manfaat artificial intelligence
Tips Belajar

6 Manfaat Artificial Intelligence dalam Kehidupan Manusia

Awalnya, kecerdasan buatan terasa menyeramkan karena banyak film dan novel fiksi ilmiah yang menakut-nakuti kita dengan menjadikan mereka sebagai tokoh antagonis yang ingin memusnahkan manusia. Padahal, ada banyak manfaat kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dalam berbagai bidang kehidupan. Yuk, kita bahas.

Baca Juga: 5 Contoh Kecerdasan Buatan yang Membantu Keseharian Kita

Manfaat Artificial Intelligence dalam Keseharian

1. Efisiensi waktu, manfaat utama artificial intelligence

Salah satu manfaat AI yang paling besar adalah efisiensi waktu. Contohnya adalah fitur-fitur terbaru pada aplikasi penyunting foto seperti Adobe Photoshop yang kini marak menggunakan AI. Dengan mudah, kamu bisa menghilangkan jerawat pada wajah obyek fotomu, mengganti warna langit menjadi sunset yang indah, dan sebagainya. Kita memang bisa menggunakannya secara manual, tapi tentunya itu makan banyak waktu.

2. Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya efisiensi waktu, otomatis produktivitas kita juga akan meningkat. Misalnya contoh penyunting foto tadi, dengan adanya fitur-fitur tersebut kamu bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting.

3. Meminimalisir kesalahan manusia

Pernah mencoba menggunakan fitur auto-correct pada keyboard virtual di ponselmu? Ketika pertama kali diterapkan, auto-correct kerap melakukan kesalahan. Namun lama kelamaan fitur ini menjadi semakin cerdas dalam mengoreksi salah ketik yang kita lakukan. 

Itu baru manfaat artificial intelligence dalam fitur yang relatif remeh. Dalam bidang kerja berat seperti kesehatan, industri pertambangan, luar angkasa, dan sebagainya, adanya AI sangat membantu dalam meminimalisir kesalahan manusia. Contohnya, NASA mengirim robot ke luar angkasa untuk melakukan tugas yang berbahaya bagi manusia.

Contoh lain adalah mobil tanpa awak yang dilengkapi keterampilan otomatis dalam mengemudikan kendaraan sambil tetap berada di jalur tertentu, menghindari penghalang yang tidak terduga seperti pejalan kaki atau kendaraan yang tiba-tiba menyalip. Jika sistem ini semakin sempurna dan diterapkan secara luas, seharusnya jalanan akan lebih aman dan minim kecelakaan lalu lintas.

4. Otomatisasi tugas berulang

Jika setiap hari kamu melakukan tugas yang sama berulang-ulang, pasti akan bosen gak sih? Nah, ini menjadi salah satu manfaat artificial intelligence. Serahkan saja pada AI. Misalnya, fitur filter spam pada surel kamu. Rasanya malas jika kita harus menghapus email sampah secara satu persatu. Untungnya, layanan surel bisa mengenali spam dan menghapusnya sehingga surel tersebut bahkan tidak perlu kita lihat.

5. Hiburan juga salah satu manfaat artificial intelligence

Sering main gim? Dalam video gim, kecerdasan buatan bisa menjadi kawan kita, bisa juga menjadi musuh kita. Coba deh kamu main gim, pasti kamu akan paham soal manfaat artificial intelligence yang satu ini.

6. Meningkatkan taraf hidup manusia

Manfaat artificial intelligence yang satu ini merupakan kesimpulan dari manfaat-manfaat di atas. Dengan adanya AI, taraf kehidupan kita bisa semakin naik menuju dunia yang lebih mantap untuk generasi mendatang. Meskipun begitu, ini bisa juga sebaliknya, terutama ketika kecerdasan buatan seperti Skynet mulai mengutus robot The Terminator untuk memusnahkan umat manusia. Ups, itu hanya fiksi kok.

Itulah 6 manfaat artificial intelligence dalam kehidupan manusia. Tertarik mendalami kecerdasan buatan? Yuk, perdalam pemahaman tentang AI dengan ikutan kelas Pengantar AWS (Amazon Web Services) untuk Kecerdasan Buatan. Kelasnya GRATIS. Buruan daftar sebelum kehabisan ya!

Oh iya, selain kelas tersebut, kamu juga bisa ikutan kelas-kelas online lainnya bersertifikat dari AWS, loh! Yuk #LearnBetterGoFaster sekarang bareng goKampus dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *