penilaian toefl
goKampus Tips Belajar Upskill

Terdengar Asing? Cek Jurusan Ekonomi Pembangunan

Mungkin untuk sebagian orang mendengar jurusan ekonomi pembangunan di Indonesia pasti masih asing di telinga nih. Padahal jurusan ini sebenarnya cukup terkenal di dunia pekerjaan loh. Mulai dari peluang kerjanya yang banyak dicari orang hingga beberapa kali selalu jadi incaran para mahasiswa baru.

Buat kamu yang masih belum mengenal jurusan ekonomi pembangunan, goKampus akan mengajak kamu kenalan lebih dekat yuk dengan jurusan ekonomi pembangunan mulai dari pengertian jurusan, mata kuliah yang diambil, hingga peluang kerjanya di masa depan.

Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu bagian dari ilmu ekonomi yang spesifik mempelajari persoalan mengenai pembangunan yang terjadi.

Pembangunan tersebut bisa mencakup industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Di program studi ini, kamu akan melakukan banyak analisis berbagai isu-isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Pada program studi kali ini, kamu juga akan dipersiapkan untuk menjadi perencana di bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa membantu terciptanya kesejahteraan bersama.

Ada beberapa alasan yang wajib kamu ketahui kenapa kamu memilih jurusan ini, jurusan ini bisa cocok banget sama kamu kalau kamu memang suka pergerakan di dunia ekonomi. Khususnya kalau kamu memilih prodi ini, kamu bisa berpeluang untuk berperan serta dalam mewujudkan pembangunan negara di masa depan.

Nah, kalau kamu tipe yang suka dengan hitung-hitungan, kamu juga bakalan cocok sama prodi ini guys. Selain kamu bakalan banyak berhitung, kamu juga akan melakukan banyak analisa angka menjadi sebuah kurva dan data statistik lainnya. 

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan ekonomi pembangunan adalah: pengantar bisnis, matematika ekonomi, dan keuangan, ekonomi pembangunan, sistem keuangan, perekonomian Indonesia, manajemen perbankan, etika ekonomi, pengantar akuntansi, ekonomi makro, ekonomi mikro, dan lain sebagainya. Wah.. gimana nih? Banyak berhubungan dengan manajemen dan ekonomi kan?

Meskipun jurusan ekonomi bisnis ini sedikit kalah populer dengan jurusan lainnya di fakultas ekonomi, tapi peluang kerja di jurusan ini luas banget loh. Ini dia 10 peluang dan prospek kerja ekonomi pembangunan yang bisa jadi referensi kamu!

1. Instansi Pemerintahan

Pekerjaan ekonomi pembangunan yang pertama adalah kamu bisa bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah. Berbagai instansi yang cocok untuk para lulusan ekonomi pembangunan misalnya seperti Bank Indonesia, Badan Pengawas Keuangan, Pegadaian, dan lain sebagainya. Kisaran gaji yang didapatkan oleh pegawai pemerintahan sangat beragam, mulai dari Rp.2.000.000 hingga mencapai Rp.30.000.000 per bulan.

2. Dosen atau Tenaga Pengajar

Pekerjaan yang kedua adalah kamu bisa bekerja sebagai dosen atau tenaga pengajar. Khususnya saat ini banyak kampus-kampus yang membutuhkan dosen yang kompeten dalam bidang tersebut, tapi kamu harus melanjutkan pendidikan S2 dulu sebelum mulai berkarir. Kisaran gaji rata-rata yang akan kamu dapatkan sebagai seorang dosen adalah sekitar Rp 5,000,000/bulan.

3. Research And Development

Pekerjaan yang ketiga adalah kamu bisa berkarir di bidang Research and Development. Di pekerjaan ini kamu memiliki tanggung jawab untuk bertugas mengelola sejumlah dana untuk kepentingan riset dan pengembangan berbagai teknologi baru. Hasil riset ini akan dibutuhkan untuk meningkatkan dan menganalisa produk suatu perusahaan. Kisaran gaji yang akan didapatkan oleh seorang karyawan yang bekerja di bidang ini adalah Rp 4,000,000/bulan.

4. Analisis Bisnis

Pekerjaan yang kelima adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang analis bisnis. Dimana kamu akan bekerja untuk menganalisa berbagai kebutuhan bisnis suatu perusahaan atau berbagai permasalahan-permasalahan penting lainnya seputar ekonomi. Analis bisnis juga sangat dibutuhkan untuk melakukan analisa yang terkait dengan pengembangan bisnis. Nah, untuk kisaran gaji yang didapatkan seorang analis bisnis adalah Rp 5,000,000/bulan.

Baca Juga: Intip Jurusan Kuliah Anak IPA Yang Cocok Untukmu

5. Lembaga Swadaya Masyarakat

Pekerjaan ekonomi pembangunan selanjutnya adalah kamu juga bisa memilih untuk bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). berbagai LSM pasti membutuhkan para lulusan ekonomi pembangunan untuk menganalisa berbagai hal terkait dengan pembangunan industri, ekonomi perbankan, dan berbagai analisa lainnya. Kisaran gaji yang diterima ketika Kamu bekerja di LSM adalah Rp3.500.000 hingga mencapai Rp10.000.000 per bulan.

6. Analis Pasar

Selain menjadi analis bisnis, peluang atau prospek kerja ekonomi pembangunan selanjutnya adalah menjadi analis pasar. Tugas kamu bukan untuk menganalisa kegiatan yang ada di pasar tradisional atau sejenisnya, melainkan lebih ke arah pasar modal.

Analis pasar banyak dibutuhkan oleh para investor dan perusahaan sekuritas untuk melakukan riset mengenai saham dan prospek bisnis di pasaran. Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang analis pasar adalah Rp7.000.000 per bulan.

7. Ahli Ekonomi

Yang ketujuh, Kamu juga bisa menjadi seorang ahli ekonomi, dalam hal ini adalah ahli ekonomi pembangunan. Seorang ahli ekonomi bekerja dengan melakukan riset, memantau data yang terkumpul, menganalisa berbagai informasi, dan membuat laporan mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

Nantinya, laporan yang kamu buat bisa digunakan sebagai referensi di dunia pendidikan atau bahkan mempengaruhi pengambilan keputusan terkait ekonomi di negeri ini. Gaji seorang ahli ekonomi berpengalaman bisa mencapai nominal Rp.17.000.000 per bulan.

8. Data Analyst

Yang kedelapan, Kamu sebagai lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan bisa berkarir sebagai seorang data analyst. Data analyst adalah pekerjaan dimana Kamu harus mencari dan mengumpulkan data-data yang nantinya Kamu ubah dan sajikan dalam bentuk angka dan menerjemahkan kepada klien atau perusahaan melalui bahasa yang lebih sederhana.

Di masa depan, ketika data menjadi salah satu hal yang penting, pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Untuk itu, Kamu bisa mempersiapkan diri agar bisa memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri di masa depan. Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang data analyst adalah Rp5.000.000 per bulan.

9. Karyawan Perusahaan Internasional

Selanjutnya adalah kamu bisa berkarir di perusahaan bertaraf internasional. Lulusan ekonomi pembangunan juga banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan internasional. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan untuk menganalisa hal-hal terkait pembangunan industri atau analisa perbankan. Kisaran gaji yang diperoleh karyawan di perusahaan internasional adalah Rp5.000.000 hingga mencapai Rp.30.000.000 per bulan.

10. Pengusaha

Terakhir, Kamu bisa meniti karir sebagai seorang pengusaha. Dengan ilmu ekonomi pembangunan yang Kamu miliki, Kamu tentu bisa membuka bisnis sendiri. Kamu juga akan lebih paham tehnik menganalisa bisnis Kamu. Penghasilan yang akan didapat juga bervariasi tergantung kesuksesan bisnismu.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *