Ingin coba daftar beasiswa S2 ke luar negeri namun ragu dan takut? Jangan khawatir, karena dengan persiapan yang matang, mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri bisa jadi lebih mudah. Untuk kamu yang ingin sukses dapatkan beasiswa S2 luar negeri, berikut tips dan trik yang bisa kamu ikuti untuk buat persiapan daftar beasiswa S2 luar negeri jadi lebih mantap dan maksimal!

Baca juga: Tips & Cara Lolos Daftar Beasiswa LPDP

1. Mulai dengan persiapan TOEFL dan IELTS

Salah satu persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa S2 luar negeri adalah kemampuan berbahasa asing. Umumnya dua jenis tes atau sertifikasi yang wajib kamu penuhi dan miliki adalah TOEFL (skor minimal 550) dan IELTS (skor minimal 6.0). Setiap negara dan universitas mungkin memiliki standar skor minimal yang berbeda. Jadi, agar sukses mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri, matangkanlah kemampuan berbahasa inggris terlebih dahulu.

Jika kamu memilih beasiswa ke negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, maka kemampuan berbahasa utama di negara tersebut juga bisa menjadi nilai tambah untukmu. Misalnya bahasa mandarin jika kamu memilih Cina atau bahasa Jerman jika kamu memilih universitas di Jerman.

2. Riset mendalam mengenai Universitas dan Bidang Studi

Sangat penting sebelum mendaftar beasiswa S2 luar negeri untuk mempelajari secara mendalam mengenai universitas dimana kamu mendaftar serta jurusan atau bidang studiyang akan kamu ambil. Pertanyaan seperti mengapa kamu memilih Universitas tersebut, dan mengapa kamu memilih bidang studi tersebut di Universitas itu adalah contoh pertanyaan mendasar yang harus sudah kamu miliki jawabannya di luar kepala.

3. Miliki pengalaman kerja mumpuni di bidang industri terkait

Setelah lulus S1, sebelum mendaftar beasiswa S2 keluar negeri, tak ada salahnya untuk memperkaya pengalaman kerja milikmu terlebih dahulu. Namun, sangat penting untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang industri terkait studi yang ingin kamu ambil saat mendaftar beasiswa S2 kelak.

Sangat penting untuk mampu menjawab detail studi apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan yang akan kamu ambil dan bagaimana pengaruhnya akan mengembangkan bidang pekerjaan atau industri yang tengah kamu geluti.

4. Perkaya tulisan-tulisan atau karya ilmiah yang kamu miliki

Tak hanya pengalaman kerja, yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan kesuskesanmu mendapatkan beasiswa S2 adalah pengalamanmu dalam melakukan penulisan karya ilmiah (academic writing) dengan topik sesuai jurusan dan bidang studi yang kamu tekuni. Jadi, mulailah untuk membuat beberapa essay, buku, atau jurnal penelitian sederhana sebelum memutuskan untuk mendaftar beasiswa S2.

Selain itu, memiliki rencana topik penelitian saat menjalankan studi S2 kelak juga bisa kamu persiapkan karena hal ini kerap ditanyakan untuk memberikan pemberi beasiswa gambaran mengenai seberapa dalam dan apa tujuanmu saat menjalani studi S2 nanti.

5. Pentingnya surat rekomendasi

Saat melakukan persiapan beasiswa S2 luar negeri, jangan sepelekan surat rekomendasi karena banyak pula penilai yang akan mencoba mencari nilai positif dari pengaju beasiswa dari surat rekomendasi yang dimilikinya. Surat rekomendasi untuk beasiswa S2 luar negeri umumnya paling tidak ditulis oleh dua orang.

Pilihlah dua orang yang tidak hanya mumpuni dibidangnya dan tentunya terkait dengan bidang atau studi yang hendak kamu tekuni baik dari bidang akademis maupun praktisi seperti dosen atau atasanmu di kantor namun juga orang-orang yang mengenalmu dengan baik. Dengan begitu mereka bisa membantu menonjolkan nilai-nilai positif yang kamu miliki.

6. Konsultasikan dengan orang yang berpengalaman

Untuk bisa lebih siap saat mendaftar beasiswa S2 luar negeri, carilah orang yang pernah menjalani semua proses dan berhasil mendapatkan beasiswa serupa. Kamu bisa bergabung dengan forum-forum beasiswa atau bertanya dengan lembaga-lembaga edukasi tempatmu mempersiapkan beasiswa.

Tak hanya mendapatkan gambaran lengkap mengenai proses yang akan kamu jalani, kamu juga bisa saja menemukan kiat-kiat khusus yang bisa kamu coba terapkan agar persiapan beasiswa S2 luar negeri jadi jauh lebih matang.

Dengan kerja keras dan berbagai tips daftar beasiswa S2 luar negeri tersebut, tentu mendapatkan beasiswa S2 terdengar lebih mudah, bukan? Mendapatkan beasiswa S2 luar negeri memang bukan perkara yang sulit jika kamu mau bekerja keras dan melakukan persiapan yang sematang-matangnya. Selamat mencoba!

Di aplikasi goKampus, kamu bisa browsing dan daftar beasiswa dengan mudah. Dapatkan beasiswa mulai dari Rp20 juta untuk mahasiswa di jenjang manapun! Download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like