macam-macam psikologi
Kategori Kelas

Jurusan Hospitality Itu Rumah Sakit? Cek Artinya, Yuk!

Masih ada beberapa orang yang menganggap kalau hospitality adalah rumah sakit. Ini tentu tidak terlepas dari kata hospital yang berada di dalam kata hospitality itu sendiri. Meskipun memang rumah sakit merupakan salah satu manajemen yang mempraktikkan ilmu hospitality industri. Namun, pada dasarnya, hospitality merupakan sikap keramah-tamahan antara sesama manusia. Jurusan hospitality di Indonesia juga telah tersedia.

Kata hospitality memang masih terdengar asing. Hal ini mungin karena dari dulu hingga saat ini, istilah tersebut masih jarang dikenalkan secara umum, tidak seperti industri umumnya. Orang-orang yang berkecimpung di bidang tersebut lah yang mengenal istilah tersebut.

Bagi orang umum, istilah tersebut hanya merujuk pada dunia perhotelan dan pariwisata. Padahal, faktanya hospitality itu sangat luas, hampir di setiap sektor saat ini telah berdampingan dengan hospitality.

Sebagai contoh pelayanan bank. Dahulu bank hanya sekadar pelayanan keuangan dengan para staf yang mungkin sedikit cuek. Namun, sekarang cobalah datang ke bank. Kamu akan mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Tidak hanya teller yang akan membantu kamu dalam urusan keuangan, tetapi juga satpam atau security yang begitu ramah. Dengan kata lain, bank sekarang adalah pelayanan yang hospitality-oriented.

Baca Juga: Jurusan Hospitaliti di STP NHI Bandung

Pengertian Apa Itu Hospitality

Menurut kamus, arti hospitality, yaitu friendly and generous reception and entertainment of guests. Dengan kata lain, jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, istilah tersebut bermakna ramah-tamah dan murah hati dalam menerima dan menghibur para tamu.

Oleh karena itu, hospitality dapat kita artikan sebagai segala macam industri yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan, dan hiburan bagi para tamu.

Dengan kata lain, hospitality bukan hanya sekadar standar operasional yang harus para staf lakukan, tetapi lebih kepada suatu tindakan dalam menyambut dan melayani orang lain dengan nilai kasih dan ketulusan agar mereka merasa senyaman mungkin hingga seolah berada di rumah sendiri.

Jadi, jangan heran ketika kamu ingin menginap di hotel, kamu akan mendapat perlakuan layaknya raja. Para pegawai hotel memberikan senyuman termanis mereka hingga menyapa dan menjamu kamu dengan sebaik mungkin.

Itu bukan hanya berarti sekadar standar operasional mereka bekerja, tetapi lebih dari itu, yakni sebagai langkah utama untuk menjaga hubungan atau relasi sesama manusia agar tercipta hubungan baik yang berkelanjutan, dalam hal ini para pegawai hotel dan tamunya.

Industri hospitality tidak hanya akan kamu temui ketika ingin menginap di hotel, tetapi juga di bidang lainnya, seperti culinary, travel & tourism, hospitality management, dan event yang setiap bidang tersebut terdiri dari berbagai profesi. Sebut saja di antaranya chef, food & beverage, business consultant, wedding planner, dan sebagainya.

Masa Depan Hospitality di Indonesia

Pada 2018 lalu, Indonesia adalah salah satu negara dengan kenaikan jumlah wisatawan tercepat di dunia. Hal ini Deputi Sekretaris Jenderal United Nations The World Organization (UNWTO), Jaime Alberto Cabal Saclamente sampaikan langsung.

UNWTO itu sendiri merupakan salah satu badan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menangani masalah pariwisata dunia. UNWTO terbentuk pada 1998 dan bermarkas di Madrid, Spanyol. Kini, UNWTO telah menaungi 158 negara sebagai anggotanya, di mana Indonesia termasuk.

Masa depan hospitality di Indonesia bisa terbilang cerah. Mengapa demikian? Sama-sama kita ketahui bahwa telah banyak tempat wisata, hiburan, hingga kuliner di setiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

Tidak hanya dari segi banyaknya pilihan pariwisata di Indonesia, tetapi juga Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh terhadap pariwisata Indonesia. Hal itu bisa kita lihat di berbagai media, baik televisi, elektronik, maupun media sosial, di mana tagline Pesona Indonesia dan Visit Indonesia bertebaran di mana-mana.

Dengan fakta tersebut, menimbulkan fakta lain bahwa perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerak di bidang hospitality membutuhkan para ahli dan tenaga kerja yang menguasai bidang ilmu hospitality.

Perguruan tinggi di Indonesia pun tidak hanya telah membuka jurusan hospitality, tetapi juga telah mengembangkannya hingga dibimbing langsung oleh para tenaga ahli sehingga siap melahirkan lulusan terbaik dan terbukti telah bekerja di berbagai perusahaan ternama.

Jadi, sudah siap daftar kuliah dan mengambil jurusan hospitality? Jangan lupa mengasah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja nanti. Soft skill yang gak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh.

Apalagi kalau kamu tertarik bekerja di industri hospitality, kamu harus punya soft skill yang baik. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, plus dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *