sertifikat webinar
Tips Belajar

Selain Sertifikat, Ini Manfaat Ikut Acara Webinar Bagi Kariermu

“Ikuti webinar X yuk, gratis dan dapat sertifikat, loh!” Yup, ketika pandemi COVID-19 melanda dunia secara berkepanjangan, kamu pasti sering mendengar istilah “webinar”. Istilah tersebut merupakan singkatan dari web based seminar (seminar berbasis internet).

Hal yang wajar kalau webinar semakin bersinar di masa pandemi. Soalnya, kebijakan social distancing membuat kita gak bisa sembarangan bikin acara yang mengundang keramaian, termasuk seminar. 

Seperti seminar, ada berbagai manfaat webinar bagi kariermu. Inilah beberapa di antaranya.

Cocok Untuk Yang Mager

Webinar menjadi alternatif menarik bagi kamu yang haus ilmu dan sekaligus mager (males gerak). Ikut webinar juga irit waktu dan ongkos, sebab kamu bisa ikut webinar dari rumah hanya dengan menggunakan koneksi internet dan gadget. Terlebih, jika kamu ikut webinar, umumnya tetap mendapat sertifikat seperti halnya seminar offline

Fleksibel

Gak seperti seminar offline, webinar lebih fleksibel. Sebagian besar webinar direkam dan bisa disaksikan lagi siaran ulangnya. Memang sih, kamu enggak bisa berinteraksi dengan pembicara. Namun, setidaknya kamu bisa tetap mendulang ilmu di mana saja dan kapan saja.

Menimba Ilmu Dari Ahlinya

Beberapa webinar juga menghadirkan pakar ternama di berbagai bidang. Biasanya, webinar memiliki sesi Q&A (tanya jawab). Ini kesempatan emas bagi kamu untuk menimba ilmu dari pakar-pakar tersebut.

Ikutan Sertifikat Webinar Bisa Jalin Networking

Seperti seminar offline, kamu juga bisa memperluas jaringan dan koneksi. Soalnya, dalam sebuah sesi webinar akan ada beragam orang dengan latar belakang berbeda. Siapa tahu kamu bertemu orang yang memiliki prospek besar untuk menjadi calon klienmu.

Memperluas Wawasan

Biasanya, ikut webinar enggak punya syarat tertentu. Semua orang boleh ikut. Bahkan, banyak webinar yang sifatnya gratisan, tapi kita tetap dapat sertifikat. 

Namun, jangan mengikuti webinar cuma karena ingin dapat sertifikat, karena banyak manfaat ikut acara webinar untuk kariermu. Pastinya, dapat sertifikat atau tidak, dengan ikut webinar kamu tetap dapat memperluas wawasanmu.

Misalnya, Ani bekerja di bidang desainer grafis. Selama ini, Ani mengerjakan desain untuk produk-produk swakriya. Suatu saat, Ani mengikuti webinar “Desain UI Untuk Pemula”. 

Meski bidang desain UI enggak nyambung dengan tempat kerja Ani saat ini, namun ia yakin bahwa webinar itu menambah wawasannya sebagai bekal di masa depan.

Mendukung Karier

Kembali ke contoh Ani, webinar yang ia ikuti menyediakan e-sertifikat untuk para pekerja. E-sertifikat akan menjadi bukti bahwa Ani mengikuti webinar dengan baik, sehingga menjadi nilai tambah dalam CV Ani.

Benar saja, gak lama kemudian ia bekerja sebagai desainer UI (user interface/ antar muka pengguna) di sebuah situs ternama dengan gaji lebih besar dari tempat lama.

Gimana? Tertarik mendapatkan sertifikat dari webinar? Kamu bisa mengikuti kelas sertifikasi yang oke banget di goKampus! goKampus dan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University, memberikan peluang untuk kamu mendapatkan sertifikat kerja profesional dari NTU! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *