koin kripto
Tips Belajar

Mau Menambang Koin Kripto? Ini Cara yang Kamu Perlukan!

Koin kripto menarik perhatian para investor karena kalau lagi untung bisa kaya mendadak. Namun, untuk mendapatkannya, kamu juga perlu pengetahuan mendalam. Biar gak salah langkah, inilah beberapa cara untuk menambang koin kripto secara mandiri. Apa sajakah itu?

Cara Mendapatkan Kripto

Secara umum, ada tiga cara mendapatkan koin kripto secara mandiri, yaitu menjual barang dan menerima pembayaran dengan aset kripto, membeli bitcoin menggunakan uang melalui platform exchange, dan menambang dengan menggunakan komputer.

Cara pertama belum bisa kamu lakukan di Indonesia karena masih pemerintah belum memperbolehkan transaksi jual beli dengan aset kripto.

Sementara, cara kedua terbilang mudah, tapi kamu harus hati-hati. Kamu harus benar-benar memahami aturan main di dunia kripto agar risiko investasimu lebih minim.

Karena aset kripto di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), kamu harus mengecek apakah aplikasi atau situs platform exchange sudah terawasi Bappebti atau belum.

Cara Menambang Koin Kripto

Kalau cara ketiga? Gimana sih cara menambang kripto? Yang pasti, kamu perlu keluar modal dulu. Ibaratnya menambang emas, deh. Jika kamu mau menambang emas, kamu perlu peralatan menggali dan menyaring, kan?

Nah, jika kamu ingin menambang koin kripto, kamu bisa melakukannya dengan perangkat komputer dan perangkat lunak pada server mining koin kripto. 

Namun, komputer yang kamu gunakan untuk menambang koin kripto ternyata gak sembarangan, loh! Kamu harus menyiapkan komputer yang sangat kuat dengan kartu grafis, storage, memori (RAM), dan internet yang super cepat. 

Selain itu, kamu juga harus siap-siap karena tagihan listrik bulanan akan melonjak. Sebab, komputer yang super kuat butuh listrik besar, selain itu juga harus menyala secara non-stop. Selain hardware canggih, kamu juga harus menyelesaikan algoritma sendiri untuk menghasilkan kripto. 

Cara penambangan kripto seperti itu ialah solo mining. Kok, kesannya ribet dan sulit? Memang iya, tapi solo mining memungkinkan kamu dapat koin kripto tanpa berbagi pendapatan dengan orang lain. Semua keuntungan untukmu. Jadi, wajar jika cara mendapatkannya juga rumit. 

Gimana kalau kamu gak punya komputer canggih? Kamu masih bisa menambang di pool mining. Sederhananya, kamu menggabungkan kekuatan dengan penambang lain dalam suatu pool (kolam). Tentu saja hasilnya juga akan dibagi-bagi sesuai ketentuan para penambang.

Cara lainnya adalah cloud mining dengan layanan penyedia tersendiri. Untuk itu, kamu gak perlu punya komputer canggih dan kemampuan coding yang diperlukan dalam solo mining dan pool mining. Namun, risikonya cukup tinggi.

Baca Juga: Kupas Tuntas Investasi Kripto, Aset Digital yang Bisa Bikin Kaya Mendadak

Itulah cara menambang koin kripto yang perlu kamu ketahui. Selain crypto, ada instrumen investasi lainnya, seperti saham maupun reksa dana. Kamu bisa belajar Saham bareng TernakUang di sini atau ikutan kelas reksa dana dari TernakUang di sini.

Psst, kamu bisa gunakan kode voucher GKTOP10 di kedua kelas tersebut buat dapat diskon Rp50 ribu! Yuk, pakai juga kode vouchernya buat ikutan kelas lainnya. Cek kelas rekomendasi goKampus bulan ini di sini.

Dengan ikutan kelas di goKampus, kamu bisa terus upgrade skill dan ilmu biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain, dapat insight dari profesional berpengalaman, dapat sertifikat juga, plus kelasnya bisa kamu ikuti secara online. Cus, buruan ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *