Kuliah S2 keluar negeri merupakan mimpi bagi sebagian orang. Tak hanya mampu mendapatkan pengalaman baru mengenyam pendidikan di negeri orang, studi serta ilmu yang didapatkan dengan pendidikan pascasarjana di luar negeri tentu berbeda dibandingkan di dalam negeri. Namun, menempuh kuliah S2 luar negeri membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk itulah banyak beasiswa S2 luar negeri yang disediakan agar kamu tetap bisa mengenyam pendidikan S2 di luar negeri tanpa perlu mengkhawatirkan biaya yang membengkak.

Untuk kamu yang tengah berburu beasiswa S2 untuk kuliah luar negeri, berikut daftar program beasiswa S2 luar negeri terbaik yang bisa dicoba:

1. Beasiswa Fulbright

Program beasiswa pascasarjana di luar negeri pertama adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa S2 luar negeri ini dibuka untuk kamu yang ingin melanjutkan studi pascasarjana baik S2 ataupun S3 di universitas-universitas di Amerika Serikat. Diadakan setiap tahunnya, program beasiswa ini telah melahirkan sarjana S2 dan S3 dari siswa-siswa dari berbagai negara.

2. Beasiswa Australia Awards

Australia Awards Scholarship merupakan program beasiswa S2 luar negeri yang sudah tak lagi asing bagi para mahasiswa di Indonesia. Setiap tahunnya program beasiswa S2 ini akan memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa-mahasiswa pascasarjana di berbagai negara termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi di universitas-universitas Australia.

3. Beasiswa Chevening

Beasiswa S2 keluar negeri selanjutnya ini cocok untuk kamu yang ingin melanjutkan program pascasarjana di universitas-universitas Inggris. Tak hanya mendapatkan biaya kuliah penuh, program beasiswa Chevening yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris ini juga memberikan tanggungan biaya hidup dan biaya-biaya lainnya untuk menunjang aktivitas pendidikan selama berada di Inggris.

4. Beasiswa Monbukagakusho

Diselenggarakan oleh pemerintah Jepang, program beasiswa S2 luar negeri selanjutnya ini menawarkan tanggungan biaya kuliah penuh bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas yang ada di Jepang.

5. Beasiswa KGSP

Program beasiswa S2 luar negeri lainnya adalah KGSP (Korean Government Scholarship Program) yang diadakan Pemerintah Korea untuk mahasiswa dari berbagai negara yang ingin melanjutkan studi S2 di Korea. Setidaknya telah ada 66 Universitas ternama di Korea Selatan yang tercatat tergabung dalam program beasiswa S2 luar negeri satu ini.  

6. Beasiswa Taiwan ICDF

Program beasiswa Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program adalah beasiswa S2 yang diselenggarakan oleh pemerintah Taiwan. Beasiswa ini ditujukan untuk kandidat internasional yang tertarik untuk meraih gelar S2 di Taiwan. Tak hanya memberikan tunjangan biaya kuliah penuh, berbagai biaya lainnya untuk menunjang hidup dan perkuliahanmu selama di Taiwan juga disediakan program beasiswa S2 luar negeri satu ini.

7. Beasiswa NZAS

Diselenggarakan khusus untuk peserta-peserta dari negara ASEAN, program beasiswa pemerintah Selandia Baru ini bisa jadi pilihan untuk melanjutkan studi S2 di universitas-universitas ternama di Selandia Baru. Program New Zealand Asean Scholarship diselenggarakan setiap tahunnya dan memiliki banyak pilihan program studi dan universitas yang bisa kamu pilih serta ajukan.

8. Beasiswa StuNed

Merupakan kerja sama antar pemerintah Belanda dan Indonesia, program beasiswa S2 StuNed bisa kamu manfaatkan untuk menempuh pendidikan S2 di universitas-universitas yang ada di Belanda dengan biaya penuh yang disponsori oleh kedua belah pihak pemerintah.

9. Beasiswa SISS

Program beasiswa S2 luar negeri selanjutnya adalah Swedish Institute Study Scholarships (SISS) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Swedia. Beasiswa S2 luar negeri satu ini akan memberikan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, dan berbagai biaya lainnya untuk kandidat yang hendak melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas-universitas Swedia.

10. Beasiswa LPDP

Jika program beasiswa S2 luar negeri sebelumnya diselenggarakan oleh pemerintah luar negeri, program beasiswa S2 selanjutnya ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Program beasiswa LPDP memungkinkanmu untuk melanjutkan studi S2 di universitas-universitas terbaik di dunia dengan biaya yang ditanggung penuh oleh pemerintah.

Bagaimana? Sudah temukan program beasiswa S2 luar negeri yang paling pas untuk rencana pendidikanmu? Untuk informasi seputar beasiswa dan pendidikan yang lebih update dengan mudah dan praktis, gunakan aplikasi goKampus yang bisa kamu download di smartphone-mu. Tak cuma info beasiswa, informasi pendaftaran kuliah secara online, pinjaman dana pendidikan, hingga berbagai informasi seputar acara dan kegiatan kampus bisa kamu dapatkan di aplikasi goKampus. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like