Hospitality seringkali disalahartikan sebagai rumah sakit. Ini tentu tidak terlepas dari kata hospital yang berada di dalam kata hospitality itu sendiri. Meskipun memang rumah sakit merupakan salah satu manajemen yang mempraktikkan ilmu hospitality industri. Namun pada dasarnya, hospitality merupakan sikap keramah-tamahan yang dilakukan antara sesama manusia. Dan padahal pula bahwa jurusan hospitality di Indonesia itu telah tersedia.

Kata hospitality memang masih terdengar asing dan seringkali disalahartikan seperti yang telah diungkapkan sebelumnya. Hal ini karena mungin dari dulu hingga saat ini masih jarang diperkenalkan secara umum, tidak seperti industri umumnya.

Hospitality hanya dikenal oleh orang-orang yang memang berkecimpung di bidang tersebut. Bagi orang umum, kata tersebut hanya dikenal dengan dunia perhotelan dan pariwisata saja, padahal faktanya adalah bahwa hospitality itu sangat luas, hampir di setiap sektor saat ini telah berdampingan dengan hospitality.

Baca Juga: Jurusan Hospitaliti di STP NHI Bandung

Sebagai contoh adalah pelayanan bank. Seperti diketahui bersama bahwa dahulu bank hanya sekadar pelayanan keuangan dengan para staf yang mungkin sedikit cuek. Namun sekarang, datanglah ke sebuah bank, maka kamu akan mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Tidak hanya teller yang akan membantu kamu dalam urusan keuangan, tetapi juga satpam atau security yang begitu ramah. Dengan kata lain, bank sekarang adalah pelayanan yang hospitality oriented.

Lantas, apa arti sebenarnya kata hospitality itu?

Pengertian Apa Itu Hospitality

Menurut kamus kata hospitality diartikan sebagai; friendly and generous reception and entertainment of guests. Dengan kata lain jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bermakna; ramah-tamah dan murah hati dalam menerima dan menghibur para tamu.

Sehingga dapat diartikan secara keseluruhan bahwa hospitality adalah segala macam industri yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan, dan hiburan bagi para tamu.

Dengan kata lain, hospitality bukan hanya sekadar standar operasional yang harus dilakukan oleh para staf, tetapi lebih kepada suatu tindakan dalam menyambut dan melayani orang lain dengan nilai kasih dan ketulusan agar mereka merasa senyaman mungkin hingga seolah berada di rumah sendiri.

Jadi, jangan heran ketika kamu ingin menginap di sebuah hotel, kamu akan diperlakukan layaknya sebuah raja. Para pegawai hotel memberikan senyuman termanis mereka, hingga menyapa dan menjamu kamu dengan sebaik mungkin.

Itu bukan hanya berarti sekadar standar operasional mereka bekerja, tetapi lebih dari itu, yakni dapat diartikan juga sebagai langkah utama untuk menjaga hubungan atau relasi sesama manusia agar tercipta hubungan baik yang berkelanjutan, dalam hal ini para pegawai hotel dan tamunya.

Industri hospitality tidak hanya akan kamu temui ketika ingin menginap di hotel, tetapi juga di bidang lainnya, seperti culinary, travel & tourism, hospitality management, dan event, yang dimana setiap bidang tersebut terdiri dari berbagai profesi. Sebut saja diantaranya chef, food & beverage, business consultant, wedding planner, dan lain sebagainya.

Masa Depan Hospitality di Indonesia

Pada tahun 2018 lalu, Indonesia dinyatakan sebagai salah satu negara dengan kenaikan jumlah wisatawan tercepat di dunia. Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi Sekretaris Jenderal United Nations The World Organization (UNWTO), Jaime Alberto Cabal Saclamente.

UNWTO itu sendiri merupakan salah satu badan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menangani masalah pariwisata dunia. UNWTO dibentuk pada tahun 1998 dan bermarkas di Madrid, Spanyol. Dan kini, UNWTO telah menaungi 158 negara sebagai anggotanya, dimana Indonesia termasuk.

Masa depan hospitality di Indonesia dapat dikatakan cerah. Mengapa demikian? Sama-sama kita ketahui bahwa telah banyak tempat wisata, hiburan, hingga kuliner di setiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

Tidak hanya dari segi banyaknya pilihan pariwisata di Indonesia, tetapi juga Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh terhadap pariwisata Indonesia. Hal itu bisa kita lihat di berbagai media, baik televisi, elektronik, maupun media sosial, dimana tagline Pesona Indonesia dan Visit Indonesia bertebaran dimana-mana.

Dengan fakta tersebut, menimbulkan fakta lain bahwa perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerak di bidang hospitality membutuhkan para ahli dan tenaga kerja yang menguasai bidang ilmu hospitality.

Perguruan tinggi di Indonesia pun tidak hanya telah membuka jurusan hospitality, tetapi juga telah mengembangkannya hingga dibimbing langsung oleh para tenaga ahli, sehingga siap melahirkan lulusan terbaik dan terbukti telah bekerja di berbagai perusahaan ternama. Jadi, sudah siap daftar kuliah yang kini lebih mudah dan mengambil jurusan hospitality?

Daftar kuliah di era sekarang jauh lebih mudah, cepat dan murah. Karena telah hadir aplikasi goKampus yang bisa kamu dapatkan sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Tidak hanya daftar kuliah, kamu juga berkesempatan untuk meraih beasiswa, informasi kerja magang, dana pendidikan hingga acara-acara kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like