Selain Amerika Serikat dan Australia, Inggris menjadi salah satu negara tujuan pendidikan bagi sebagian besar para pelajar Indonesia yang berencana untuk kuliah di luar negeri. Salah satu alasannya adalah karena kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Tidak perlu lagi diragukan mengenai kualitas pendidikan di Inggris. Terbukti, negara yang terkenal dengan ikon jam Big Ben tersebut telah melahirkan para ilmuwan dan professor yang berjasa bagi perkembangan zaman.

Inggris menghadirkan lebih dari ratusan universitas, institute dan sekolah tinggi dengan kualitas terbaik. Masing-masing lembaga pendidikan tinggi tersebut menyediakan program studi yang berbeda-beda.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Memilih Jurusan Kuliah di Inggris

Setiap perguruan tinggi terus melakukan perbaikan baik dari segi tenaga pengajar, gedung perkuliahan hingga sarana dan prasarana. Inilah mengapa tidak sedikit pelajar dari berbagai belahan dunia memilih Inggris sebagai negara tujuan pendidikan, termasuk juga pelajar asal Indonesia.

Dari banyaknya pilihan perguruan tinggi tersebut tentunya membuat kamu bingung dalam menentukan mana yang terbaik untuk dijadikan sebagai universitas tujuan. Dan berikut ini setidaknya daftar 5 universitas terbaik di Inggris untuk membantu kamu dalam memilih perguruan tinggi di Inggris.

Oxford University menempati urutan pertama. Perguruan tinggi ini tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, mengingat Oxford University banyak diperbincangkan oleh banyak pelajar di Indonesia.

Di urutan kedua, ditempati oleh Cambridge University. Sama halnya dengan Oxford University, perguruan tinggi yang satu ini juga menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pelajar Indonesia yang berencana kuliah di Inggris.

University College London, Imperial College London, dan Edinburgh University, secara berturut-turut melengkapi daftar 5 besar universitas terbaik di Inggris. Dari 5 nama tersebut, apakah salah satunya adalah universitas impian kamu? Atau masih bingung bagaimana memilih kampus terbaik untuk tempat studi di Inggris? Berikut 3 tips suksesnya!

1. Tentukan Universitas Berdasarkan Ketersediaan Jurusan

Tips pertama dalam memilih universitas di Inggris adalah tentukan berdasarkan ketersediaan jurusan. Pasalnya telah diinformasikan sebelumnya bahwa setiap universitas menyediakan program studi yang berbeda-beda.

Pastikan jurusan yang sudah kamu pilih tersedia di perguruan tinggi tujuan. Apabila tidak tersedia, tentu saja kamu harus kembali mencari universitas lain yang menyediakan pilihan jurusan kamu tersebut.

Seperti misalnya kamu memiliki minat dan bakat dalam bidang menulis dan ingin meningkatkan kemampuan tersebut, kamu dapat memilih jurusan creative writing. Universitas di Inggris yang menyediakan prodi tersebut adalah Cambridge University dan Durham University.

2. Didasari Profesor Pendukung Dalam Penelitian

Alasan mengapa harus disesuaikan dengan professor adalah karena sosok tersebutlah yang akan membimbing kamu dalam menghasilkan sebuah penelitian yang berkualitas. Itulah mengapa memilih universitas berdasarkan professor pendukung juga patut diperhatikan.

Professor hebat di berbagai perguruan tinggi di Inggris tentu saja jumlahnya tidak sedikit, namun bukan berarti semua professor tersebut akan cocok dengan jenis penelitian yang akan kamu lakukan.

3. Memilih Universitas di Inggris Berdasarkan Ranking

Dan tips terakhir bagi kamu yang kesulitan memilih universitas di Inggris adalah didasari akan ranking perguruan tinggi. Ranking dari sebuah perguruan tinggi dapat menentukan seberapa berkualitas kampus tersebut.

Berdasarkan data QS World University Rankings, 4 universitas Inggris masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di dunia. Keempat lembaga pendidikan tinggi tersebut adalah Oxford University, Cambridge University, University College London dan Imperial College London. Patut pula diperhatikan ranking dari sebuah perguruan tinggi di Inggris.

Ingin urusan kampus beres hanya dalam genggaman tangan? Langsung aja download aplikasi aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui goKampus, kamu berkesempatan untuk meraih beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Tidak hanya itu, proses pendaftaran kuliah pun juga bisa dilakukan dan hemat 80%. Kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan, mengikuti berbagai program magang dan membuat acara kampus yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like