cara menghitung passing grade SNMPTN
Upskill

Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN! Udah Tau?

Buat kamu yang berencana untuk daftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kamu pasti lagi bingung banget kan ingin melanjutkan pendidikan ke kampus yang mana aja. Biasanya nih sebelum kamu mengikuti SNMPTN atau jalur undangan, kamu akan sering melakukan riset mengenai hal-hal yang berkaitan dengan SNMPTN, salah satunya adalah cara menghitung passing grade SNMPTN! Hmmm.. sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menghitung passing grade, kamu jangan salah kaprah dulu nih tentang pengertian passing grade. Simak artikel ini yuk!

Buat kamu yang masih suka salah paham mengenai pengertian passing grade, passing grade adalah suatu persentase nilai yang digunakan sebagai salah satu acuan atau standar untuk bisa meluluskan orang dalam sebuah program studi di kampus tertentu.

Nah, biasanya sih passing grade ini juga didefinisikan sebagai batas nilai minimal yang harus dipenuhi seseorang ketika memilih suatu program studi di kampus tertentu. Passing grade hanya digunakan di SNMPTN aja nih dan angka persentase passing grade setiap tahun dan di setiap kampusnya akan selalu mengalami perubahan, jadi kamu gak bisa nih membandingkan antara kampus satu dengan kampus yang lainnya.

Perubahan di nilai passing grade itu bisa terjadi karena banyaknya kebutuhan para pelajar yang minat di program studi tersebut bahkan hampir di semua kampus gak pernah mempublikasikan nilai passing grade secara resmi. Jadi, kalau kamu dapat informasi mengenai rincian nilai passing grade di universitas, jangan langsung dipercaya ya! Setelah kamu paham tentang pengertian passing grade, yuk cari tau gimana cara menghitung passing grade SNMPTN!

1. Cara menghitung passing grade

Meskipun secara resmi nilai passing grade setiap kampus selalu berubah dan berbeda, namun kamu bisa loh menghitung passing grade. Begini caranya:

Passing Grade = (B*4-s*1)*100%/JS*4

Keterangan:

  • B adalah jumlah semua jawaban benar.
  • S adalah jumlah jawaban salah.
  • JS adalah Jumlah Soal.

Contohnya: misalnya saja jumlah soal SBMPTN adalah 120 soal. Kamu bisa menjawab benar sebanyak 25 soal, tidak diisi 20 soal, dan jawaban salah 15 soal.

Pada soal pelajaran IPA, kamu menjawab benar 40 soal, tidak diisi 10 soal, dan salah 10 soal.

Jadi, berapa nilai passing grade kamu? Jawabannya B= 25 + 40 = 65. S= 15+10 = 25.

*tidak diisi = tidak memiliki bobot nilai.

Jadi, passing gradenya adalah (65*4-25*1)*100%/120*4

PG = (260-25)*100%/480

PG = 23.500%/480

PG= 48.955%

Jadi, misalnya kalau kamu memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia (UI) yang dimana pada saat tahun sebelumnya passing grade UI di bawah 48%, maka peluang kamu untuk lolos relatif besar. Dan sebaliknya kalau jurusan Ilmu Komunikasi di UI tersebut memiliki passing grade pada tahun sebelumnya di atas 48.9%, maka peluang kamu lolos SNMPTN akan kecil.

Tentunya dengan adanya SNMPTN, kamu gak perlu lagi untuk mengikuti serangkaian tes buat masuk ke PTN yang kamu inginkan sehingga banyak siswa yang berlomba-lomba untuk bisa lolos jalur SNMPTN. Salah satu perhitungan yang biasa dicari siswa adalah bagaimana cara menghitung passing grade SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa membantumu menentukan PTN dan jurusan mana yang sesuai dengan nilai yang kamu miliki. Dengan cara menghitung passing grade SNMPTN, peluang kamu untuk lolos bisa jadi lebih besar.

2. Tahapan mengikuti SNMPTN

Sebagai siswa yang masih ingin mencoba SNMPTN, namun masih galau dan bingung bagaimana tahapannya? Ada beberapa tahapan yang wajib kamu perhatikan sebelum  mendaftar SNMPTN!

  1. Pengumuman kuota oleh LTMPT (bagi sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa)
  2. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah (bagi sekolah yang belum memiliki akun LTMPT wajib registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Registrasi akun LTMPT bagi siswa (wajib bagi semua siswa kelas 12 melalui https://portal.ltmpt.ac.id)
  4. Sekolah menentukan calon peserta (berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag)
  5. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
  6. Melakukan pendaftaran SNMPTN.
  7. Memilih PTN dan Program Studi (Pendaftar hanya dapat memilih paling banyak 2 PTN).
  8. Pengunggahan portofolio (wajib bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga)
  9. Seleksi jalur SNMPTN (berdasarkan kriteria masing-masing PTN).
  10. Pengumuman hasil SNMPTN.
  11. Daftar ulang (sesuai dengan PTN dan sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima).

3. Jadwal Kegiatan Daftar SNMPTN 2021

KegiatanWaktu
Peluncuran sistem PMB 20214 Januari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Pengisian PDSS11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
Pendaftaran SNMPTN15-24 Februari 2021
Pengumuman Hasil SNMPTN22 Maret 2021

Nah, kalau misalnya saja kamu gak berhasil di jalur undangan atau SNMPTN, jangan putus asa ya! Karena kamu bisa cek 3 kampus terbaik versi goKampus yang bisa kamu daftarkan langsung di aplikasinya!

1. London School Public Relations (LSPR)

LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship. Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi mengenai LSPR!

2. President University

President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulum yang digunakan adalah standar internasional, sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Kunjungi halaman ini yuk!

3. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Ada alasan kenapa kamu harus memilih Untar sebagai jalur kedua kalau kamu gagal di SBMPTN. Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh! Keren banget kan!

Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi.

Yang ketiga, akses transportasi ke Untar termasuk mudah loh! Lokasi kampus Untar berada di lokasi strategis dan banyak akses untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, hingga busway. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *