tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern adalah
Kategori Kelas

4 Tindakan Berikut Ini Dilakukan Dalam Bioteknologi Modern

Untuk kamu yang tertarik dengan bioteknologi modern, mungkin kamu masih bertanya-tanya, apa saja sih persiapan untuk terjun ke bidang tersebut? Nah, tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern adalah sebagai berikut.

Menggunakan Prinsip Ilmiah

Bioteknologi modern adalah sebuah cabang ilmu, jadi wajar saja jika kamu harus menerapkan prinsip ilmiah jika ingin terjun ke dalamnya. Misalnya, peneliti harus memahami langkah ilmiah yang akan berjalan. Tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern yang harus dimiliki peneliti adalah:

  1. Mengidentifikasi dan merumuskan masalah
  2. Menyusun kerangka penelitian
  3. Menguji hipotesis
  4. Menarik kesimpulan

Menggunakan Sifat Ilmiah, Bagian Yang Dilakukan Dalam Bioteknologi Modern

Selain prinsip ilmiah, kamu harus memiliki sifat dasar seorang ilmuwan seperti skeptis alias tidak mudah percaya pada segala sesuatu, karena adanya keyakinan bahwa segala sesuatu bersifat tidak pasti. Meski skeptis, kamu juga harus tetap terbuka terhadap adanya pemikiran dan pandangan lain, dan tidak berpuas diri sehingga selalu haus mencari ilmu-ilmu dan penemuan baru.

Bioteknologi Modern Gak Jalan Sendirian

Bioteknologi modern merupakan sebuah cabang ilmu yang berkembang dari bioteknologi konvensional. Berhubung ilmu ini relatif baru, wajar jika bioteknologi modern tidak mengandalkan ilmu biologi semata, tapi juga menggabungkan ilmu terapan lain seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan sebagainya.

Dalam menciptakan tanaman unggul, misalnya. Seorang pakar bioteknologi modern harus bisa berkolaborasi dengan para ilmuwan dari berbagai bidang studi lain seperti genetika, kimia, dan biologi molekular untuk menemukan varietas jagung baru yang tahan hama, pestisida, serta memiliki berbagai sifat unggul seperti berukuran besar dan memiliki rasa yang manis.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Modern

Menggunakan Peralatan Canggih

Dalam dunia bioteknologi modern, kamu sudah pasti akan berurusan dengan berbagai perlengkapan canggih pendukung seperti komputer. Eits, bukan komputer sembarangan loh. Contohnya, untuk mengurai DNA kamu memerlukan super komputer dengan komputasi yang jauh lebih tinggi dari komputer rumahan.

Selain itu, mikroskop yang beroperasi bukan hanya mikroskop optik yang ada di laboratorium sekolah, tapi mikroskop elektron yang super canggih.

Gimana? sudah siap menjadi seorang pakar bioteknologi modern? Menjadi ahli yang ilmunya bermanfaat untuk kebaikan manusia? Yang pasti, semua informasi tentang kuliah bioteknologi modern bisa kamu cari di goKampus. Yuk, langsung cari tahu di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *