seni rupa
Kategori Kelas

Belajar Ilmu Seni Rupa Yuk! Cocok Buat Kamu yang Suka Estetika Tinggi

Dalam era kekinian, ternyata banyak kalangan yang berminat dengan seni rupa loh. Apalagi anak muda yang menyenangi segala macam hal dengan unsur estetika tinggi.

Contohnya sebagian generasi muda yang senang memotret dengan film 35mm karena mereka menganggap medium film analog punya perbedaan estetis ketimbang kamera digital. Beberapa memilih untuk mendesain kamarnya dengan nilai estetis tinggi, dengan memajang berbagai hiasan. Ada juga yang memang hobi menggambar/melukis sejak kecil.

Atau kamu sekadar senang nongkrong dan berfoto di kafe yang estetik agar feed Instagram kamu juga punya nilai estetika tinggi? Itu juga merupakan sebuah indikasi bahwa kamu tertarik dengan bidang ini. Hiasan-hiasan, arsitektur kafe, hingga foto dengan estetika tinggi itu merupakan hasil jerih payah para jagoan seni rupa.

Baca Juga: Sekilas Seni Rupa, Dari Jenis, Prinsip, Hingga Unsur-Unsurnya

Apa Itu Seni Rupa?

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya dengan media berbentuk fisik, di mana mata bisa menangkap dan dirasakan dengan rabaan. Penciptaan seni rupa terjadi ketika seorang seniman mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Dari segi wujud dan bentuk, ilmu ini terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Dua dimensi hanya memiliki panjang dan lebar saja, contohnya lukisan dan fotografi. Sementara, tiga dimensi memiliki panjang, lebar, serta ruang, contohnya patung.

Dari segi proses penciptaannya, ilmu ini terbagi lagi menjadi dua tipe, yaitu seni rupa murni dan terapan.

Proses penciptaan seni rupa murni lebih fokus pada ekspresi jiwa, misalnya lukisan. Sementara, proses penciptaan terapan memiliki tujuan dan fungsi tertentu, misalnya seni kriya seperti pembuatan kursi dari rotan. Ada dua jenis seni terapan, yaitu desain dan kriya.

Seni Murni

Istilah seni murni merupakan seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam bahasa Inggris, seni murni disebut sebagai fine art. Namun, dalam dunia ilmu modern, istilah fine art bergeser menjadi seni rupa murni yang digabungkan dengan desain atau kriya. Ilmu ini terdiri dari:

1. Seni lukis

2. Seni grafis

3. Seni patung

4. Seni instalasi

5. Seni pertunjukan

6. Seni keramik

7. Seni film

8. Seni koreografi

9. Seni fotografi

Desain

Desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni murni. Sehingga, desain bukan hanya pada nilai estetik, tetapi juga aspek fungsi dan latar industri secara massa. Makanya, penggunaan desain bukan hanya dalam dunia seni saja, tetapi juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dan sebagainya. Desain sendiri terdiri dari.

  1. Arsitektur
  2. Desain grafis
  3. Desain komunikasi visual
  4. Interior
  5. Busana
  6. Produk
Kriya

Seni kriya atau kerajinan tangan adalah kegiatan seni yang fokus pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ada di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga memiliki nilai estetika.

Seni Kriya sendiri terdiri dari:

  1. Tekstil
  2. Kayu
  3. Keramik
  4. Rotan
  5. Logam
  6. Kulit
  7. Bambu

Gimana? Tertarik gak nih untuk berkarier di bidang seni? Kamu bisa kuliah di jurusan seni di universitas favoritmu di platform goKampus ya! Dapatkan beasiswa total Rp10 miliar dan DISKON UP TO 65% bagi kamu yang daftar kuliah melalui Instant Approval aplikasi goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *