pakar seo
Tips Belajar

Tips Memilih Pakar SEO Untuk Bisnismu, Cek Selengkapnya!

Berkecimpung di dunia bisnis memang gak mudah, khususnya di era digital sekarang ini. Persaingan menjadi semakin ketat. Karena itu strategi yang digunakan pun harus tepat sasaran. Salah satu usaha agar sebuah bisnis dapat sukses adalah dengan melakukan marketing, khususnya melalui dunia digital. SEO adalah salah satu strategi yang populer di kalangan pebisnis. Banyak yang rela mengeluarkan dana besar untuk mempelajari SEO, hingga menyewa jasa seorang pakar SEO. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, yuk kita kulik lebih jauh.

Pahami Apa Itu SEO

Sebelum menentukan langkah lebih jauh, pahami terlebih dahulu apa itu SEO dan kegunaannya untuk bisnismu. SEO atau search engine optimizer, adalah upaya untuk mengoptimasi website bisnismu agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian di Google. Sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan website-mu melalui kata kunci yang mereka ketik.

Menjadi peringkat teratas di hasil pencarian pastinya memiliki banyak keuntungan bagi sebuah website, seperti meningkatkan traffic pengunjung. Jika traffic pengunjung meningkat, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui produk jualanmu, dan brand dapat semakin dikenali. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Karena dalam bisnis SEO sendiri bertujuan agar para audiens, atau calon pembeli bisa dengan mudah mengetahui produk yang kamu tawarkan.

Apakah Kamu Membutuhkan Pakar SEO?

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kamu bayangkan betapa pentingnya SEO dalam bisnis di dunia digital. Namun karena dianggap sulit, banyak pebisnis yang akhirnya memtuskan menggunakan jasa pakar SEO. Melansir dari website IDCloudHost, pakar SEO adalah ahli SEO yang memiliki kemampuan untuk menganalisis, meninjau, meningkatkan kinerja website serta rangking dalam hasil pencarian. Selain menghemat waktu, menggunakan jasa mungkin dapat meningkatkan rangking website kamu. Akan tetapi harus diingat, hal ini juga beresiko tinggi untuk website dan reputasimu. Umumnya, dilansir dari Google Developers seorang pakar SEO akan memberikan beberapa layanan seperti di bawah ini.

1. Meninjau konten dan struktur website

2. Memberikan saran teknis tentang pengembangan website, misalnya hosting, pengalihan halaman error, dan penggunaan JavaScript

3. Pengembangan konten

4. Manajemen dan pengembangan bisnis online

5. Riset kata kunci

6. Meninjau target market yang sesuai dengan bisnis online

7. Memberikan pelatihan terkait SEO

Gimana Cara Memilihnya?

Pasti kamu gak mau sembarangan untuk mengurus website bisnis kamu dong. Jika salah memilih, alih-alih berkembang, website kamu malah jadi berantakan. Makanya coba deh simak tips dari Google Developers berikut ini.

1. Wawancarai Calon Pakar SEO

Hal ini berguna apakah kamu dan pakar SEO mu memiliki visi dan misi yang sama. Beberapa pertanyaan yang diajukan bisa seputar portofolio atau contoh hasil kerja sebelumnya, sejak kapan ia terjun ke dalam dunia SEO, teknik terpenting dalam SEO, apakah dia mengikuti aturan Google Webmaster, apakah dia tertarik pada bisnis yang kamu buat, bagaimana cara menghubunginya, dan berbagai macam lainnya. Ingat, tidak ada yang bisa menjamin sebuah website akan langsung menjadi peringkat teratas di mesin pencari.

2. Cari Tahu Dari Pandangan Orang Lain

Kamu bisa bertanya dari klien sebelumnya untuk memastikan lagi seperti apa calon pakar SEO. Misalnya, mendapatkan layanan apa saja, gimana hasil kerjanya, hingga apakah calonnya enak untuk diajak kerja sama.

3. Minta Website-mu Untuk Di Audit

Minta calon pakar SEO untuk mempelajari website yang telah kamu buat. Setelah itu kamu bisa menanyakan apa tanggapannya, strategi apa saja yang perlu dilakukan untuk pengembangan website, dan hasil seperti apa yang diharapkan nantinya.

4. Pastikan Kamu Siap Dan Mau Berkomitmen

Ketika menerapkan segala perubahan dan saran yang direkomendasikan pakar SEO, kamu akan memerlukan banyak waktu dan tenaga. Maka siapkan mentalmu untuk ini.

5. Yakinkan Diri!

Setelah mengetahui lebih detail, yakinkan diri sekali lagi apakah kamu ingin memakai jasa pakar SEO atau tidak. Jika iya, maka pilihlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Gimana? Sudah menentukan jasa pakar SEO atau kamu ingin menjadi pakar SEO? Kamu bisa belajar dulu dari basic ya! Caranya? Ikutan kursus SEO online di goKampus!

Di goKampus kamu juga bisa meningkatkan skill bisnismu dengan ikutan kursus profesional sertifikasi siap kerja. Bekerjasama dengan Nanyang Technological University (NTU), kampus terbaik di Singapura, kamu bisa mendapatkan sertifikat NTU secara online dari rumah! Penasaran? Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *