mata kuliah akuntansi
Kategori Kelas

Akuntansi Belajar Apa? Cek Mata Kuliah Akuntansi Ini!

Gak berasa nih kalau sebentar lagi kita akan mulai masuk ke tahun ajaran baru! Itu tandanya buat kamu yang baru saja lulus SMA, bakal jadi pengalaman pertama masuk ke dunia perkuliahan. Tentunya memasuki dunia perkuliahan bakal jadi sesuatu yang selalu kamu tunggu-tunggu. Buat kamu yang ingin masuk ke jurusan akuntansi, kamu sudah cek mata kuliah akuntansi belum?

Selain menentukan jurusan kuliah, kamu juga bisa mencari jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian. Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan, dan segala jenis tentang perpajakan, kamu bisa mencari informasi tentang mata kuliah akuntansi di kampus impianmu.

Mata Kuliah Akuntansi

Kira-kira mata kuliah akuntansi belajar apa saja saat di kelas? Untuk mata kuliah akuntansi di semester pertama, kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang laporan keuangan.

Nah, selama 4 tahun, kamu akan belajar dasar-dasar membuat laporan keuanga, seperti dari cara membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai standar kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa memprediksi dan menilai prospek ke depannya. Gak cuma itu, kamu juga secara sederhana akan belajar cara melihat dan mempelajari apakah laporan keuangan itu layak atau gak.

Selain itu, beberapa mata kuliah akuntansi yang akan kamu dapatkan di jurusan akuntansi antara lain akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan,dan masih banyak lagi nih. 

Gimana kelihatannya sulit, ya? Sebenarnya gak juga. Oh iya, peminat jurusan akuntansi ini sangat banyak dan selalu bertambah dari pelajar-pelajar di Indonesia. Bahkan, banyak banget yang menganggap bahwa jurusan ini adalah jurusan primadona bagi para pelajar di Indonesia. 

Skill Akuntansi yang Harus Kamu Kuasai

Selain mencari tahu apa saja mata kuliah akuntansi yang akan kamu pelajari, kamu juga harus tahu nih kira-kira sebagai calon mahasiswa jurusan akuntansi, apa aja sih pengetahuan dan keterampilan (skill) akuntansi yang harus kamu miliki? Yuk, cek di bawah ini satu per satu!

1. Kemampuan mengelola keuangan

Keterampilan pertama yang harus kamu miliki adalah kemampuan untuk mengelola keuangan nih, karena saat kamu menjadi mahasiswa akuntansi kamu harus aktif dan terbiasa dengan masalah keuangan yang ada, dan kamu harus mencari tau gimana cara mengatasinya. Skill problem solving atau memecahkan masalah juga sangat penting untuk kamu tekuni dan pelajari nih jika kamu merupakan bagian dari mahasiswa akuntansi.

2. Kemampuan menyajikan laporan keuangan

Kemampuan kedua adalah cara kamu menyajikan laporan keuangan secara akurat. Kamu juga harus bisa mempresentasikan dengan baik. Kemampuan ini bisa kamu pelajari semenjak dini, loh. Contohnya kamu bisa mempraktekkan dan membuat laporan pengeluaranmu selama sebulan saat sekolah, dan kamu bisa berpura-pura mempresentasikannya di depan keluargamu atau sekedar untuk konsumsi pribadimu.

3. Menganalisis laporan keuangan

Skill dalam menganalisis laporan keuangan juga perlu kamu pelajari. Kemampuan analisis ini biasanya sangat penting kalau kamu harus melakukan presentasi tentang laporan keuangan perusahaan.

Jika kamu bercita-cita ingin menjadi akuntan profesional, kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi akuntan setelah kamu lulus S1 nih, kamu juga bisa banget mengambil program sertifikasi untuk meningkatkan berbagai kemampuan dan keahlianmu. Misalnya dengan mengambil Certified Public Accountant (CPA) atau Certified Management Accountant (CMA).

4. Kemampuan menilai laporan keuangan

Gak semua orang nih bisa paham dan mengerti bagaimana caranya menilai laporan keuangan? Yang pasti adalah kamu harus mengerti dan memahami dulu nih bagian-bagian dari laporan keuangan yang ada di perusahaan, misalnya aja dari laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan laporan-laporan keuangan lainnya, karena nantinya kemampuan menilai laporan keuanganmu ini bisa membantumu untuk melihat apakah perusahaan yang kamu pegang sedang berada dalam kondisi stabil atau gak. 

5. Kemampuan membuat rekomendasi

Biasanya kamu akan membuat rekomendasi tentang suatu hal berdasarkan analisis yang kamu kerjakan. Misalnya saat kita main catur, pasti akan ada strategi yang paling oke untuk memenangkan pertandingan. Nah, biasanya kamu akan membuat rekomendasi strategi tentang hal-hal yang biasanya jadi prioritas perusahaan di bagian keuangan. Bisa jadi kamu adalah salah satu bagian tim yang perusahaan percaya untuk memegang kendali penting mengenai strategi perusahaan.

Baca Juga: Cek Peluang dan Prospek Kerja Manajemen di Indonesia

Peluang Kerja Jurusan Akuntansi

Selain mata kuliah akuntansi yang beragam serta skill akuntansi yang harus kamu kuasai, berikut 5 peluang kerja untuk kamu jika mengambil jurusan akuntansi. Apa sajakah itu?

1. Akuntansi publik

Pekerjaan akuntansi yang pertama adalah kamu bisa berkarir sebagai akuntan publik. Profesi akuntan publik adalah akuntan yang mendapat izin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntan kepada publik. 

Kamu akan mendapat izin untuk membuka kantor akuntan publik dan memberikan jasa akuntan kepada klien. Seorang akuntan publik bisa mendapat gaji antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Semakin berpengalaman, maka gaji kamu pun akan semakin besar.

2. Akuntansi privat

Pekerjaan akuntansi yang kedua adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang akuntan privat. Akuntan privat atau akuntan intern bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi tertentu. 

Jika akuntan publik bisa membuka kantor akuntan publik dan menerima klien dari berbagai latar belakang, akuntan privat hanya bekerja pada satu perusahaan.

Dengan kata lain, kamu yang bekerja sebagai akuntan di perusahaan disebut juga dengan akuntan privat. Profesi ini mendapat peluang gaji sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan untuk akuntan yang masih pemula.

3. Financial analyst

Pekerjaan akuntansi yang ketiga adalah bekerja menjadi financial analyst atau analis keuangan. Financial analyst adalah profesi yang bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam bisnis. Financial analyst yang masih pemula bisa mendapat gaji hingga Rp 10 juta tiap bulan.

4. Auditor internal

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah menjadi seorang auditor internal. Profesi yang satu ini memiliki tugas memeriksa laporan keuangan internal perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen. Gaji yang diperoleh seorang auditor internal berkisar Rp 10 juta dan bisa terus meningkat.

5. Konsultan pajak

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi konsultan pajak. Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak.

Besarnya gaji konsultan pajak sangat bervariasi. Semakin kompleks kasusnya maka akan semakin tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah. Konsultan pajak di Indonesia menerima gaji di kisaran angka mulai Rp2 juta hingga mencapai Rp15 juta per bulan.

Kamu ingin mendalami lebih jauh tentang akuntansi? Yuk, ikutan kelas Entri Akuntansi untuk Pemula di sini. Kamu gak hanya dapat beragam insight dari pengajar yang berpengalaman dan ahli, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama plus bisa ikutan kelasnya online dari mana saja. Cus, ikutan kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *