cara menjadi psikolog
Kategori Kelas

Berguna Banget! 10 Cara Menjadi Psikolog

Setiap tahunnya jurusan psikologi selalu memiliki peminat yang tinggi di berbagai kampus di Indonesia. Kamu juga salah satunya? Nah, salah satu prospek jurusan psikologi setelah lulus kuliah nanti adalah menjadi psikolog. Kalau kamu tertarik dengan profesi tersebut, wajib tahu 10 cara menjadi psikolog ini. Apa sajakah itu? Yuk, simak di artikel ini!

Skill yang Harus Psikolog Miliki

Sebelum mengetahui cara menjadi psikolog, kamu perlu tahu dulu skill yang harus psikolog miliki. Cek satu per satu di bawah ini, ya!

1. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi

Komunikasi yang baik merupakan sebuah komponen penting buat kamu dalam menjalin hubungan dengan orang lain loh. Dari komunikasi, tentu kamu butuh pemahaman yang baik untuk bisa menjaga hubunganmu dengan orang lain.

Melalui ilmu psikologi, kamu bisa banget untuk belajar memahami dan mengerti perasaan orang lain. Jadinya kamu bisa mempelajari ilmu psikologi, sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi!

2. Belajar mengelola stres yang baik

Biasanya namanya juga manusia gak mungkin lepas dari emosi atau gak stres. Tentunya, hal ini bisa membawa dampak negatif loh kalau kita biarkan begitu aja. Tapi, perasaan stres kadang-kadang bisa kita maknai buat jadi sesuatu yang positif juga, salah satunya adalah untuk meningkatkan motivasi mu untuk mencapai sesuatu.

3. Mengenal diri sendiri menjadi lebih baik

Seringkali biasanya kamu mempertanyakan siapa diri kamu sebenarnya atau mungkin bahkan banyak juga yang merasa bahwa kita gak perlu kenal siapa diri kita sebenarnya, padahal mempelajari tentang diri sendiri itu bisa membantu kita untuk mengerti bagaimana kemampuan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain

Mempelajari ilmu psikologi bisa memberikanmu ilmu yang bermanfaat bagi orang lain loh. Misalnya, kalau kamu temanmu curhat yang mungkin lagi ada masalah dengan mempelajari ilmu psikologi, kamu bisa memberikan dukungan sama teman dan bisa membuatmu jadi orang yang lebih bermanfaat.

5. Meningkatkan kemampuan ingatan

Nah, ada kalanya nih kesibukanmu sehari-hari menurunkan kemampuan ingatanmu karena banyak banget yang harus kamu pikirin. Mulai dari deadline pekerjaan, rapat atasan, dan janji-janji lainnya nih. Mempelajari ilmu psikologi bisa membantumu untuk meningkatkan daya pikirmu.

Cara Menjadi Psikolog

Ada beberapa cara menjadi psikolog nih khusus buat kamu. Apa sajakah itu?

1. Wajib ambil S1 Psikologi

Cara menjadi psikolog yang pertama adalah kamu wajib ambil S1 jurusan psikologi dulu nih guys di kampus. Ini adalah syarat mutlak kalau kamu ingin melanjutkan karir di masa depan dengan menjadi psikolog.

2. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi

Cara menjadi psikolog yang selanjutnya adalah kamu wajib menyelesaikan pendidikan S1 psikologi. Jangan berhenti di tengah jalan meskipun tantangannya selama di perkuliahan berat ya. 

3. Lanjut S2 Psikologi Profesi

Cara menjadi psikolog yang ketiga adalah dengan melanjutkan pendidikan psikologimu ke jenjang S2 psikologi profesi. Menempuh pendidikan S2 merupakan salah satu syarat yang harus kamu tempuh.

4. Pilih peminatan psikolog untuk S2

Cara menjadi psikolog selanjutnya adalah kamu harus memilih peminatan untuk S2. Kamu akan belajar materi-materi untuk memperdalam pengetahuan Kamu terkait psikologi. Selain itu, Kamu juga akan diminta untuk memilih peminatan bidang yang Kamu sukai dan kuasai. Ada banyak sekali peminatan yang bisa Kamu pilih, diantaranya psikologi sosial, pendidikan, dan industri.

5. Mengikuti praktik kerja profesi psikologi

Cara menjadi psikolog yang selanjutnya adalah kamu harus mengikuti praktik kerja profesi psikologi. Setelah 2 semester pertama, kamu diberi teori dan praktikum di dalam lab, selanjutnya kamu perlu mengikuti praktik kerja profesi psikologi sesuai dengan peminatan yang Kamu ambil. Lamanya waktu praktik kerja ini kira-kira 1-2 semester.

6. Mengikuti sidang profesi

Cara menjadi psikolog selanjutnya adalah dengan mengikuti sidang profesi yang dilaksanakan oleh HIMPSI. Ada beberapa tes yang harus Kamu lalui. Jika Kamu lulus serangkaian tes ini, Kamu sudah layak menjadi psikolog.

7. Mendaftar keanggotaan HIMPSI

Cara menjadi psikolog berikutnya adalah menjadi anggota HIMPSI. Jika Kamu dinyatakan lulus dari sidang profesi HIMPSI, Kamu diwajibkan mendaftar keanggotaan HIMPSI. HIMPSI merupakan singkatan dari Himpunan Psikologi, yaitu organisasi beranggotakan ahli psikologi seluruh Indonesia.

8. Mengurus Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP)

Cara menjadi psikolog berikutnya adalah kamu perlu mengurus SIPP. Dengan SIPP ini, Kamu bisa membuka tempat praktik kamu sendiri.

9. Resmi jadi psikolog!

Setelah mengurus semua hal tersebut, selamat, kamu sudah sah atau resmi seorang psikolog! Kamu juga bisa buka tempat praktik sendiri dan kamu bisa melanjutkan pendidikanmu ke luar negeri jika kamu mau ke luar negeri untuk mengambil S3.

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Dapatkan juga cashback hingga Rp500 ribu tiap kamu daftar kuliah melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Banyak untungnya, kan? Yuk, download!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *