Perguruan tinggi negeri di Indonesia maupun juga swasta hampir setiap tahunnya tidak pernah absen menyelenggarakan berbagai event kampus bergengsi. Tujuannya tentu saja bukan hanya untuk melatih para mahasiswanya dalam mengembangkan diri mereka, tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar, khususnya langsung kepada masyarakat.

Baca Juga: Kuliah Cuma Belajar. Benarkah?

Melalui event-event kampus, mahasiswa yang akan menjadi panitia secara otomatis akan berlatih bagaimana cara menghadirkan sebuah acara yang tidak hanya dapat berlangsung dengan sukses, tapi memberikan dampak positif untuk sekitar.

Menyelenggarakan acara perguruan tinggi tentu bukan perkara yang mudah. Selain dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten dan tim yang solid, juga biaya yang tidak sedikit. Bagi pemula, semuanya terasa begitu sulit, tapi jika sudah berpengalaman, tentu sebaliknya.

Namun, pemula bukan berarti tidak bisa menghadirkan acara spektakular. Dengan mengetahui langkah-langkah membuat event kampus, dan mencari referensi dari sumber-sumber terpercaya, tidak menutup kemungkinan acara universitas berjalan lebih dari rencana yang dirancang.

Berikut ini, 3 langkah mudah bikin event kampus yang dijamin akan berlangsung sukses pada hari eksekusinya nanti. Perhatikan setiap langkah dan pastikan jangan langsung menuju ke langkah berikutnya.

1. Bentuk Tim Yang Solid

Membentuk tim yang kuat dan solid menjadi cara membuat event kampus yang pertama. Pepatah pun menegaskan langkah pertama ini, bukan lain yakni “didalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang juga kuat”.

Untuk membentuk tim yang solid, maka dibutuhkan anggota panitia yang tidak hanya mampu bekerja sama dengan baik, tetapi juga mampu bertanggung jawab akan tugasnya. Selain itu, penting pula bagi setiap anggota memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

Setelah berhasil membentuk tim seperti apa yang diinginkan, jangan lupa untuk terus menjaga kekompakkan antar anggota satu sama lain. Dengan hadirnya kekompakkan, maka terwujudnya acara yang berlangsung dengan sukses dan tidak menjadi hanya angan-angan semata.

2. Rapat Perencanaan Acara

Berlanjut ke langkah kedua, yakni mengadakan rapat perencanaan acara. Disarankan untuk mencari lokasi yang tenang dan private, mungkin bisa di dalam ruangan kelas ketika sedang tidak digunakan, atau mencari tempat diluar sana seperti café, dan lain sebagainya.

Usahakan rapat berjalan dengan suasana menyenangkan namun tetap kondusif. Ini bertujuan untuk menghadirkan ide-ide atau inovasi baru dalam menyelenggarakan sebuah event menarik di kampus. Jika suasana berlangsung secara tegang sejak awal, nampaknya hanya akan terpaku pada contoh-contoh kegiatan sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa tahap perencanaan ini harus dilakukan dengan baik dan matang, mengingat persiapan yang baik akan menciptakan acara spektakuler. Jangan lewatkan detail-detail acara, karena jika terlewatkan akan berdampak cukup besar pada hari pelaksanaan nanti.

3. Mencari Sponsor Acara

Langkah terakhir sekaligus menjadi rahasia sukses penyelenggaraan event kampus adalah mencari sponsor. Dengan mampu menarik sponsor-sponsor besar, maka akan semakin mempermudah memikat para hati penonton.

Tidak mudah memang untuk mampu mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk mendanai suatu acara. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Terbukti, beberapa info event kampus Jakarta berhasil melakukan hal itu. Kuncinya adalah berusaha semaksimal mungkin dengan memaparkan secara baik rencana yang sebelumnya telah dirancang.

Setelah ketiga langkah tersebut dilakukan dengan sebaik mungkin, terakhir tinggal eksekusi yang maksimal. Rencana hanya tinggal rencana jika tidak mampu dieksekusi dengan optimal. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu segala persiapan telah matang. Sehingga akan memperkecil kesalahan di hari pelaksanaan.

Jangan ragu untuk menghadirkan sebuah acara kampus melalui aplikasi goKampus. Tak cuma dana pendidikan, aplikasi goKampus juga memiliki fitur-fitur lainnya yang akan mempermudah kehidupan perkuliahanmu seperti informasi beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga berbagai informasi magang. Download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like