Sekolah Tinggi Theologia (S.T.T) Duta Wacana merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada tahun 1985. Berdirinya UKDW ini sebagai pengembangan S.T.T. Duta Wacana.

S.T.T. Duta Wacana itu sendiri telah berdiri 23 tahun sebelumnya, lebih tepatnya di tahun 1962. Sekolah ini merupakan penggabungan antara Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang dengan Akademi Theologia Jogjakarta.

Baca Juga: Apa Sih Manfaat Kuliah? Ini Jawabannya!

Harapan gereja-gereja untuk meningkatkan mutu pendidikan terhadap para pelayan jemaatnya melalui pendidikan tinggi yang setera dengan universitas merupakan latar belakang berdirinya S.T.T. Duta Wacana.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, S.T.T. Duta Wacana bergabung dalam The Assosiation for Theological Education in South East Asia (ATESEA) pada tahun 1982. Hasilnya, S.T.T. Duta Wacana memperoleh akreditasi dengan peringkat terbaik di Asia Tenggara.

Seiring waktu berjalan, S.T.T. Duta Wacana telah mendapatkan pengakuan dari pihak pemerintah. Peningkatan status tersebut terjadi pada tahun 1983, dari sebelumnya hanya “terdaftar” menjadi “diakui”.

Pada awalnya, S.T.T. Duta Wacana didirikan oleh lima gereja. Namun beberapa gereja memutuskan untuk bergabung untuk memberikan dukungan. Sebut saja diantaranya Sinode Gereja Kristen Jawa, Sinode Gereja Krsiten Indonesia Jawa Timur, Sinode Gereja Kristen Indonesia Jawa Tengah, hingga Majelis Agung Gereja Kristen Jawi Wetan.

Gereja-gereja pendukung pun bertambah banyak. Mulai dari Sinode Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan, Sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat, Sinode Gereja Kristen Pasundan, hingga Sinode Gereja Kristen Protestan di Bali.

Cikal Bakal Berdirinya UKDW Yogyakarta

Untuk menjawab kebutuhan akan pendidikan tinggi dalam rangka Pembangunan Nasional, gereja-gereja pendiri dan pendukung memutuskan untuk memperluas S.T.T. Duta Wacana. Hingga pada akhirnya tanggal 31 Oktober 1985, berdirilah Universitas Kristen Duta Wacana atau juga dikenal dengan UKDW Yogyakarta.

Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur dan Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen menjadi dua fakultas yang dihadirkan oleh UKDW Yogyakarta pada tahun pertama. Berselang satu tahun kemudian, Fakultas Teknik membuka program studi baru, yakni Jurusan Teknik Informatika.

Pada tahun 1987, berdirilah Fakultas Biologi dengan prodi pertamanya adalah Jurusan Biologi Lingkungan. Empat tahun kemudian, UKDW Yogyakarta membuka program Pasca Sarjana Theologia jenjang Magister atau S2.

Fakultas Ekonomi kembali membuka prodi baru di tahun 2000, adalah Jurusan Akuntansi. Dan lima tahun berselang, giliran Fakultas Teknik yang mendirikan dua prodi sekaligus, yakni Desain Produk dan Sistem Informasi.

Program Pendidikan di UKDW Yogyakarta

Tidak sampai di jenjang S1 dan S2, UKDW memutuskan untuk menghadirkan jenjang S3 alias Doktor pada tahun 2006 dengan nama program Indonesia Consortium for Religious Studies (ICRS). Ini tidak terlepas dari pembentukan konsorsium studi antar agama bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Tiga tahun berselang, Universitas Kristen Duta Wacana akhirnya membuka Fakultas Kedokteran dengan menawarkan dua prodi sekaligus, yakni Profesi Dokter dan Pendidikan Dokter. Tahun 2010, jenjang S3 UKDW bertambah dengan hadirnya Fakultas Teologi.

Di tahun 2014, UKDW kembali menawarkan program studi baru dengan nama Jurusan Kajian Konflik dan Perdamaian untuk jenjang Magister alias S2. Jurusan ini tergabung pada Fakultas Teologi.

Program studi Magister Arsitektur yang tergabung di Fakultas Arsitektur dan Desain dihadirkan oleh UKDW Yogyakarta pada tahun 2015. Setahun berlalu, Program Studi Magister Manajemen juga hadir di Fakultas Bisnis. Begitu juga dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Secara total, Universitas Kristen Duta Wacana memiliki 6 fakultas, yakni Kedokteran, Teknologi Informasi, Bisnis, Bioteknologi, Arsitektur, dan Teologi. Dengan 17 program studi yang ditawarkan, mulai dari jenjang S1 hingga S3.

Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Urusan kampus beres! Mulai dari proses pendaftaran kuliah yang mudah, kesempatan meraih beasiswa kuliah, hingga ragam informasi seperti acara kampus, dana pendidikan, dan magang serta promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like