revolusi industri 4.0
FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Menelisik Jurusan Desain Komunikasi Visual

Pernah kebayang gak sih kalo selama kuliah nanti kamu bisa membuat berbagai logo untuk perkembangan perusahaan atau kreasi apapun yang mungkin bisa dipamerkan kepada semua orang? Kira-kira jurusan apa ya yang cocok buat kamu yang suka hal-hal kreatif seperti itu? jawabannya adalah jurusan desain komunikasi visual (DKV)!

Di jurusan desain komunikasi visual itu, kamu bisa belajar dan mencari tau banyak hal tentang berbagai metode kreatif dalam membuat karya-karya visual. Nah sebelum kamu mengetahui detail lebih dalam tentang mata kuliah di jurusan desain komunikasi visual, kamu harus tau dulu yuk jurusan desain komunikasi visual itu apa sih?

Jurusan desain komunikasi visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan berbagai elemen visual ataupun rupa untuk bisa menyampaikan pesan atas tujuan tertentu. Biasanya mahasiswa sarjana DKV dituntut untuk bisa dan mampu mengolah pesan dan konsep komunikasi tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif. Jadi, sebenarnya kamu gak cuma perlu punya bakat menggambar aja, tapi kamu juga harus punya kreativitas tinggi untuk bisa mengemas sebuah karya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Pada awalnya sih, jurusan ini dikenal dengan nama desain grafis, pasti kamu udah gak asing lagi kan jurusan desain grafis. Dan awalnya mahasiswa jurusan desain komunikasi visual hanya mempelajari seputar grafis 2D (gambar) di media cetak. Tapi, seiring perkembangannya DKV memiliki cakupan yang lebih luas lagi.Visual yang ingin disajikan gak hanya bentuk grafis 2D aja, tapi juga grafis 3D dan grafis bergerak di media elektronik dan berbagai jenis media baru yang muncul misalnya seperti media interaktif web.

Baca Juga : Belajar Jurusan Teknik Industri Dan Karirnya!

Secara umum, kamu juga akan banyak melakukan berbagai praktek untuk bisa menciptakan karya desain di berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan lain-lainnya. Jadi. buat kamu yang memang penasaran dan ingin berkecimpung di dunia kreatif, yuk langsung aja masuk ke jurusan desain komunikasi visual guys!

Di beberapa kampus yang menyediakan jurusan DKV ada beberapa konsentrasi yang berbeda-beda yang bisa mahasiswa tekuni loh. Misalnya saja jurusan desain komunikasi visual di Universitas Pelita Harapan (UPH). Jurusan desain komunikasi visual di Universitas Pelita Harapan akan membekali seluruh mahasiswa dengan berbagai pemahaman bahasa visual sebagai sarana komunikasi dan solusi terhadap permasalahan desain. Hmm.. seru banget ya guys kelihatannya!

Mata kuliah jurusan desain komunikasi visual di UPH juga antara lain meliputi berbagai teori desain dan komunikasi visual, sebelum kamu fokus dan membuat berbagai karya visual yang kreatif, kamu perlu banget untuk mengerti dasar-dasar DKV. selain itu, kamu butuh skill keahlian menggambar (dengan tangan maupun digital), dan sejarah seni rupa. Proses belajar dan pengembangangan keahlian yang dilakukan sat kamu menjadi mahasiswa DKV di UPH akan mencakup ke berbagai aspek, yaitu seni rupa, desain, ilmu sosial, teknologi, etika, dan budaya.

Selain yang akan kamu pelajari di atas, di semester satu kamu akan belajar tentang desain dan warna, fotografi, komputer grafis, sejarah seni rupa dan peradaban, dan budaya visual Indonesia. Jadi, untuk semester 1 kamu akan fokus tentang dasar-dasar dan fokus sejarah seni rupa. Untuk semester 2, kamu akan belajar mata kuliah fotografi, komputer grafis, tentang gerak visual, serta tentang studio dasar. Saat di semester 3 hingga semester akhir kamu akan fokus dan mulai dituntut untuk membuat karya-karya visual yang memang menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan.

Saat kamu menjalankan tugas sebagai mahasiswa di jurusan desain komunikasi visual di UPH, ada beberapa kemampuan yang mesti kamu miliki loh untuk bisa terus bertahan dan bereksplorasi di jurusan ini, yang pertama adalah kemampuan komunikasi verbal, visual, dan tekstual. Sebagai mahasiswa DKV, kamu perlu banget untuk bisa berkomunikasi secara langsung meskipun hanya melalui visual. Pesannya harus tersampaikan dengan baik nih guys!

Kemampuan kedua yang kamu harus miliki adalah keterampilan menggambar teknis, yang ketiga adalah sebagai mahasiswa kamu harus bisa mengoperasikan software gambar.. Jadi, selain kamu harus bisa menggambar menggunakan tangan tapi kamu juga harus bisa mengerti tentang software gambar. Nah, yang keempat adalah kreatif dan inovatif. Ini penting banget guys! Kamu akan dituntut untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dalam mencari ide-ide dan juga kamu harus inovatif untuk mengerjakan dan menyelesaikan sebuah karya.

Perspektif yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan DKV tergolong sangat luas dan bisa menyentuh di semua perspektif seni dan desain. Maka. gak heran ni kalo jurusan desain komunikasi visual di UPH merupakan salah satu jurusan dengan peluang kerjanya yang cukup menjanjikan di era ekonomi kreatif saat ini.

Sebagai mahasiswa jurusan DKV, gimana sih prospek karir kedepannya? Sebagai mahasiswa jurusan desain komunikasi visual, prospek kerjanya akan sangat beragam dan fleksibel loh, karirmu akan bergantung pada minat dan keahlianmu di bidang desain komunikasi, antara lain seperti:

1. Freelancer atau penjual jasa

Sebagai mahasiswa jurusan DKV, kamu bisa menjual jasamu atau terkenal sebagai freelancer di bidang desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, dan juga web designer. Biasanya banyak sekali perusahaan yang ingin mengambil dan memanfaatkan jasa freelance terkait dengan web designer di perusahaan mereka.

2. Konsultan desain

Kamu bisa bekerja sebagai konsultan desain yang memang membantu para klien untuk mencapai tujuan yang ingin mereka tujuan atau mengkomunikasikan sebuah brand yang memang dibutuhkan oleh para klien.

3. Stasiun TV atau Production House (PH)

Karena selama menjadi mahasiswa di jurusan desain komunikasi visual kamu juga belajar videografi, fotografi, atau bahkan bekerja di alur bidang dunia kreatif. Maka, kamu memiliki banyak sekali kesempatan dan peluang kerja untuk bisa bergabung ke program-program di stasiun TV ataupun bekerja di PH untuk membuat dan menciptakan sebuah film atau jasa produksi.

4. Hubungan masyarakat (Public Relations)

Siapa yang bilang kalo mahasiswa jurusan DKV gak bisa bekerja di pemerintahan? Jangan salah loh guys! Justru peluang kamu untuk bisa bergabung di pemerintahan sangat terbuka lebar. Karena selama ini, kamu diajarin untuk belajar bagaimana kamu bisa menyampaikan sebuah pesan kepada publik agar tidak miss melalui berbagai channel apapun. Nah, kemampuan inilah yang dicari oleh para perusahaan pemerintah untuk menjadi hubungan masyarakat mereka, agar semua pesan yang ingin dikomunikasikan oleh mereka dan disampaikan ke publik itu gak ada kesalahan.

Sudah siap kerja di dunia kreatif? Kunjungi halaman UPH ini untuk cari tau informasi lebih lanjut di goKampus ya!

Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu memilih jurusan kuliahmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *