jurusan manajemen
Tips Belajar

3 Keuntungan Kuliah Online Yang Patut Kamu Ketahui

Mudah. Satu kata untuk mengawali artikel kali ini. Satu kata yang mewakili bagaimana kita bekerja atau ketika menjalani kegiatan sekarang ini. Dan satu kata yang juga membuat perubahan cukup besar. Perubahan di dunia pendidikan, dalam hal ini adalah keuntungan kuliah online.

Sulit. Kata yang tampaknya sudah tidak lagi berlaku. Satu kata yang juga bukan lagi menjadi penghalang besar untuk mewujudkan impian kita di masa yang akan datang. Satu kata yang seharusnya tidak lagi pikirkan oleh kita.

Baca Juga: 3 Universitas Dengan Program Kuliah Online

Kemudahan melunturkan kesulitan yang mungkin selama ini kita alami. Satu contoh nyata di kehidupan sekarang ini adalah untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah. Kini, dengan hadirnya kuliah online, waktu dan tempat yang sebelumnya menjadi hal yang menyulitkan, tidak lagi berlaku dan telah tergantikan dengan kemudahan yang dirasakan.

Bahagianya untuk kita semua adalah bahwa telah banyak universitas atau perguruan tinggi yang telah menghadirkan program kuliah secara online dalam sistem pembelajaran. Ini tidak terlepas bukan hanya dari segi kemudahan, tetapi juga perubahan era yang menuntut untuk beradaptasi agar tidak tertinggal.

Jika tidak mampu beradaptasi dengan perubahan era yang bergerak begitu cepat, maka katakan selamat tinggal. Selamat tinggal untuk bersaing dan menciptakan para lulusan yang berkompeten.

Dengan telah banyaknya pilihan perguruan tinggi yang menghadirkan program tersebut, maka lagi-lagi memudahkan kita untuk memilih mana perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan.

Menjadi hal penting untuk memastikan bahwa perguruan tinggi yang kita pilih merupakan pilihan yang tepat, karena di sanalah tempat kita untuk belajar, beradaptasi, dan mengembangkan kemampuan diri kita hingga lulus.

Kemudian yang menjadi pertanyaannya adalah apakah dibalik kemudahan itu tersimpan keuntungan yang benar-benar mampu membuat kita dapat bersaing di masa yang akan datang?

Menjawab pertanyaan tersebut, mari kita membedah 3 poin utama dari keuntungan yang dihadirkan oleh program kuliah secara online.

1. Waktu dan Tempat

Poin pertama adalah waktu dan tempat tidak menjadi permasalahan. Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa program belajar online itu memudahkan kita dalam mengakses materi dan proses pembelajaran kuliah.

Dengan kata lain, kita bisa mengerjakannya dimana dan kapan saja. Tanpa perlu lagi datang ke kampus untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar.  Poin utama ini tentunya menjadi keuntungan nyata bagi kita yang memang tidak memiliki banyak waktu, seperti seorang bekerja atau karyawan. Kerja sembari kuliah tidak lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan secara bersamaan. Terpenting adalah tahu mana yang menjadi fokus utama agar tidak kehilangan keduanya.

2. Menjelajahi Diri Sendiri

Poin kedua adalah menjelajahi diri sendiri. Maksud dari poin ini tidak terlepas dari poin pertama, yakni dengan memiliki waktu yang lebih banyak karena tidak terpaku jadwal kuliah seperti halnya regular –harus datang langsung ke kampus, maka menjadi kesempatan berharga untuk memaksimalkannya dengan menjelajahi diri sendiri.

Menjelajahi diri sendiri ini tidak hanya bermakna mampu mengenal diri sendiri, tapi juga mengembangkan ilmu yang telah kita pelajari secara online. Dengan kata lain, ilmu yang dipelajari di program ini, dapat langsung kita terapkan  menjadi sebuah praktek yang tentu saja akan sangat menguntungkan diri kita.

3. Membentuk Kemandirian

Dan keuntungan kuliah online yang ketiga bukan lain adalah membentuk kemandirian. Tidak dapat dipungkuri bahwa kuliah online itu bukan bergantung pada orang lain seperti dosen ataupun teman sebangku, melainkan pada diri sendiri. Diri kita lah yang bertanggung jawab apakah kuliah ini efektif atau tidak dan mampu mengembangkan kualitas yang kita miliki.

Kemandirian menjadi hal yang sangat penting dalam program kuliah yang satu ini. Dan tentu saja, ini menjadi sebuah keuntungan yang begitu besar untuk kita. Mengapa? Karena pada akhirnya kita akan berjuang sendirian. Kita akan bersaing dengan banyak orang di luar sana. Tanpa kemandirian, jangan berharap kita mampu mewujudkan impian yang ingin kita gapai.

Pendaftaran kuliah jadi lebih mudah dengan hanya melalui satu aplikasi, goKampus. Download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Tidak hanya daftar kuliah yang bisa dilakukan, tapi juga menginformasikan seputar dunia perkuliahan, seperti magang, acara kampus, dan beasiswa kuliah. Lebih mudah dan cepat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *