seleksi mandiri
goKampus Tips Belajar Upskill

Seru Gak Sih Jadi Sarjana Bahasa Inggris?

Buat kamu calon mahasiswa baru yang pengen banget untuk bisa masuk ke jurusan yang umum dan dibutuhkan banyak orang, jurusan Bahasa Inggris bisa jadi jawabanmu nih! Seperti yang kamu tau, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional di Dunia. Jadi, kalau kamu tertarik atau sangat fasih berbahasa Inggris, kamu bisa banget untuk memilih jurusan Bahasa Inggris dan berakhir menjadi sarjana Sastra Inggris!

Jurusan Bahasa Inggris atau yang biasa dikenal dengan Sastra Inggris adalah bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi sastra secara mendalam. Jadi kalau kamu masuk ke jurusan Bahasa Inggris, nantinya kamu akan banyak melakukan kajian mendalam di berbagai karya seperti puisi, prosa, novel drama, maupun film. 

Selain itu, kamu juga akan banyak membahas tentang kebudayaan negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa dasarnya atau bahasa ibu.

Sebagai calon mahasiswa baru jurusan Bahasa Inggris pastinya ada beberapa kemampuan dan keahlian yang wajib kamu miliki loh, apa aja ya itu? Yuk simak!

  1. Kemampuan komunikasi lisan
  2. Kemampuan komunikasi tertulis
  3. Kemampuan membaca dan memahami tulisan
  4. Kemampuan berpikir terstruktur
  5. Kemampuan melakukan analisis
  6. Keterampilan interpersonal

Untuk kamu yang masih bingung dimana sih kampus yang cocok di Jakarta untuk mendalami jurusan Bahasa Inggris, kamu bisa coba untuk daftar ke Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pelita Harapan Jakarta (UPH) Jakarta nih guys. Program Pendidikan Bahasa Inggris dari UPH membekali semua mahasiswa untuk memiliki dasar-dasar kurikulum yang sangat komprehensif.

Kurikulum program Pendidikan Bahasa Inggris di UPH akan berfokus pada Sastra Inggris, Linguistik Inggris, Teknologi informasi, serta berbagai landasan bahasa. Tentunya selain kamu hanya belajar Bahasa Inggris, kamu juga akan dibekali oleh program wajib magang di semester 7 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa.

Program Pendidikan Bahasa Inggris di UPH bertujuan untuk menghasilkan guru Bahasa Inggris yang kompeten untuk mengajar Bahasa Inggris dalam konteks budaya Indonesia, serta memiliki pemahaman yang baik dan dilengkapi dengan wawasan yang luas.

Berbagai mahasiswa lulusan pendidikan Bahasa Inggris di UPH akan dibekali dengan berbagai kemampuan dan skill yang kompeten dan terampil serta memenuhi standar internasional.

Baca Juga: 4 Alasan Kuat Kenapa Kamu Wajib Kuliah Di Inggris

Berbagai mata kuliah yang kamu akan kamu dapat selama jurusan Bahasa Inggris antara lain adalah mata kuliah Bahasa Inggris, mata kuliah Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, mata kuliah Sintaksis Bahasa Inggris, mata kuliah Semantik Bahasa Inggris, mata kuliah Kritik Sastra Inggris, dan mata kuliah lainnya akan membahas tentang peristiwa-peristiwa di luar negeri dan kamu akan diminta untuk mengkaji hal tersebut.

Selain itu, mata kuliah yang bisa kamu temui antara lain seperti Speaking, Writing, Reading, Listening Comprehension, Structure, English Morphology, English Language Teaching Assessment, dan lain-lainnya.

Untuk menambah kemampuanmu, kamu juga bisa mengambil kursus singkat di luar negeri misalnya program kamu mengambil program TESOL (pengajaran Bahasa Inggris untuk penutur bahasa lain), TEFL (Pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), ataupun TESL (pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua). Tentunya program ini akan sangat menunjang karirmu nanti kalau kamu ingin berkecimpung di dunia pendidikan. Nah, selain itu, kamu juga bisa mengambil program lain.

Selain kamu mendapatkan pengertian dan pemahaman tentang bahasa inggris, sebagai lulusan sarjana Bahasa Inggris, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya loh. Apa aja ya?

1. Kerja apa aja bisa!

Sarjana Bahasa Inggris memiliki peluang kerja yang luas banget. Kamu bisa kerja apa aja di bidang yang kamu mau. Kamu bisa bekerja mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, sampai lembaga internasional loh! Kamu juga bisa kerja di industri media juga misalnya sebagai jurnalis, atau presenter berita.

2. Belajar jadi guru meskipun masih mahasiswa!

Meskipun kamu belum menjadi sarjana Bahasa Inggris, kamu juga bisa merintis karir sejak kuliah dan tentunya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan finansial. Kamu bisa membuka kursus bahasa inggris untuk siswa SD, SMP, bahkan SMA.

Buat kamu yang mungkin suka travelling, kamu juga bisa jadi pemandu wisata untuk orang-orang atau turis asing loh. Lumayan banget kan untuk bisa dapat uang jajan tambahan.

3. Wawasanmu bisa jadi luas banget!

Menjadi sarjana Bahasa Inggris bisa membuat kamu memiliki pemahaman yang baik tentang sastra inggris, kamu juga bisa memiliki wawasan yang luas tentang budaya, ekonomi, politik, dan berbagai sejarah dari negara asing lainnya. Jadi, peluang karir bisa menantimu banget nih!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Gimana nih menurutmu tentang jurusan Bahasa Inggris khususnya di Universitas Pelita Harapan? Pastinya sudah terjamin banget ya guys dari segi fasilitas hingga prospek kerjanya!

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *