mengapa sampah plastik akan terus bertambah
Tips Belajar

Mengapa Sampah Plastik di Bumi Akan Terus Bertambah?

Saat ini kita berjuang melawan pemanasan global. Ada berbagai faktor penyebabnya, salah satunya sampah plastik. Bahkan, berdasarkan National Geographic, diperkirakan 1,3 miliar ton plastik memenuhi bumi pada 2040. Kira-kira mengapa sampah plastik akan terus bertambah? Yuk, cek!

Mengapa Sampah Plastik di Bumi Akan Terus Bertambah?

Plastik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Namun, banyaknya sampah plastik justru akan membahayakan bumi. Jumlah sampah plastik terus bertambah setiap harinya. Menurut data di web World Population Review, Indonesia menempati peringkat ke-5 sebagai negara yang paling banyak terdapat sampah plastik di laut.

Selain itu, berdasarkan Earth Day, seluruh dunia setiap tahun memproduksi sebanyak lima triliun kantung plastik. Nah, kalau kita hitung secara keseluruhan, manusia menggunakan sekitar 1,2 juta botol plastik per menit, loh. Kondisi ini diperparah dengan sedikitnya jumlah sampah pastik yang didaur ulang, yakni kurang dari 9%.

Menurut data sebelumnya, hal tersebut menandakan bahwa kita gak mendaur ulang sekitar lebih dari 91% sampah plastik, sedangkan kantung plastik membutuhkan waktu yang sangat lama hingga 500 tahun agar dapat terurai.

Nah, ada dua jenis penguraian plastik, yakni dekomposisi biotik dan abiotik. Dekomposisi biotik adalah penguraian yang terbantu oleh organisme hidup, seperti mikroorganisme. Sementara itu, dekomposisi abiotik adalah proses penguraian plastik akibat proses kimiawi atau fisik, seperti angin atau air.

Bahan plastik memiliki rantai karbon-karbon yang kuat dan sangat sulit untuk hancur, bahkan oleh mikroorganisme dan alam. Oleh karena itu, kantung plastik yang terurai rupanya gak benar-benar terurai dan menyatu dengan alam. Namun, hanya akan menjadi lebih kecil atau menjadi mikroplastik.

Partikel mikroplastik ini beracun dan dapat mencemari tanah, saluran air dan membahayakan rantai makanan ketika ada hewan yang gak sengaja memakan partikel tersebut. Oleh karena itu, mulai sekarang kita sebaiknya berusaha mengurangi penggunaan plastik agar lingkungan dan kesehatan kita pun terjaga.

So, mengapa sampah plastik akan terus bertambah? Jawabannya, sampah plastik akan terus bertambah karena plastik sulit terurai oleh alam dan kalau terurai, sampah tersebut akan tetap menjadi mikroplastik. Makanya nih, yuk kita bareng-bareng kurangi penggunaan plastik!

Baca Juga: Seperti Apa Tahapan Daur Ulang Sampah Plastik? Cek di Sini!

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Dapatkan juga cashback hingga Rp500 ribu tiap kamu daftar kuliah melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Banyak untungnya, kan? Yuk, download!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *