nilai keadilan
Tips Belajar

5 Contoh Penerapan Nilai Keadilan dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa saja contoh penerapan nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari yang kamu ketahui? Nilai-nilai keadilan dalam hidup sangat dekat kaitannya dengan isi dalam Pancasila. Kita bahas yuk!

Dalam setiap sila Pancasila terdapat nilai-nilai yang bisa menjadi dasar dalam hidup bernegara. Termasuk nilai Keadilan yang ada pada sila kelima Pancasila yang dilambangkan dengan padi dan kapas. Sila kelima Pancasila berhubungan dengan perilaku kita dalam bersikap adil terhadap semua orang. 

Sila kelima Pancasila berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia artinya setiap warga negara di Indonesia berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama di bidang hukum, sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan. Untuk itu seluruh warga harus bersikap adil terhadap sesama serta menjaga hak dan kewajiban. 

Keadilan Sosial juga berarti kita tidak boleh mementingkan diri sendiri. Kita harus mengutamakan kepentingan umum dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia juga harus adil. Siapa pun yang melanggar akan mendapatkan sanksi tanpa membedakan latar belakangnya.

Baca Juga: Yuk, Pahami Makna Keadilan Sosial di Hari Kemerdekaan RI!

Contoh Penerapan Nilai Keadilan dalam Keseharian

Nilai Keadilan adalah nilai yang berkaitan dengan hak, kewajiban yang harus adil dan terukur sama rata antar seseorang. Nilai keadilan juga bisa diartikan sebagai suatu nilai yang di dalamnya mengandung makna tentang mengatur negara dengan adil tanpa ada unsur paksaan dan tidak mengunggulkan satu dengan yang lainnya.

1. Berteman kepada siapapun tanpa memandang perbedaan

2. Berperilaku adil kepada siapa pun

3. Saling menghormati dan menghargai hak-hak orang lain

4. Saling membantu orang lain yang sedang kesusahan

5. Menjalankan hak dan kewajiban dengan seimbang serta penuh tanggung jawab

Demikian 5 contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita lakukan. Nah, supaya nilai keadilan tadi bisa berjalan berbarengan dengan karir kamu di dunia kerja, yuk persiapkan diri  bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sinikelas UX Writer di sini, atau Merintis Karir sebagai Product Management di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Selain upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura yang bisa kamu akses dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *