prinsip manajemen keuangan
Tips Belajar

Prinsip Manajemen Keuangan yang Wajib Kamu Perhatikan

Tonton Sekarang

Apakah kamu saat ini bekerja di divisi keuangan? Kalau iya, kamu tentu sehari-hari akan berkutat dengan banyak angka dan laporan keuangan. Posisi di divisi keuangan sangat krusial karena segala keputusan yang manajer keuangan ambil, akan berdampak langsung pada perusahaan atau bisnis. Lalu, apa saja prinsip manajemen keuangan yang perlu kamu perhatikan? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

7 Prinsip Manajemen Keuangan

Manajer keuangan yang baik mampu menjalankan prinsip manajemen keuangan. Mengutip dari buku “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan” (2021), ada tujuh prinsip manajemen keuangan yang harus manajer keuangan perhatikan. Apa sajakah itu?

1. Konsistensi (consistency)

Dalam membuat laporan keuangan dari satu periode ke periode berikutnya kamu harus selalu konsisten. Sikap konsisten penting walau ada perubahan ataupun pembaharuan sistem. Sebagai contoh, kamu harus menerapkan metode keuangan yang sama di setiap laporan keuangan yang kamu buat.

Manajemen keuangan yang baik dapat tergambarkan dari laporan keuangan yang konsisten. Jika terdapat hal yang gak sesuai karena manipulasi perhitungan uang misalnya, tentu hal ini dapat berakibat buruk bagi perusahaan.

2. Akuntabilitas (accountability)

Akuntabilitas adalah salah satu prinsip manajemen keuangan dan bentuk tanggung jawab dari manajer keuangan untuk dapat melaporkan keuangan perusahaan. Misalnya, dari mana saja sumber dana perusahaan, penggunaan dana, keputusan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, dan lain sebagainya.

Manajer keuangan memiliki wewenang untuk mengambil setiap keputusan keuangan dan harus melaporkan hal tersebut kepada semua pihak yang memiliki kepentingan terkait dana yang telah terpakai.

3. Kelangsungan hidup (viability), prinsip manajemen keuangan yang gak kalah penting

Prinsip yang satu ini mengukur kemampuan perusahaan menggunakan dana yang telah perusahaan miliki. Jika manajer keuangan salah dalam mengambil keputusan atau langkah stretegis, tentu ini akan berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan.

Jika ada ketidaksesuaian perhitungan yang manajer keuangan dapatkan, perusahaan juga dapat memprediksi atau mengatasi permasalahan itu atau gak. Strategi yang manajer keuangan gunakan sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan.

4. Transparansi (transparency)

Sikap transparansi sangat penting manajer keuangan miliki. Saat banyak pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan, manajer keuangan harus mampu melaporkan kondisi keuangan secara terbuka dan menyeluruh.

Transparansi juga dapat meningkatkan nilai perusahaan, terhindar dari kecurigaan tindakan korupsi, pelanggaran, serta meningkatkan kepercayaan pihak-pihak luar terhadap perusahaan.

5. Integritas (integrity) juga salah satu prinsip manajemen keuangan

Integritas adalah melakukan tindakan yang konsisten sesuai dengan apa yang terucap. Sejatinya, integritas adalah sikap yang terbentuk melalui pengalaman.

Integritas yang baik dalam tim tentu sangat berpengaruh pada kinerja manajemen keuangan. Semuanya pasti akan bahu-membahu untuk melengkapi laporan dan mengatur keuangan perusahaan sehingga gak ada suatu hal yang kurang dalam pelaksanaannya.

6. Pengelolaan (stewardship)

Prinsip ini tentu harus dijalani dan dijaga dengan baik. Pada dasarnya, manajemen keuangan adalah cara mengatur keuangan perusahaan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Pengelolaan yang baik dan benar mampu membuat kelangsungan hidup perusahaan menjadi lebih lancar.

7. Standar akuntansi (accounting standards)

Standar akuntansi merupakan prinsip terakhir yang gak boleh kamu atau manajer keuangan lewatkan. Laporan keuangan adalah bukti nyata dari kinerja manajer keuangan. Meskipun laporan di tiap perusahaan berbeda, namun tetap wajib mengikuti standar akuntasi yang resmi.

Baca Juga: 7 Tujuan Manajemen Keuangan pada Perusahaan dan Bisnis

Itulah beberapa prinsip manajemen keuangan yang harus kamu perhatikan. Sebagai manajer keuangan, kamu tentu harus ketujuh prinsip tersebut. Selain itu, jangan lupa upgrade diri kamu agar menjadi pribadi yang lebih berkembang.

Jika kamu saat ini berkarier di bidang keuangan, tentu harus punya kemampuan komunikasi yang baik, terutama bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kemampuanmu itu, yuk ikutan kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Perbankan dan Keuangan di sini atau Cepat Cakap Inggris untuk Teknik Penjualan dan Bisnis di sini.

Jangan lupa untuk pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan komunikasimu atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *