pekerjaan akuntansi
Kategori Kelas

Simak! 10 Pekerjaan Akuntansi di Indonesia

Biasanya setelah kamu lulus SMA, kamu pasti akan menghadapi fase bingung memilih jurusan. Wajar banget nih kalau kamu ada di fase ini karena kamu sudah mulai memikirkan soal pekerjaan serta penghasilan nantinya. Banyak jurusan yang menawarkan masa depan cemerlang di masa depan, contohnya pekerjaan akuntansi.

Memilih Jurusan Akuntansi

Salah satu persiapan yang paling ribet adalah memutuskan kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan apa. Gak hanya mencari jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu, tapi kamu juga harus meriset dan mencari tahu secara detail jurusan dan kamu paling oke yang sesuai sama kamu di Jakarta.

Nah, menurutmu sudah tahu belum ingin masuk ke jurusan apa? Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan, akuntansi, dan segala jenis tentang perpajakan, kamu bisa mencari informasi tentang jurusan akuntansi di kampus impianmu. 

Kira-kira jurusan akuntansi belajar apa aja ya saat di kelas? Untuk jurusan akuntansi di semester pertama, kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan sama laporan keuangan.

Nah, selama 4 tahun kamu akan belajar dasar-dasar membuat laporan keuangan seperti dari bagaimana caranya membuat laporan keuangan yang sesuai sama standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai standar kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa menerawang dan menilai prospek kedepannya.

Gak cuman itu guys, kamu juga secara sederhana akan belajar bagaimana cara melihat dan mempelajari apakah laporan keuangan itu dapat dikatakan layak atau gak.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan akuntansi antara lain adalah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan,dan masih banyak lagi nih.

Gimana kelihatannya sulit, ya? Sebenarnya gak juga loh, bahkan bisa dikatakan peminat jurusan akuntansi ini sangat banyak dan selalu bertambah dari pelajar-pelajar di Indonesia. Bahkan banyak banget yang menganggap bahwa jurusan ini adalah jurusan primadona bagi para pelajar di Indonesia. 

Jurusan akuntansi termasuk di kelompok soshum dan menjadi bagian dari fakultas ekonomi dan bisnis. Nah biasanya di jurusan ini, kamu akan banyak belajar gimana caranya membaca laporan keuangan dan bagaimana cara menyusunnya.

10 Pilihan Pekerjaan Akuntansi

Pekerjaan akuntansi merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. goKampus akan kasih tau kamu 10 peluang pekerjaan akuntansi di Indonesia untuk mahasiswa lulusan akuntansi. Simak artikel ini ya!

1. Akuntan publik

Pekerjaan akuntansi yang pertama adalah kamu bisa berkarir sebagai akuntan publik. Profesi akuntan publik adalah akuntan yang mendapat izin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntan kepada publik.

Kamu akan mendapat izin untuk membuka kantor akuntan publik dan memberikan jasa akuntan kepada klien. Seorang akuntan publik bisa mendapat gaji antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan. Semakin berpengalaman, maka gaji yang didapat akan semakin besar.

2. Akuntan privat

Pekerjaan akuntansi yang kedua adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang akuntan privat. Akuntan privat disebut juga dengan nama akuntan intern. Akuntan ini bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi tertentu.

Jika akuntan publik bisa membuka kantor akuntan publik dan menerima klien dari berbagai latar belakang, akuntan privat hanya bekerja pada satu perusahaan.

Dengan kata lain, kamu yang bekerja sebagai akuntan di suatu perusahaan disebut juga dengan akuntan privat. Profesi ini mendapat peluang gaji sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan untuk akuntan yang masih pemula.

3. Financial analyst

Pekerjaan akuntansi yang ketiga adalah bekerja menjadi financial analyst atau analis keuangan. Financial analyst adalah profesi yang bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis. Seorang financial analyst yang masih pemula bisa mendapat gaji hingga Rp10 juta tiap bulan.

4. Auditor internal

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah menjadi seorang auditor internal. Profesi yang satu ini memiliki tugas memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen. Gaji yang diperoleh seorang auditor internal berkisar Rp10 juta dan bisa terus meningkat.

5. Konsultan pajak

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi konsultan pajak. Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak.

Besarnya gaji yang didapat oleh seorang konsultan pajak sangat bervariasi. Semakin kompleks kasusnya maka akan semakin tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah. Konsultan pajak di Indonesia menerima gaji di kisaran angka mulai Rp4 juta hingga Rp15 juta per bulan.

6. Perencana keuangan

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah menjadi seorang perencana keuangan, dimana kamu bisa bertugas untuk menyusun perencanaan keuangan. Gajinya juga bervariasi tergantung keputusan dengan pihak klien. Bukan gak mungkin Kamu bisa mendapat belasan juta dari profesi ini.

7. Accounts payable/receivable clerk

Pekerjaan akuntansi selanjutnya adalah sebagai Accounts Payable/Receivable Clerk. Profesi ini bertugas mengurusi akuntansi utang piutang. Jika Kamu memilih karir ini, Kamu berkesempatan mendapatkan gaji kurang lebih Rp5 juta per bulan atau bahkan bisa lebih.

8. Credit analyst

Pekerjaan akuntansi selanjutnya adalah sebagai analis kredit. Profesi yang satu ini biasa bekerja di industri perbankan untuk menganalisis calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman. Selain perbankan, Kamu juga bisa bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti perusahaan leasing, financial technology, dan sejenisnya.

Seiring pertumbuhan lembaga keuangan di Indonesia, semakin besar pula kesempatan Kamu untuk bekerja di bidang ini. Gaji yang didapatkan oleh seorang credit analyst adalah sekitar Rp5 juta sampai Rp7 juta per bulan.

9. Ahli keuangan pemerintah

Pekerjaan akuntansi selanjutnya adalah berkarir sebagai seorang ahli keuangan pemerintah. Profesi yang satu ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena membuka peluang pendapatan tinggi.

Untuk bisa masuk ke instansi pemerintah, Kamu bisa mendaftar lowongan CPNS yang dibuka atau bisa juga dengan menjadi tenaga kontrak atau honorer. Kamu bisa memperoleh gaji belasan hingga puluhan juta rupiah dari profesi ini.

10. Akuntan pendidik

Yang terakhir, sebagai lulusan akuntansi Kamu bisa memilih bekerja sebagai guru atau dosen akuntansi. Selain bisa mendapat penghasilan Kamu juga bisa mendapat pahala karena berbagi ilmu dengan orang lain. Sebagai guru, Kamu bisa mengajar di SMK jurusan akuntansi atau bisa juga di SMA. Untuk dosen, Kamu perlu memiliki ijazah minimal S2. Kisaran gaji untuk profesi ini adalah kurang lebih Rp7 juta atau bahkan lebih.

Baca Juga: Mencari Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Itulah pilihan pekerjaan jurusan akuntansi. Kamu ingin mendalami lebih jauh tentang akuntansi? Yuk, ikutan kelas Entri Akuntansi untuk Pemula di sini. Kamu gak hanya dapat beragam insight dari pengajar yang berpengalaman dan ahli, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama plus bisa ikutan kelasnya online dari mana saja. Cus, ikutan kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *