daftar kuliah online
Upskill

Mau Diskusi Sama Orang Tua Soal Kuliah? Ini Tipsnya!

Sudah persiapkan jurusan kuliah dari dulu, capek-capek belajar biar bisa masuk ke jurusan yang diinginkan tapi ternyata pilihan jurusan kuliah kita gak disetujui orang tua? Gimana cara biar bisa ketemu solusinya ya? Jawabannya adalah diskusi!

Meskipun berdiskusi terdengar simple, tapi ternyata berdiskusi itu bukan sesuatu yang mudah loh. Berdiskusi tentang sesuatu pastinya butuh kesabaran dan pikiran terbuka dari kedua belah pihak, gak serta merta mengungkapkan keinginanmu apalagi memaksa mereka untuk setuju dengan pendapatmu. goKampus akan kasih tau kamu 5 cara untuk bisa berdiskusi biar semakin lancar untuk mengambil keputusan! Ini dia!

1. Ngobrol di waktu yang tepat

Cara berdiskusi yang pertama dengan orang tua tentang jurusan kuliah adalah kamu harus bisa ngobrol di waktu yang tepat. Itu artinya kamu harus pintar membaca situasi apakah kondisi tersebut cocok untuk berdiskusi atau gak.

Misalnya saja kalau orang tua mu sedang stress dalam pekerjaan atau terlalu capek karena pulang malam, maka kamu harus bisa menahan diri untuk tidak berdiskusi karena biasanya gak akan mendapatkan kesimpulan yang baik.

Kamu bisa mengajak orang tuamu untuk makan malam bersama dan kasih tau ke mereka kalau ada hal yang perlu kamu diskusikan. Ingat, jangan pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) ya kalau berdiskusi! 

2. Kenali karakter orang tua

Untuk bisa menghadapi orang tuamu, kamu harus bisa membaca karakter mereka. Dari situ, kamu bisa mengerti bagaimana caramu untuk menyampaikan keinginanmu tentang jurusan kuliah yang bertentangan sama mereka.

Biasanya cara orang tua untuk berdiskusi juga memiliki sifat yang berbeda-beda loh guys, ada orang tua yang cenderung memilih untuk diam karena butuh waktu beberapa hari untuk memikirkan sendiri agar bisa lebih memproses obrolannya, namun ada juga orang tua yang memilih langsung berdiskusi di tempat dan menyelesaikannya.

3. Ketahui alasan jelas

Alasan orang tua melarang dan gak setuju dengan pilihanmu tentu ada alasan yang jelas loh. Gak mungkin sekedar hanya melarang saja tapi gak ada penjelasan dibaliknya.

Sebaiknya, kamu harus cari tau dulu kenapa orang tua gak bisa setuju dengan pilihanmu, ada beberapa alasan orang tua menolak jurusan kuliah yang anak milih antara lain: biaya jurusan kuliah terlalu mahal, gak merasa prospek kerja jurusan tersebut memiliki masa depan yang baik, jurusan tersebut dinilai kurang cocok dengan skill yang dimiliki.

4. Kasih alasan yang jelas kenapa kamu mau ambil jurusan ini

Untuk bisa berdiskusi dengan orang tua, tentunya kamu harus memiliki alasan yang jelas dan tepat kenapa kamu ingin mengambil jurusan ini. Kamu bisa mengumpulkan berbagai hasil-hasil riset yang kamu miliki, mulai dari kampus terbaik untuk belajar jurusanmu, lalu apa aja peluang kerja yang bisa kamu dapatkan jika kamu masuk ke jurusan tersebut, dan gimana testimoni dari para senior yang mungkin pernah kuliah di jurusan yang sama.

5. Yakinkan bahwa prodi yang kamu pilih tepat

Kamu harus bisa meyakinkan kedua orang tuamu kalau prodi yang kamu pilih gak salah loh. Kamu bisa meyakinkan mereka dengan memberitahu apa saja yang akan kamu dapatkan jika kamu belajar di prodi tersebut, mulai dari mata kuliah, skill dan kemampuan, hingga prospek kerja prodi tersebut apa aja. Kamu juga bisa kasih tau ke mereka mengenai passionmu yang sejalan dengan prodi yang kamu pilih di masa depan, sehingga orang tua juga memiliki gambaran dan mengetahui apa yang kamu ingin capai.

Baca Juga: 10 Tips Belajar Efektif Yang Bisa Kamu Terapkan

Namun, jika ternyata kamu masih bingung dan galau bagaimana caranya menentukan jurusan kuliah yang kamu inginkan sebelum berdiskusi dengan orang tua, kamu gak perlu khawatir! goKampus juga punya tips and trick buat kamu yang masih bingung gimana cara menentukan jurusan kuliah agar kamu gak merasa “salah jurusan”!

1. Riset mengenai kemampuan dan skill diri sendiri

Cara menentukan jurusan kuliah yang pertama adalah kamu harus ketahui dulu sebenarnya kamu senang dan paling oke di bidang apa. Kemampuan dan skill mu harus kamu ketahui dulu nih, misalnya aja kalo kamu senang banget dengan hal-hal yang berbau komunikasi misalnya seperti pelajaran bahasa, sosiologi, bahasa asing, dan lain-lainnya, kamu mesti meyakinkan diri dulu nih apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan kuliah di bidang yang sama seperti yang kamu suka sekarang.

Kamu bisa mengetahui itu dengan melakukan riset juga kepada senior ataupun di internet tentang jurusan yang ingin kamu ambil khususnya yang memang berhubungan dengan pelajaran yang kamu suka.

Misalnya aja nih kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi, kamu harus mencari tahu kira-kira kemampuan mahasiswa ilmu komunikasi harus seperti apa aja sih, contohnya seperti harus bisa berpikir kritis, suka menulis, harus detail, bisa memecahkan masalah secara efektif, nah selagi kamu sekolah kamu bisa pelan-pelan mempersiapkan bagaimana caranya untuk bisa mencapai titik kemampuan tersebut ya. Ingat, riset adalah hal utama yang harus kamu lakukan!

2. Ketahui nilaimu di sekolah!

Cara ini merupakan cara yang objektif untuk bisa membuat kamu menemukan jurusan yang sebenarnya kamu senangi. Misalnya aja nih selama kelas 10-12 SMA, pelajaran yang nilaimu selalu bagus adalah mata pelajaran matematika, nah kamu bisa memilih jurusan matematika atau pun yang masih berhubungan dengan matematika di bidang perkuliahan nanti.

3. Cari tau keuntungan dan konsekuensinya!

Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kalau kamu tahu secara jelas apa yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti, nah misalnya aja nih kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut maka kamu pasti tetap akan bertanggung jawab untuk menerima konsekuensinya.

Contohnya aja nih kalau kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan jurnalistik, maka kamu harus menerima konsekuensinya jika nanti akan ada tugas-tugas yang memaksa kamu untuk turun melakukan liputan peristiwa yang ada di lapangan nanti. Misalnya seperti ada festival, atau demo yang memang sedang terjadi di hari itu.

4. Skeptis memilih kampus!

Cara menentukan jurusan kuliah yang keempat ini perlu kamu perhatikan! Kamu harus pilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Nah, kalau kualitasnya baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu.

Memilih kampus ini penting banget menjadi salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

5. Durasi program studi

Cara menentukan jurusan kuliah yang kelima adalah dengan mempertimbangkan durasi dari program studi yang kamu pilih. Setiap program studi pastinya punya durasi yang berbeda-beda, misalnya nih kalau kamu ambil kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, biasanya kamu akan menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun aja, atau gak kalau kamu mengambil pendidikan di Australia, ada juga beberapa program studi yang menawarkan durasi program hanya satu sampai dua tahun saja. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan pertimbangan yang kamu inginkan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *