strategi pemasaran
Tips Belajar

Tingkatkan Penjualan dengan Berbagai Strategi Pemasaran Ini!

Kamu gak bisa hanya mengandalkan satu strategi saja. Ibarat berperang dengan musuh, kamu harus memiliki berbagai strategi agar menang. Sama halnya dalam bisnis nih, guys. Agar dapat bersaing dengan kompetitor lain dan penjualan meningkat, kamu harus memiliki berbagai strategi pemasaran atau stategi marketing yang efektif. Selain itu, dengan strategi yang tepat kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Yuk, ketahui berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan!

Kenapa Strategi Pemasaran Penting?

Strategi pemasaran adalah berbagai cara, usaha, atau metode yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah pembeli. Ketika jumlah pembeli meningkat, maka keuntungan yang kamu dapatkan juga meningkat. Setiap bisnis tentunya memiliki strategi masing-masing. Sebagai pelaku bisnis, penting untuk memiliki strategi yang efektif agar bisnis dapat terus berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Strategi marketing merupakan hal yang vital dalam persaingan dunia bisnis. Gak hanya sebagai alat bantu untuk mencapai target perusahaan atau bisnis, strategi marketing juga berperan untuk mengatur arah jalannya bisnis, menjadi landasan untuk mengambil keputusan terkait marketing, meningkatkan peforma perusahaan hingga memperkirakan laju bisnis di masa mendatang.

Jenis-Jenis Strategi Pemasaran

Terdapat 4 jenis strategi yang harus kamu ketahui seperti mengutip dari buku Strategi Pemasaran (2021) karya Mardia, dkk. Apa saja strateginya dan kira-kira adakah yang sudah kamu lakukan? Yuk, cari tahu!

1. Direct selling

Direct selling atau penjualan langsung termasuk dalam salah satu jenis strategi marketing di mana kamu melakukan penjualan produk secara langsung kepada pelanggan. Pengertian penjualan langsung di sini tidak melalui toko, melainkan pelaku bisnis akan menawarkan dan menjual produknya secara door to door atau langsung mendatangi pelanggannya. Kemampuan berkomunikasi secara persuasif sangat penting saat melakukan penjualan langsung ini. Hal ini agar pelanggan tertarik untuk membeli produk secara langsung. Modal marketing yang satu ini relatif murah, namun kekurangannya adalah para pelanggan bisa saja terganggu ketika ada yang mendatangi atau pelanggan merasa terpaksa untuk membeli produk.

2. Earned media

Strategi pemasaran yang satu ini pelaku bisnis lakukan secara tidak langsung. Kamu dapat membentuk citra brand atau bisnismu melalui media sosial. Target utama strategi jenis ini ialah membangun hubungan baik dan kepercayaan antara perusahaan dengan masyarakat umum.

3. Point of purchase

Point of purchase (POP) adalah strategi pemasaran dengan cara menempatkan material iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan. Misalnya, ketika seseorang berkunjung ke toko, biasanya orang tersebut masih belum memiliki gambaran atau belum memutuskan akan membeli produk apa. Kamu bisa memengaruhi pelanggan untuk membeli produk dengan menaruh display produk yang menarik di tempat strategis, seperti pintu masuk, area tengah toko, atau pintu keluar.

4. Internet marketing

Strategi pemasaran yang satu ini sudah banyak para pelaku bisnis lakukan atau terapkan saat ini. Kamu dapat memasarkan produk dan layanan bisnismu melalui berbagai media sosial dan platform online lainnya. Konten yang unik, kreatif, dan interaktif akan mampu menarik perhatian sehingga orang-orang juga akan tergerak untuk mencari tahu lebih dalam bisnismu.

Baca Juga: Kamu Entrepreneur Muda? Yuk, Intip Kunci Sukses Pemasaran!

Itulah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Kalau tertarik mengenali perkembangan pemasaran, bisa ikutan kelas Proses dan Perkembangan Pemasaran di sini. Selain dapat ilmu yang bisa kamu ikuti secara online dari mana saja, kamu juga akan dapat insight menarik dari profesional berpengalaman, plus sertifikat dari institusi ternama Singapura dengan biaya terjangkau.

Jangan lupa juga kembangkan kemampuan komunikasi kamu, terutama dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan bisnismu dengan ikutan kelas Cepat Cakap Inggris untuk Teknik Penjualan dan Bisnis di sini.

Pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan komunikasimu atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *