macam-macam psikologi
Kategori Kelas

Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi!

Kamu semua pasti setuju banget kan kalo kehidupan kita ini gak bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Bener gak sih? Misalnya aja nih ngobrol dengan teman juga termasuk kamu berkomunikasi, kamu chat dengan gebetan atau pacarmu melalui aplikasi chatting pun juga termasuk berkomunikasi, atau kamu memberikan kode-kode biar gebetan peka pun itu termasuk kegiatan berkomunikasi loh. 

Siapa yang bercita-cita untuk menjadi penyiar atau jurnalis di depan kamera seperti Najwa Shihab? Atau mungkin pengen jadi salah satu public relations officer yang ada di perusahaan bergengsi? Kamu pernah kepikiran gak sih kira-kira ada gak ya jurusan yang bisa menyediakan itu semua? 

Jawabannya sudah pasti ada dong! Ya jurusan Ilmu Komunikasi dong. Di Jakarta, jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah salah satu program terfavorit bagi para pelajar di seluruh Indonesia loh. Bahkan gak hanya di Jakarta aja, tapi di seluruh Indonesia.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terfavorit

Hampir di seluruh kampus di Indonesia sudah menyediakan program studi Ilmu Komunikasi yang pastinya dengan akreditas yang berbeda-beda . Ya anggapannya jurusan Ilmu Komunikasi ini bisa jadi primadona bagi seluruh pelajar di Indonesia, apalagi di Universitas Tarumanagara atau UNTAR. Wah.. kalo di kampus UNTAR sudah pasti deh para mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasinya terkenal paling oke!

Fakultas Ilmu Komunikasi UNTAR juga bertekad menyelenggarakan seluruh proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi. Nah, nantinya berbagai lulusan dari fakultas ini diarahkan untuk menjadi tenaga yang berkompeten di bidang jurnalistik, public relations, dan penyiaran. Seru banget kan?

Apa sih pengertian dari jurusan Ilmu Komunikasi itu? Nah, jurusan Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antar manusia dan kehidupan sosial.

Baca Juga : Suka Menata Kantor? Kuliah Jurusan Desain Interior Aja!

Namun, banyak banget loh yang suka salah nangkap jurusan Ilmu Komunikasi adalah orang-orang yang suka banget “ngomong”, wah.. Jadinya semua orang yang suka ngomong doang dong yang bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi? Salah besar!

Jurusan Ilmu Komunikasi Belajar Apa?

Jurusan Ilmu Komunikasi bukan hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang jago ngomong aja loh, karena seluruh kegiatan dan proses pembelajarannya pun juga gak hanya tentang obrolan aja. Namun, kamu akan belajar bagaimana sih caranya menyampaikan sebuah pesan dalam berbagai medium apa aja, jadi misalnya nih, selain kamu bisa menyampaikan informasi melalui presentasi, tapi kamu juga harus bisa menyampaikan pesan melalui tulisan, film, foto, dan desain. Gimana ya? Kita bahas lebih lanjut yuk apa aja yang akan kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, ini dia!

1. Seluruh bentuk komunikasi

Biasanya nih selama 8 semester atau empat tahun kamu kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. Misalnya nih dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Biasanya di setiap mata kuliah ini, kamu akan dituntut banyak presentasi dan pengembangan diri yang bisa disesuaikan dengan teori yang ada. Kalau mata kuliah komunikasi personal, kamu akan belajar secara mendalam bagaimana sih caranya kamu sebenarnya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk pengembangan pribadi loh, kamu akan diajarkan bagaimana caranya kamu mengenali dirimu sendiri, dimulai dari paham tentang keahlianmu, atau kamu bisa kenal dengan pribadimu saat kamu lagi sedih apa yang harus kamu lakukan, dan kalau kamu lagi senang, hal-hal apa saja yang membuat kamu senang. Jadi seru banget deh kita belajar gimana caranya kenal dengan diri sendiri.

2. Strategi komunikasi dan praktik yang berhubungan dengan media

Perkuliahan di Ilmu Komunikasi ini juga akan mengasah kemampuan kamu berpikir secara out of the box loh! Sehingga, kamu gak jarang nih untuk menyalurkan dan mendapatkan berbagai ide yang cemerlang dan kreatif yang kadang-kadang gak sempat terpikirkan oleh orang lain. Inilah salah satu kelebihan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, secara gak langsung, kamu akan terbiasa untuk ngobrol dan berdiskusi dengan orang banyak.

Nah, apa sih maksud praktik yang berhubungan  dengan media? Di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan media (televisi, radio, majalah/koran, online), seperti kajian media, reportase berita atau penyiaran, penulisan berita, bahkan program kreatif radio. Nah, gak jarang juga loh kamu akan terlibat di berbagai jenis produksi,entah itu produksi film, produksi iklan, atau mungkin produksi berbagai event.

3. Jurusan komunikasi juga belajar jadi pemimpin

Salah satu hal yang akan kamu latih selama belajar di jurusan ini adalah kamu akan belajar untuk menjadi pemimpin. Karena kamu akan banyak mengerjakan berbagai tugas secara berkelompok, dan bisa jadi kamu terpilih untuk memimpin sebuah kelompok, mulai dari sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi. Selain itu, anak Ilmu Komunikasi juga selalu up-to-date.

Selain kamu mencari tau apa yang bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu juga butuh tau kira-kira kemampuan dan keahlian apa aja sih yang akan kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Nah, jurusan Ilmu Komunikasi di UNTAR juga menghasilkan berbagai lulusan-lulusan bergengsi yang sudah berkarir di bidang yang profesional loh. Banyak banget mahasiswa-mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi yang berkarir di berbagai bidang. Memang jurusan Ilmu Komunikasi prospek kerjanya bisa jadi apa aja sih? Selain menjadi seorang jurnalis atau public relations, kamu bisa masuk dan bekerja di dunia advertising, marketing, maupun broadcasting.

Kamu juga bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah. Keren banget kan? Sudah pasti kamu gak perlu takut deh masuk ke jurusan ini. Soalnya banyak banget berbagai hal yang bisa kamu eksplor lebih lanjut!

Udah tau kan penjelasan mendalam tentang jurusan ini? Kira-kira informasi ini sudah bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan belum? Apapun pilihan jurusanmu, yang penting adalah kamu suka dan yakin untuk menyelesaikan kuliahnya ya!

Oh iya, sembari menjalani masa kuliah untuk bekalmu di dunia kerja agar karirmu bisa meningkat pesat, jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu dengan ikutan kelas di goKampus ya! Kamu bisa memilih kelas Etika Berkomunikasi Di Era Digital di sini atau kelas Komunikasi Efektif di Tempat Kerja di link ini, sesuai kebutuhanmu!

Selain kelas-kelas tadi, kamu juga bisa meningkatkan skill komunikasimu khususnya dalam berbahasa Inggris dengan ikutan kelas bersertifikasi dari Cakap. Ada diskon hingga Rp30 ribu dengan menggunakan kode voucher GOCAKAP setiap pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Yuk, buruan upgrade kemampuan komunikasimu mumpung diskon berlakuKlik di sini untuk memilih kelas Cakap.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *