cara buka puasa yang benar
Tips Belajar

Perhatikan, Begini Cara Buka Puasa yang Benar Loh!

Buka puasa memang menjadi waktu yang paling kita nantikan apalagi di bulan Ramadan. Setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, ketika azan magrib berkumandang itulah pertanda untuk segera berbuka puasa. Tentu kamu sudah menyiapkan berbagai makanan dan minuman yang segar untuk buka puasa. Melihat semua itu di meja makanmu, rasanya ingin sekali menghabiskan semuanya. Eits, tapi memang boleh langsung menghabiskan semua makanan dan minuman saat berbuka? Bagaimana cara buka puasa yang benar dan aman? Cek penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Cara Buka Puasa yang Benar

Mengutip KlikDokter dan IDN Times, agar gak mengganggu kesehatan, maka kamu harus memahami cara buka puasa yang benar dan aman. Tentunya, cara ini sejalan dengan sunah Rasul.

1. Menyegerakan waktu berbuka

Jangan menunda untuk segera berbuka puasa karena hal itu gak baik bagi kesehatanmu. Jika kamu menunda berbuka, maka tubuhmu akan semakin dehidrasi dan tak bertenaga. Mengutip dari NU Online, lebih baik langsung membatalkan puasa saat waktu berbuka puasa tiba. Sebaik-baiknya buka puasa adalah di awal waktu yang juga berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik. Ia mengatakan, “Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur”.

2. Berbuka dengan asupan yang manis dan alami

Usahakan berbuka dengan makanan atau minuman yang mengandung manis alami, seperti kurma, jus buah, air kelapa dan sebagainya. Umat muslim lebih baik berbuka puasa dengan beberapa kurma dan minum air putih. Namun, karena rasa haus yang luar biasa, terkadang es buah, kolak, es pisang hijau dan sebagainya pun menjadi pilihan menarik untuk buka puasa. Kamu harus berhati-hati karena makanan tersebut memiliki gula tambahan yang gak baik bagi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi gula saat berbuka puasa dapat membuatmu gak mudah kenyang dan cenderung ingin melahap makanan lagi. Hal ini tentu akan meningkatkan berat badanmu.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Agar Tetap Fit Selama Ramadan

3. Makan dengan perlahan

Makan dengan cepat dan terburu-buru tentu gak baik bagi pencernaanmu. Selain berisiko tersedak, makanan yang kamu kunyah dengan buru-buru gak dapat dicerna dengan baik. Bahkan, kamu juga berisiko terkena sembelit, loh. Oleh karena itu, kunyahlah makanan dengan perlahan sambil menikmati makananmu. Kamu juga bisa berbuka puasa secara bertahap, mulai dengan makanan kecil sebagai pembuka, lalu mengistirahatkan perut terlebih dahulu dengan salat magrib. Setelah itu, makanlah dengan porsi yang normal. Sebaiknya, kamu juga gak langsung makan dengan porsi yang besar karena akan menyebabkan perutmu kembung, sakit perut, heartburn dan berbagai penyakit yang akan mengganggu ibadahmu selanjutnya.

4. Perbanyak mengonsumsi air putih

Saat berpuasa, cairan dalam tubuhmu juga berkurang banyak. Makanya nih, kamu harus mengimbanginya pada saat berbuka puasa sampai waktu sahur dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Mengutip dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan, kamu tetap harus minum air putih 8 gelas per hari, dengan rincian 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas ketika bangun tidur akan sahur, 1 gelas ketika sahur, 1 gelas saat buka puasa, 1 gelas setelah salat magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah salat Isya dan 1 gelas setelah salat tarawih. Dengan begitu, kebutuhan cairanmu akan tetap terpenuhi meski kamu lagi menjalani ibadah puasa.

5. Perhatikan gizi setiap makananmu

Pemilihan makanan yang mengandung gizi seimbang harus banget kamu perhatikan untuk menu saat sahur dan berbukamu. Jangan sampai menu yang kamu pilih malah membuatmu sakit perut atau percernaanmu terganggu. Ketika akan makan malam, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, lemak baik, vitamin dan mineral. Kurangi makanan yang terlalu asin, manis dan berlemak. Kamu bisa perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang manis dan segar.

Baca Juga: Biar Gak Bosan, Sontek 7 Menu Buka Puasa Nikmat dan Bergizi!

Makanan yang Harus Dihindari untuk Buka Puasa

Berikut daftar makanan dan minuman yang harus kamu hindari untuk buka puasa:

1. Makanan yang pedas

Kamu gak boleh langsung konsumsi makanan pedas saat berbuka puasa karena mengonsumsi makanan tersebut saat perut kosong dapat melukai lapisan lambung dan usus. Mengonsumsi makanan pedas saat buka puasa juga dapat mengakibatkan sakit perut dan rasa nyeri, seperti terbakar di ulu hati atau heartburn.

2. Makanan dengan gula atau pemanis buatan

Makan manis secara berlebihan dapat mengakibatkan gula darah yang gak stabil. Makanan manis juga dapat meningkatkan nafsu makan jadi lebih banyak, mudah haus, menyebabkan berat badan naik hingga berisiko penyakit diabetes.

3. Gorengan

Makan gorengan yang berlebihan dapat meningkatkan produksi asam lambung, loh. Selain itu, gorengan juga mengandung banyak kalori dan tinggi lemak yang dapat menyebabkan berat badan naik.

4. Minuman berkafein

Sebagai pecinta kopi, kurang rasanya jika belum minum kopi dalam sehari. Namun, kamu harus hati-hati karena jika kamu minum ketika perut dalam keadaan kosong dapat membuat lapisan lambung menjadi iritasi dan meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, risiko untuk terkena penyakit GERD pun menjadi lebih tinggi.

5. Minuman bersoda

Minum minuman bersoda saat perut kosong sangat gak disarankan karena kandungan asam berkarbonasi pada minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung dan mual.

Gimana? Sekarang kamu tahu kan seperti apa cara buka puasa yang benar? Tentu cara tersebut akan menjaga kesehatanmu selama bulan puasa sehingga kamu tetap fit sampai lebaran nanti.

Baca Juga: Serba-Serbi Sahur, Agar Ibadah Puasamu Makin Syahdu

Oh iya, kamu bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *