syarat masuk jurusan tata boga
Upskill

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga, Bukan Hanya Suka Masak!

Siapa di sini yang berminat dengan jurusan tata boga? Apa saja sih syarat masuk jurusan tata boga? Apa benar harus jago masak dulu? Biar kamu gak penasaran, kita bahas sama-sama yuk. 

Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa jurusan tata boga pada dasarnya mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Kamu akan banyak belajar mengolah makanan nusantara dan mancanegara, serta belajar cara meracik minuman dan menghidangkannya.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai cabang ilmu sains principle yang berhubungan dengan pengolahan makanan dan gimana mengimplementasikannya. Mahasiswa jurusan ini pun belajar seputar komersialisasi produk, teknik distribusi produk pangan yang tepat serta layak konsumsi, dan hal-hal yang dapat menjadi modal untuk berwirausaha.

Baca Juga: Contoh Soft Skill yang Harus Mahasiswa Kembangkan

Dari sini kita bisa melihat bahwa sebenarnya jurusan ini tidak hanya cocok untuk kamu yang punya passion di makanan atau minuman saja, tapi juga di bidang kesehatan, sains, dan biologi. Malah belakangan ini mahasiswa tata boga terdorong untuk berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara loh. Keren, kan?

Lantas, kembali ke pertanyaan di atas, kira-kira apa saja sih syarat masuk jurusan tata boga? Kita simak yuk.

10 Syarat Masuk Jurusan Tata Boga

1. Lulus Kualifikasi

Untuk masuk jurusan ini, syarat pertama adalah kamu harus lolos dari tes seleksi masuk jurusan di kampus tersebut. Baik jalur mandiri ataupun jalur lainnya, pastikan bahwa kamu berhasil memenuhi kualifikasi yang mereka tetapkan.

2. Punya Kemampuan Finansial

Pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan finansial yang cukup hingga lulus nanti. Jika melihat prospek kerja yang menjanjikan bagi para lulusannya, biaya kuliah jurusan tata boga terlihat murah. Namun pada praktiknya, kamu akan membutuhkan sejumlah perlengkapan untuk belajar di rumah selain di kampus.

3. Lolos Kebutuhan Administrasi dan Perdokumenan

Selain tes, kamu juga harus lolos administrasi dengan melengkapi kebutuhan dokumen. Kebutuhan dokumen penting biasanya seperti ijazah sekolah, kartu identitas, SKCK, surat keterangan sehat, pasfoto, sertifikat vaksin, dan lain-lain.

4. Punya Ketertarikan di Dunia Tata Boga

Syarat ini jelas tak boleh terlewatkan. Bidang tata boga bukan hanya seputar makanan saja, tapi juga hal-hal lain seperti kesehatan, sejarah, bahkan budaya.

5. Terampil Soal Kuliner

Syarat ini pun mutlak. Akan jauh lebih baik jika kamu sudah punya bekal pengetahuan dan keterampilan kuliner agar mempermudah kamu saat menjalani perkuliahan.

6. Aktif Bersosialisasi

Syarat berikutnya yang perlu dipenuhi calon mahasiswa adalah memiliki kemauan bersosialisasi. Saat masuk ke dunia tata boga, kamu tak bisa bekerja sendiri. Kamu akan bekerja secara tim dan berhubungan dengan banyak orang.

7. Senang Eksplorasi

Sifat ini sangat penting di tata boga. Dengan punya jiwa eksplorasi, kamu akan terus semangat belajar hal-hal baru dan membuat resep-resep baru.

8. Percaya Diri

Mahasiswa tata boga harus memiliki kepercayaan diri bahwa dirinya bisa sukses di dunia kuliner. Tanpa sifat ini, kamu akan sulit bersaing. 

9. Keahlian Kerja Sama Tim

Seperti disebutkan sebelumnya, kamu akan lebih sering bekerja sama dalam sebuah tim. Terdengar sepele, tapi punya tantangan dan tingkat kesulitan tersendiri. 

10. Kreatif

Syarat masuk jurusan tata boga yang terakhir adalah punya daya kreativitas tinggi. Kreativitas inilah yang akan menjadi senjata untuk menghasilkan resep baru dan inovasi menarik di dunia kuliner.

Itulah syarat masuk jurusan tata boga yang perlu kamu ketahui. Oh iya, kalau minat bekerja di sektor pariwisata dan perhotelan, kamu tentu harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu terutama di bidang perhotelan dengan ikutan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Pramusaji F&B di sini.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *