buku motivasi
Tips Belajar

Rekomendasi Buku Motivasi yang Bikin Kamu Semangat

Kehidupan kadang memang tak sejalan dengan yang kita harapkan. Kalau sudah begitu, rasanya kita menjadi kehilangan motivasi dan tujuan hidup. Kita bahkan bertanya-tanya, apa yang bisa dilakukan agar bisa semangat dan termotivasi kembali? Nah, ada banyak cara mengembalikan atau meningkatkan motivasi dalam hidup, salah satunya dengan membaca buku. Apa saja rekomendasi buku motivasi yang bisa bikin kamu semangat kembali? Yuk, cek bukunya satu per satu!

Rekomendasi Buku Motivasi yang Wajib Kamu Baca

1. Berani Tidak Disukai oleh Ichiro Kisimi dan Fumitake Koga

Apa yang orang lain sukai, belum tentu bisa membuat kita bahagia. Begitu juga sebaliknya. Namun, terkadang rasa takut orang lain gak menyukai kita itu lebih besar hanya karena kita melakukan apa yang kita sukai. Buku ini hadir untuk memahami konsep memaafkan dan mencintai diri sendiri serta menyingkirkan hal-hal yang gak penting dari pikiran kita. Kebahagiaan adalah hal yang bisa kita pilih menurut teori Alfred Adler yang tertera dalam buku motivasi yang satu ini. Kita bebas menentukan arah hidup, berdamai dengan masa lalu dan terbebas dari belenggu trauma serta ekspektasi orang lain.

2. Think and Grow Rich oleh Napoleon Hill

Mungkin pertanyaan ini paling sering orang-orang tanyakan, “Bagaimana cara menjadi sukses dan kaya di usia muda?”. Nah, pertanyaan tersebut Napoleon Hill jawab melalui bukunya. Ia menjelaskan bahwa terdapat 13 prinsip yang bisa kita terapkan untuk mencapai tujuan sukses, yaitu hasrat, keyakinan, autosugesti, pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan mengorganisasi, keputusan, kegigihan, kekuatan master mind, seksualitas, pikiran bawah sadar, otak serta indra keenam. Tentunya, masing-masing prinsip ini terhubung satu sama lain. Selain itu, ada 3 faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang, yaitu dorongan dan motivasi dalam diri, kreativitas dan stimulus eksternal. Kamu gak akan sulit memahami buku ini karena penulis menggunakan kata-kata yang mudah beserta contoh nyata dari kisah orang-orang yang telah berhasil menerapkan teori kesuksesan tersebut. Gimana nih, siap untuk jadi orang sukses?

3. The Alchemist oleh Paulo Coelho

Jika kamu punya mimpi, maka kejarlah mimpi tersebut dan wujudkanlah! Kira-kira begitu intisari dari rekomendasi buku motivasi yang satu ini. Buku ini menceritakan seorang anak dari Spanyol yang bernama Santiago yang pergi mengembala dari Andalusia sampai ke Mesir untuk mencari harta karun. Namun, dalam perjalanannya, ia menghadapi banyak rintangan dan kesulitan hingga ia ingin menyerah. Tanpa ia sadari, setiap rintangan yang ia hadapi menjadi pembelajaran baru yang sangat berharga. Dalam perjalanannya pun Santiago memutuskan untuk lebih mendengar kata hatinya sendiri untuk mengatasi rasa takut dan menaruh harapannya. Perjalanannya menarik untuk kamu ikuti dan semangat Santiago untuk meraih mimpinya dapat menjadi motivasi kamu, nih!

4. The 7 Habits of Highly Effective People oleh Steven R. Covey

Untuk dapat menjadi pribadi yang sukses tentu kita harus mulai dengan kebiasaan-kebiasan kecil yang positif. Steven Covey membahas kebiasaan yang dapat menjadikanmu pribadi yang lebih baik dan berkualitas. Kebiasaan tersebut di antaranya menjadi lebih proaktif, menentukan tujuan yang ingin diraih, menentukan prioritas, memiliki mindset win-win solution dan jika kita ingin orang lain memahami kita, maka kita harus memahami orang lain terlebih dahulu. Selain itu, kita harus mampu bersinergi dan bekerja sama dengan orang lain serta selalu ingin berkembang dengan meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Menambah Wawasan, Kamu Sudah Baca?

Itulah berbagai rekomendasi buku motivasi yang bisa bikin kamu makin semangat. Kira-kira buku mana yang menarik perhatian kamu? Oh iya, kalau kamu masih cari-cari informasi seputar tempat kuliah favorit atau jurusan yang kamu minati, bisa cari di goKampus loh! Daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Gak percaya? Langsung klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *