belajar seo
Tips Belajar

Sebelum Belajar SEO, Yuk Pahami Wawasan Penting Berikut Ini!

Gak ada kata terlambat untuk belajar guys! Termasuk juga belajar SEO. Ilmu ini penting banget buat kamu yang punya bisnis, ataupun baru mau buat bisnis. Terlebih di era digital sekarang persaingan semakin ketat. Kamu harus memiliki banyak strategi dan taktik agar bisnismu bisa bersaing di pasaran. Memang sih SEO itu gampang-gampang susah, namun, jika kamu sudah terbiasa maka akan terasa mudah. Nah, apa aja sih yang harus kita lakukan kalau ingin belajar SEO? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Kenapa Harus Belajar SEO?

Sederhananya, SEO atau search engine optimizer, adalah sebuah usaha untuk mengoptimasi website bisnismu agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian di Google. Sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan website-mu melalui kata kunci yang mereka ketik. SEO dinilai penting karena umumnya pengguna internet akan cenderung membuka suatu situs, yang terletak paling atas di halaman utama pencarian. Hal ini tentu akan memengaruhi traffic suatu website.

Singkatnya, dengan SEO akan memudahkanmu memasarkan bisnis, meningkatkan pelanggan, dan reputasi. Dilansir dari Cognitive SEO, penggunaan SEO adalah investasi yang menjanjikan untuk keberhasilan bisnismu di masa mendatang.

Pemahaman Sebelum Belajar Lebih Lanjut!

Sebelum mulai mempelajari SEO, kamu harus paham terlebih dahulu komponen-komponen utama yang ada dalam SEO. Karena faktor-faktor ini lah yang dapat menentukan ranking sebuah website di mesin pencarian. Melansir Niagahoster dan Akudigital ini beberapa hal terkait SEO yang harus kamu pahami.

1. Kenali dan pahami konsep dasar SEO

2. Riset kata kunci (keyword)

3. Membuat konten yang berkualitas

4. Analisa kompetitor dan pasar lokal

5. On-page SEO

6. Off-page SEO

7. Teknik SEO

8. Link building

9. Meningkatkan EAT (expertise, authority, trustworthiness)

10. Audit performa SEO

Di Mana Belajarnya?

Tenang, kamu tidak perlu bingung mencari tempat untuk belajar SEO, karena saat ini sudah banyak sekali sumber-sumber yang bisa kamu jadikan bahan pembelajaran SEO. Kamu bisa belajar dari YouTube, blog, hingga artikel-artikel terpercaya yang membahas SEO. Bahkan kamu juga bisa mengikuti berbagai forum SEO loh, baik untuk meningkatkan kemampuan hingga membantu menyelesaikan masalah seputar SEO. Beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk bergabung di forum SEO.

1. Kamu Bisa Mendapatkan Informasi SEO Gratis Loh!

Karena biasanya sebuah forum akan memberikan akses kepada siapapun yang ingin bergabung. Nah jika sudah bergabung, maka kamu bisa menggali banyak informasi seputar SEO dari yang sudah berpengalaman. Makanya kamu juga dituntut untuk aktif bertanya ataupun berkomunikasi dengan yang lainnya. Karena dengan begitu, kamu tidak akan melewatkan informasi yang tengah didiskusikan. Namun, perlu kamu ingat bahwa jangan semua informasi kamu telan mentah-mentah ya. Tetap saring dan cari tahu kebenarannya lagi.

2. Personal Branding Dan Meningkatkan Brand Awareness

Di forum ini kamu juga bisa menciptakan personal branding, alias seperti apa dirimu ingin dilihat oleh yang lainnya. Usahakan untuk aktif memberikan saran atau solusi ketika ada yang bertanya. Dengan begitu orang lain akan melihatmu sebagai ahli di bidang tertentu. Kamu juga bisa memperkenalkan website bisnismu di sini loh, dengan begitu semakin banyak orang yang tahu brand yang kamu buat.

3. Memperluas Jaringan Sosial (Networking)

Karena terdiri dari banyak orang, kamu pun bisa berkenalan dan bertukar informasi satu sama lain. Ingat, relasi adalah salah satu hal penting dalam berbisnis. Karena dengan memiliki relasi yang luas, kamu bisa mendapatkan banyak dukungan, kritik, serta saran dari orang-orang yang lebih ahli.

Ada Forumnya Loh!

Melansir dari situs Hostinger, ada beberapa alternatif forum terbaik yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skill SEO. Diantaranya ada Google Webmaster Help Community, Warrior Forum, SEO Chat Forums, V7N Webmaster Forum, Wicked Fire, Digital Point, Black Hat World, Reddit (subkategori SEO), dan Quora.

Jika ingin mempelajari SEO, tentunya kamu juga harus selalu up to date dengan berbagai macam perkembangan algoritma search engine. Asalkan tekun dalam mencari informasi dan sumber terpercaya dalam belajar SEO, kamu pasti akan semakin jago!

Gimana? Sudah siap belajar SEO lebih jauh? Kamu bisa belajar lebih banyak dan meningkatkan skill SEO kamu dengan ikutan kursus online di goKampus! Kursus online di goKampus, dapat skill, dapat juga sertifikat siap kerja dari Singapura! Butuh info detail? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *