cara membuat password
Tips Belajar

Cara Membuat Password yang Aman, Sudah Kamu Terapkan?

Pernahkah tiba-tiba kamu mendapatkan notifikasi yang berusaha mencoba memasuki akun media sosial milikmu? Tentunya hal ini sangat menyeramkan, mengingat terdapat banyak informasi penting yang ada di media sosial. Sebenarnya hal tersebut dapat kita cegah loh, salah satunya dengan menggunakan password atau kata sandi yang aman dan kuat. Kira-kira kata sandi yang kamu gunakan sudah aman belum? Yuk, ketahui cara membuat password yang aman di artikel ini!

Password yang Kurang Aman

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat password yang aman dan kuat, kamu harus memahami terlebih dahulu kata sandi apa saja yang paling sering orang-orang gunakan dan memiliki tingkat keamanan yang rendah. Mengutip dari Cyber News dan NordPass, berikut 20 kata sandi yang sering pengguna internet gunakan di seluruh dunia. Seluruh kata sandi berikut ini bahkan dapat hacker retas kurang dari 1 detik! Serem banget, kan? Yuk, cek!

  1. 123456
  2. 123456789
  3. qwerty
  4. password
  5. 12345
  6. qwerty123
  7. 1q2w3e
  8. 12345678
  9. 111111
  10. 1234567890
  11. 000000
  12. 1q2w3e
  13. aa12345678
  14. abc123
  15. password1
  16. 1234
  17. qwertyuiop
  18. 123321
  19. password123

Kombinasi Kata Sandi yang Kurang Aman

Tim investigasi Cyber News juga telah menyelidiki kata-kata yang sering orang-orang gunakan untuk membuat kata sandi. Kebanyakan dari pengguna internet menggunakan kombinasi kata yang gampang mereka ingat. Padahal, kombinasi tersebut belum tentu kuat dan memiliki risiko tinggi untuk diretas.

Berikut kombinasi yang paling sering orang gunakan untuk membuat kata sandi. Apakah kamu juga menggunakan kombinasi kata sandi di bawah ini? Kalau iya, ada baiknya kamu segera mengubahnya menjadi lebih unik, ya!

1. Angka tahun

Tahun yang paling umum orang-orang gunakan untuk kata sandi adalah tahun lahir, tahun pembuatan password dan tahun perayaan spesialmu. Menariknya dari data, tahun yang paling banyak orang-orang gunakan sebagai kombinasi kata sandi adalah 2010, 1991 dan 1987.

2. Nama sendiri

Membuat password dengan menggunakan nama sendiri memang mudah untuk diingat, tapi nyatanya ini bisa jadi boomerang buat kamu karena nama yang paling banyak digunakan dalam kata sandi di antaranya Eva, Alex dan Anna.

3. Tim olahraga favorit

Penggemar klub olahraga juga harus berhati-hati karena nama-nama tersebut banyak orang-orang gunakan untuk kata sandi. Kata yang paling banyak orang-orang gunakan, seperti suns dan Miami yang berasal dari klub basket NBA.

4. Kata umpatan

Ternyata, banyak juga loh yang menggunakan kata umpatan sebagai kombinasi kata sandinya. Sebanyak 152.933.335 orang menggunakan kata umpatan untuk password.

5. Kota atau tempat tinggal

Nama daerah yang paling sering orang-orang gunakan dalam kata sandi adalah Abu dari kota Abi Dhabi dan Rome yang merupakan ibukota Italia.

6. Bulan, hari atau musim

Banyak orang yang menggunakan nama bulan, hari atau musim pada password-nya. Kata yang paling banyak orang-orang gunakan adalah summer, friday dan may.

7. Makanan kesukaan

Nama makanan kesukaan masing-masing orang juga banyak digunakan dalam kombinasi password, misalnya kata ice dan tea yang dapat mengarah pada ice cream dan iced tea.

Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat

Jika semua kata dan kategori sudah banyak orang-orang gunakan untuk membuat password, lantas bagaimana cara membuat password yang aman dan kuat? Nah kamu bisa mengikuti tips dari Cyber News dan National Cyber Security Center milik pemerintah Inggris berikut ini!

1. Gunakan 3 kata random yang berbeda

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kata “applenemoburito”. Selain gak tertebak, kata sandi ini juga akan lebih susah diretas.

2. Buatlah password yang panjang setidaknya 12 karakter atau lebih

Kata sandi yang panjang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Kamu juga dapat menggabungkannya dengan angka atau simbol. Bahkan, kamu bisa menggunakan simbol-simbol tersebut menjadi emoticon. Contohnya seperti emot senyum ‘:)’, sedih ‘:(‘ dan sebagainya.

3. Jangan membuat password sesuai dengan urutan keyboard

Sebaiknya hindari menggunakan atau membuat kata sandi dengan urutan yang ada di keyboard, seperti “qwerty” karena akan sangat mudah ditebak.

4. Jangan menggunakan hal yang personal sebagai password

Misalnya nih, nama panggilan, hewan peliharaan dan sebagainya karena hacker akan dengan mudah menebaknya.

5. Buatlah password seunik dan sekreatif mungkin agar gak tertebak

Namun, perlu kamu ingat, jangan sampai seluruh akun online-mu menggunakan kata sandi yang sama karena hal itu akan menjadi sia-sia.

6. Jangan menggunakan ulang kombinasi password lama

Hindari menggunakan kombinasi kata sandi lama apalagi yang sebelumnya pernah diretas. Gunakanlah kata yang berbeda dan gak tertebak.

7. Kamu juga bisa menggunakan password generator

Kalau kamu gak mau repot, kamu bisa menggunakan password generator sehingga kamu akan mendapatkan kombinasi kata untuk kata sandi yang aman, unik dan kuat.

Baca Juga: Apa Itu Database? Ketahui Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Sekarang kamu sudah tahu kan cara membuat password yang aman dan kuat? Dengan begitu, data dan informasi pentingmu akan lebih terjamin. Oh iya, buat kamu tertarik dan punya minat di bidang IT, kamu bisa loh ikutan kelas sertifikasi AWS. Psst, goKampus merupakan salah satu platform di Indonesia yang menawarkan kelas sertifikasi dari AWS dan kelas-kelasnya masih gratis, loh. Yuk, cek dengan klik di sini untuk cari kelas yang kamu minati!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *