perbedaan piagam dan sertifikat
Tips Belajar

Ternyata Inilah Perbedaan antara Piagam dan Sertifikat

Piagam dan sertifikat sama-sama surat penting, tapi apa sih perbedaannya? Kedua jenis surat berharga ini kerap muncul di kehidupan kita sehari-hari. Yuk, kita bahas perbedaannya di artikel ini!

Perbedaan Piagam dan Sertifikat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inilah definisi piagam:

Surat (tulisan pada batu, tembaga, dan sebagainya) resmi yang berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dan sebagainya atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang ikrar dan sebagainya). 

Contoh kalimat yang menyertai kata piagam:

  1. Piagam itu ditandatangani oleh Presiden.
  2. Piagam tersebut mengingatkan kita kepada bukti sejarah masa lalu.

Sinonim dari piagam antara lain “ijazah” dan “diploma”. Contoh kalimat:

  1. Kepala sekolah menyerahkan ijazah kepada siswa yang lulus.

Sementara, berikut definisi sertifikat menurut KBBI:

Tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian. Contohnya:

  1. Sertifikat kelahiran adalah surat bukti kelahiran yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.
  2. Sertifikat tanah adalah surat bukti pemilikan tanah yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

Kesimpulannya, persamaan keduanya adalah sama-sama dokumen/surat keterangan/pernyataan. Namun, perbedaan piagam dan sertifikat adalah sertifikat lebih ke arah pernyataan bukti kepemilikan atau keikutsertaan, sedangkan piagam lebih ke arah pernyataan pemberian penghargaan, hak, ikrar, atau gelar.

Manfaat Piagam dan Sertifikat untuk Karier

Dalam dunia kerja, kedua dokumen ini memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan dan kemajuan kariermu. Contoh manfaat piagam dan sertifikat akan kita bahas dalam contoh ini.

Sewaktu SMA, Eka mengikuti lomba programming untuk remaja dan berhasil memenangkan perlombaan tersebut, mengalahkan ratusan mahasiswa lain dari seantero Jakarta.

Sebagai juara, Eka mendapat hadiah berupa uang tunai. Selain itu, ia mendapat bukti tertulis berupa piagam penghargaan yang menyatakan Eka sebagai pemenang lomba programming untuk remaja.

Berhubung Eka adalah anak yang haus ilmu, ia mengikuti kelas English with native speaker di sebuah tempat kursus, sehingga Eka lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis.

Sebagai bukti Eka lulus mengikuti kelas English with native speaker, tempat kursus memberinya sebuah sertifikat yang menyatakan Eka sebagai peserta dan sudah lulus dari kelas tersebut.

Piagam dan sertifikat yang Eka dapatkan bisa ia manfaatkan sebagai pengajuan beasiswa jika kelak ia kuliah. Ketika nanti ia bekerja, piagam dan sertifikat itu berfungsi untuk meningkatkan daya tarik pada CV milik Eka sehingga semakin memperbesar peluang ia untuk diterima dalam lamaran pekerjaan.

Kalau kamu tertarik dengan programming dan ingin belajar lebih dalam, bisa ikutan kelas Cara Menjadi Programmer di sini atau kelas Apa Itu Functional JavaScript di sini. Gak hanya lebih terampil bekerja nantinya sekaligus dapat beragam insight dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama.

Atau kamu tertarik untuk explore kelas lainnya buat upgrade skill kamu? Bisa cek semua kelas bersertifikat yang sesuai minat kamu di sini. Yuk, upgrade diri kamu bersama goKampus sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *