Di goKampus, kamu bisa ikut kelas online bersertifikat langsung dari universitas terkenal di Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Ada promo cicilan menarik dan diskon up to 65%! Tertarik? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *