administrasi publik
Kategori Kelas

Seputar Jurusan Administrasi Publik yang Perlu Kamu Tahu

Jurusan administrasi publik adalah salah satu jurusan yang cukup populer dan memiliki banyak peminat di Indonesia. Di beberapa kampus, jurusan ini tadinya bernama administrasi negara. Kemudian karena beberapa faktor, namanya diubah menjadi administrasi publik. 

Lalu kira-kira kenapa sih sejumlah kampus melakukan perubahan nama tersebut? Bukankah sebenarnya dua ilmu administrasi ini sama saja? Kita bahas yuk.

3 Perbedaan Administrasi Publik Dengan Negara

1. Orientasi

Administrasi Negara umumnya lebih spesifik, yakni berorientasi pada aktivitas suatu negara atau pemerintahan. Sementara Administrasi Publik gak hanya mencakup negara saja, tetapi juga pihak swasta bahkan kelompok atau lembaga masyarakat. 

2. Fungsi

Kalau berdasarkan fungsi pelayanannya, Administrasi Negara dijalankan penuh oleh dan untuk suatu negara. Sedangkan Administrasi Publik dapat melibatkan hingga tiga unsur sekaligus, yakni masyarakat, swasta, dan negara itu sendiri. 

3. Organisasi

Birokrasi di Administrasi Negara cenderung menggunakan hierarki, sehingga tipe organisasinya belum bisa disebut customer oriented. Sedangkan tipe organisasi Administrasi Publik justru sebaliknya. Namun seiring perkembangan zaman, negara mulai menjadikan kepentingan rakyat sebagai main oriented, walaupun tetap saja negara bertindak sebagai motor penggerak dalam kegiatan pemerintahan yang sejalan dengan konsep good governance

Nah, dari sini sebenarnya dapat disimpulkan secara sederhana bahwa Administrasi Negara awalnya memang lebih spesifik untuk urusan pemerintahan suatu negara. Lalu seiring perubahan dan persaingan yang semakin kompleks, Administrasi Negara sekarang juga dituntut menyesuaikan diri dengan menjalankan tugas publik. 

Nah, pergeseran konsep serta keterlibatan masyarakat dan pihak swasta inilah yang menjadi penyebab mengapa Administrasi Negara diubah menjadi Administrasi Publik di sejumlah kampus. Soalnya negara perlu menyesuaikan diri dalam menjalankan administrasi dengan lebih memperhatikan keinginan dan kepentingan publik.

Apa Saja yang Dipelajari? 

Lantaran berasal dari rumpun ilmu yang sama, beberapa mata kuliah yang dipelajari di Administrasi Negara juga diajarkan di Administrasi Publik. Jadi selain aspek perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian, kamu juga bakal mempelajari perilaku birokrasi, manajemen sumber daya manusia, tata laksana pemerintahan, hingga implementasi kebijakan pemerintah, baik itu pada lembaga Legislatif, Yudikatif, maupun Eksekutif. 

Biar ada gambaran sebelum memutuskan memilih jurusan ini, berikut beberapa contoh mata kuliah yang akan kamu pelajari:

No.Mata Kuliah
1Pengantar Ilmu Administrasi Publik
2Teori Organisasi
3Administrasi Pembangunan
4Sistem Administrasi Negara Indonesia
5Kebijakan Publik
6Sistem Pemerintahan Daerah
7Filsafat Ilmu
8Manajemen Sumber Daya Manusia
9Sistem Hukum Indonesia
10Struktur dan Proses Organisasi Publik
11Perilaku Organisasi
12Perencanaan SDM
13E-Government
14Ekonomi Sektor Pulbik
15Isu-Isu Organisasi Publik
16Manajemen Aset
17Formulasi Kebijakan Publik
18Administrasi Pemerintahan Daerah & Desa
19Implementasi Kebijakan Publik
20Evaluasi Kebijakan Publik
21Manajemen Pertumbuhan Wilayah
22Etika Administrasi Publik
23Governasi Publik
24Studi Kependudukan
25Manajemen Sumber Daya Aparatur
26Ekologi Administrasi
27Pembangunan Kapasitas dan Kelembagaan Sektor Publik
28Teori Birokrasi Publik
29Etika Administrasi
30Politik Pemilihan Tingkat Nasional & Daerah
31Manajemen Keuangan Publik
32Manajemen Pelayanan Publik

Program Khusus

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana, ada banyak yang bisa dipilih. Kalau mau jurusan yang linier, kamu bisa mengambil program magister ilmu administrasi dengan program kekhususan yang beraneka ragam, seperti Administrasi dan Kebijakan Publik, Administrasi dan Kebijakan Bisnis, Administrasi dan Kebijakan Perpajakan, Administrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Sektor Publik, hingga Good Governance Studies.

Kalau kamu berasal dari S1 jurusan lain, tapi ingin melanjutkan jenjang S2 ke jurusan administrasi, diwajibkan mengikuti program matrikulasi. Hal ini dilakukan agar mahasiswanya dapat menerima materi yang berkesinambungan dan memiliki pemahaman dasar yang sama dengan mahasiswa lain yang memang berasal dari jurusan administrasi.

Etika Administrasi Publik

Seperti disebutkan di atas, salah satu hal penting yang dipelajari di jurusan ini adalah etika administrasi publik. Mengapa disebut penting?

Kita sekarang tahu jurusan administrasi ini mempelajari negara serta kepentingan publik. Kita juga sudah memahami bahwa birokrasi publik pada hakekatnya adalah pelayanan pada masayarakat.  Tapi faktanya banyak birokrat pemerintah yang justru tidak punya kompetensi dan akuntabilitas untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam melayani publik. Nah, di sinilah kenapa para birokrat sewajarnya harus memahami etika yang baik. 

Adapun nilai-nilai yang diajarkan dalam etika administrasi meliputi: 

1. Nilai efisiensi (tidak boros)

2. Nilai membedakan milik pribadi dan kantor

3. Nilai impersonal (tidak mengutamakan kepentingan pribadi)

4. Nilai merytal system (tidak KKN). 

5. Nilai tanggung jawab

6. Nilai akuntabilitas

7. Nilai responsivitas

Jadi sekurangnya dengan nilai-nilai tersebut, ada dua fungsi etika administrasi publik, yaitu sebagai pedoman dan acuan bagi administrator publik dalam menjalankan tugasnya, kemudian sebagai standar penilaian perilaku dan tindakan administrator publik. Makin menarik, kan? 

Lalu gimana dengan skripsinya? Sulitkah mencari judul-judul skripsi untuk syarat kelulusan? Tenang, gak perlu bingung. Ada banyak contoh skripsi yang bisa kamu jadikan referensi. Apa saja? 

Contoh Skripsi Administrasi Publik Terbaru
  1. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak X )
  2. Pengawasan DPRD Padang Lawas Terhadap Pelaksanaan APBD Tahun 2010
  3. Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor X)
  4. Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kecamatan X Kabupaten X)
  5. Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dalam Meningkatkan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Pada Tata Ruang, Perumahan dan Pemukiman Pemerintah Kota X.
  6. Analisis Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 41 tentang Organisasi Perangkat Daerah di Kota X ( Studi Pada Kantor Walikota X)
  7. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt X)
  8. Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota X dalam Mengelola Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima di Depan Rumah Sakit X)
  9. Implementasi Perencanaan Pembangunan Perumahan Dalam Meyediakan Hunian Yang Layak Di Kota X (Studi Kasus Pada Program Perbaikan Atap, Lantai Dan Dinding / ALADIN di X)
  10. Peranan Kantor Administrator Bandar Udara dalam Pengawasan Keselamatan Penerbangan (Studi Pada Kantor Administrator X Polonia Medan).
  11. Pengaruh Sistem Komputerisasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten X
  12. Tata Cara Penyelesaian Administrasi Pemindahan Nomor Pokok Wajib Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak X)

Tentunya masih banyak contoh-contoh skripsi lainnya yang tentu saja tidak bisa ditulis semua di sini. Namun karena jurusan Administrasi Publik merupakan salah satu jurusan populer, 

Prospek Kerjanya Oke Nih!

Prospek kerja administrasi publik tentu tidak terbatas di birokrasi pemerintah saja. Walaupun memang seorang lulusan Administrasi Publik punya bekal yang mumpuni untuk menjadi anggota legislatif. 

Masih banyak profesi lain yang cocok seperti seperti jurnalis politik, aktivis, maupun anggota partai politik. Untuk mereka yang melanjutkan jenjang pendidikan hingga S2 atau S3 juga bisa menjadi dosen atau bahkan konsultan administrasi negara.

Nah, cerahnya prospek kerja lulusan administrasi publik inilah yang menjadi alasan kenapa jurusan ini cukup diminati mahasiswa di Indonesia. Bagaimana dengan kamu? Tertarik? 

Daftar Kampus Terbaik

Untuk kamu yang tertarik kuliah mengambil jurusan Administrasi Publik, ada beberapa kampus terbaik yang bisa kamu pilih. Berikut daftar kampus terbaik yang membuka jurusan tersebut:

1. Universitas Brawijaya (UB), Malang

2. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung

3. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

5. Universitas Andalas (UNAND), Padang

6. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

7. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar

8. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur

9. Universitas Katolik Parahyangan Bandung (UNPAR), Bandung

Itu tadi beberapa kampus terbaik yang bisa jadi pilihan kamu jika ingin kuliah Administrasi Publik. Penasaran dengan jurusan lain? Kunjungi artikel goKampus lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai jurusan yang kamu incar.

Kamu semakin tertarik untuk ambil kuliah di jurusan tersebut? Jangan lupa mengasah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja nanti. Soft skill yang enggak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh.

Apalagi kalau kamu tertarik menjadi psikolog nantinya, kamu harus punya soft skill yang baik. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, plus dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *