universitas trisakti
Tips Belajar

4 Pola Pikir Jadi Entrepreneur Yang Bisa Kamu Tiru!

Entrepreneur atau pengusaha tampaknya menjadi pekerjaan yang lagi tren dan populer bagi kebanyakan orang. Kalau 10 tahun lalu, mungkin kita selalu mengira kalau entrepreneur adalah profesi orang tua saja. Namun, di era digital seperti saat ini, siapa saja bisa menjadi entrepreneur.

Menjadi pengusaha sukses tentunya gak bisa instan atau kamu bangun dalam semalam. Penting untuk membangun mental dan pengetahuan yang kuat untuk membantu kamu sukses selama perjalananmu menjadi entrepreneur. Lalu, pola pikir seperti apa yang perlu entrepreneur tanamkan? Yuk, langsung kepoin di artikel ini!

Pola Pikir dan Cara Menjadi Entrepreneur

Kamu yang lagi membangun bisnis, tentu sangat menghargai proses. Hasil yang optimal tentu menjadi goal dari bisnis yang kamu bangun. Supaya kamu selalu konsisten membangun bisnis, berikut 4 pola pikir dan cara menjadi entrepreneur yang bisa kamu tiru!

1. Terus belajar dan mengembangkan diri

Cara menjadi entrepreneur yang pertama adalah kamu harus terus fokus mengembangkan diri a.k.a haus akan ilmu! Setiap pengusaha sukses membutuhkan kelincahan bisnis. Dengan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan metode, proses, atau teknologi baru, kamu akan membuat bisnis menjadi lebih kuat dan efisien.

Kenapa harus mengembangkan diri? Hal ini karena kebutuhan market yang selalu dinamis dan berubah. Target konsumen yang kamu pilih pun akan selalu berubah. Pengusaha yang sukses akan melihat perubahan itu menjadi peluang untuknya terus tumbuh.

2. Kerja cerdas adalah pola pikir entrepreneur

Tips ini merupakan pola pikir yang harus pengusaha tanamkan. Kamu harus menanamkan pada diri untuk bekerja secara lebih cerdas, bukan bekerja lebih keras. Banyak orang membayangkan wirausahawan sebagai seseorang yang bekerja 18 jam sehari dan gak melakukan apa-apa selain makan, tidur, dan mengerjakan bisnisnya.

Sebenarnya, bekerja setiap menit gak secara otomatis membuat kamu menjadi pengusaha sukses. Mungkin pendekatan ini membuat entrepreneur bertanggung jawab untuk melakukan segalanya. Namun, mungkin saja berhasil sesekali. Untuk itu, kamu harus belajar cara bekerja dengan lebih cerdas, bukan lebih keras.

3. Jaga hubungan bisnis untuk jangka panjang

Cara menjadi pebisnis yang sukses adalah dengan menjaga hubungan bisnis untuk jangka panjang. Kemampuan kamu untuk memelihara hubungan kerja jangka panjang akan menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis jangka panjang. Sebagian besar entrepreneur setuju bahwa jauh lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dari pelanggan tetap daripada menginvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan pelanggan baru. 

4. Kuasai leadership dan pahami entrepreneurship

Menjadi entrepreneur setidaknya harus memiliki skill leadership. Karakter leadership ini penting banget meskipun bisnismu masih sangat kecil. Hal ini karena akan mempermudah kamu dan tim yang kamu bangun untuk membuat sistem kerja bisnis kamu menjadi lebih terstruktur.

Baca Juga: Apa Itu Entrepreneur? Simak Pembahasan dan Tantangannya

Itulah pola pikir dan cara entrepreneur yang bisa kamu tiru. Ingin belajar lebih banyak tentang entrepreneurship? Kamu bisa ikutan kelas Basic of Entrepreneur & Lean Canvas di sini.

Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *