Kuliah di luar negeri bukan hanya menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang menjalaninya, tetapi juga memiliki perjalanan karir yang berbeda dibandingkan kuliah di dalam negeri. Entah itu karena faktor bahwa perusahaan besar ada di luar negeri ataupun kemampuan berbahasa Inggris, sebagian besar para petinggi atau pemimpin perusahaan merupakan lulusan kampus luar negeri.

Jikapun para lulusan universitas luar negeri merintis bisnis, mereka jauh lebih cepat dan besar lantaran kekuatan dukungan baik dari segi permodalan maupun jaringan. Sebut saja salah satunya adalah aplikasi online transportasi.

Baca Juga: Ingin Beasiswa Kuliah di Luar Negeri? Ini Kuncinya!

Tantangan dalam membangun karir tersebut membuat kuliah di luar negeri menjadi impian sebagian besar para lulusan SMA dan setingkatnya di dalam negeri. Mungkin termasuk diri kamu sendiri.

Melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri tentu memang bukan hal mudah. Namun, biaya kuliah yang mahal dan biaya hidup serta lain sebagainya bukan menjadi penghalang untuk mewujudkan impian tersebut. Pasalnya, beragam program beasiswa ditawarkan dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi biaya kuliah di luar negeri.

Bukan hanya soal karir, kuliah di luar negeri juga memberikan keuntungan lain. Berikut ini 3 keuntungan kuliah di luar negeri. Sekaligus juga alasan kuat mengapa kamu harus kuliah di luar negeri.

Budaya dan Etos Kerja Profesional

Manfaat pertama sekaligus jadi alasan mengapa kamu disarankan untuk kuliah di luar negeri adalah budaya dan etos kerja profesional. Seperti diketahui bersama bahwa budaya dan etos kerja di luar negeri, sangatlah disiplin. Jika tidak mampu beradaptasi, kamu tentu akan kesulitan dalam meniti karir.

Sangat berbeda tentunya dengan budaya dan etos kerja di dalam negeri-bukan berarti merendahkan. Karena faktanya terlepas dari Indonesia masih negara berkembang, tapi budaya dan etos kerja masih dengan tingkat kedisiplinan yang rendah.

Buktinya bisa dilihat dari beberapa Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang masih saja terlambat datang. Bayangkan, mereka itu sudah bekerja di lembaga pemerintahan, namun masih saja ada kata terlambat. Bahkan juga banyak yang absen ketika setelah merayakan hari besar, seperti lebaran.

Membentuk Mental dan Kemandirian

Mengapa kuliah di luar negeri itu menjadi hal penting adalah karena membentuk mental dan kemandirian. Bagaimana tidak, kamu akan tinggal jauh di negeri orang, dengan suasana dan budaya yang berbeda. Terlebih lagi kalau tidak punya saudara atau keluarga di sana.

Kuliah di luar negeri tidak dapat disamakan dengan kuliah di luar kota. Dua hal yang memang sama-sama kuliah tidak di tempat asal, namun tentang budaya, makanan, dan lain sebagainya sangatlah berbeda.

Sehingga ketika tidak betah atau ingin pulang, tentu tidak semudah seperti kuliah di luar kota. Inilah mengapa kuliah di luar negeri akan membentuk mental kamu lebih kuat, sekaligus juga kemandirian yang begitu tinggi, mengingat tidak bergantung pada orang lain.

Memperluas Jaringan

Dan keuntungan ketiga sekaligus jadi alasan kuat untuk kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri adalah memperluas jaringan. Tidak hanya dari satu negara, tetapi juga dari berbagai negara.

Jaringan yang luas tentu akan memberikan keuntungan besar dalam menunjang karir di masa depan setelah lulus kuliah nanti. Untuk itulah, berkenalan dengan mahasiswa lain dari berbagai negara menjadi hal penting.

Aplikasi goKampus buat urusan kampus beres. Download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Ragam informasi seputar event kampus, dana pendidikan, magang, dan promo mahasiswa tersaji secara lengkap dan menarik. Proses pendaftaran kuliah pun bisa dilakukan. Selain itu, berkesempatan juga meraih beasiswa kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like