kementerian pertanian
Tips Belajar

Sejarah Kementerian Pertanian, Ternyata Sudah Eksis Sejak Zaman Belanda

Sebagai negara agraris, wajar kalau Indonesia memiliki Kementerian Pertanian. Ternyata, tugas kementerian yang satu ini sudah ada sebelum negara ini berdiri, tepatnya sejak zaman penjajahan Belanda! Lama juga ya? Kita bahas yuk.

Sejarah Kementerian Pertanian

Awal Kementerian Pertanian terjadi pada 1 Januari 1905, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Departemen Pertanian. Gak tanggung-tanggung, keputusan ini merupakan instruksi langsung dari Raja Belanda, berdasarkan Surat Keputusan Raja Belanda No. 28 tanggal 28 Juli 1904 (Staatsblaad No. 380).

Wajar saja jika Belanda menginginkan pertanian di negeri jajahannya lebih terurus. Letak Indonesia yang strategis di garis khatulistiwa, udaranya yang berjenis tropis, serta tanahnya yang subur akibat banyaknya rentetan gunung berapi membuat negeri ini begitu kaya akan sumber daya pertanian. 

Menilik lebih jauh lagi, itulah sebabnya orang-orang Eropa begitu bernafsu ingin menguasai Nusantara sejak berabad-abad lalu.

Pada 1905, nama Departemen Pertanian adalah Departement van Landbouw. Lalu pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), nama departemen ini berubah menjadi Gunseikanbu Sangyobu.

Ketika Indonesia merdeka, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, langsung gercep mengurus pertanian di negeri ini. Dua hari setelah proklamasi kemerdekaan RI, negara langsung mengurus sektor pertanian. Hanya saja, waktu itu urusan pertanian menjadi satu dengan perdagangan dan perindustrian dengan nama Kementerian Kemakmuran. Menteri Kemakmuran yang pertama adalah Ir. Pandji Soerachman Tjokroadisoerjo.

Saat ini, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (kependekannya Kementan RI) adalah kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pertanian, di mana seorang Menteri Pertanian menjadi pimpinannya. Saat ini, pimpinan Menteri Pertanian adalah Syahrul Yasin Limpo.

Kementan sendiri mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertanian dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Baca Juga: Hari Krida Pertanian, Saatnya Anak Muda Turut Memajukan Pertanian Nasional

Apa Saja Fungsi dan Tugas-Tugasnya?

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertanian
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementan
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementan
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Pertanian di daerah
  5. Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional

Gimana menurutmu tentang fungsi Kementerian Pertanian? Tertarik bekerja di Kementan? Kamu bisa ambil jurusan pertanian dan daftar kuliahnya di goKampus! Gampang banget caranya. Tinggal upload rapor, 1 jam langsung diterima. Penasaran? Yuk, saatnya daftar kuliah instan di sini.

Sambil mempersiapkan diri saat kuliah dan terjun ke dunia kerja, kamu bisa ambil kelas Nanyang Technological University Singapore di goKampus, terutama kelas Managing Business Strategy. Kelasnya bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau, ada promo diskon up to 65%. Menarik kan? Yuk, cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *