Perkembangan teknologi berjalan begitu pesat. Melakukan ragam kegiatan ataupun pekerjaan menjadi jauh lebih mudah. Namun ternyata, tidak semua berjalan demikian. Sebut saja ketika memilih jurusan kuliah. Tidak sedikit calon mahasiswa yang masih bingung pilih jurusan. Tak sedikit pula yang pada akhirnya mengakui bahwa mereka salah jurusan.

Diketahui bersama, memang tidak mudah untuk memilih jurusan kuliah. Banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum berani mengambil keputusan terbaik. Mengingat pula bahwa dengan memilih jurusan yang tepat, maka akan menjadi langkah awal yang juga tepat dalam meniti karir di masa depan.

Baca Juga: Tentukan Jurusan Kuliah Dengan Tes Minat Bakat

Kebanyakan calon mahasiswa yang bingung pilih jurusan itu karena faktor antara memilih yang sesuai hobi atau sesuai dengan kemampuan. Hal ini terjadi karena antara kedua faktor tersebut terdapat perbedaan yang mendasar. Contoh, memiliki hobi menggambar, namun memiliki kemampuan di bidang ilmu sosial, dsb.

Contoh di atas menunjukkan perbedaan yang mendasar, yakni menggambar lebih tepat ke arah seni seperti jurusan seni rupa. Sedangkan kemampuan di bidang ilmu sosial, lebih tepat ke arah sosiologi, seperti jurusan komunikasi maupun psikologi.

Faktor lain yang membuat calon mahasiswa bingung dalam memilih jurusan kuliah adalah keinginan sendiri yang berbeda dengan keinginan keluarga, lebih tepatnya pihak orang tua. Banyak dari mereka yang mengalami hal tersebut hingga pada akhirnya memilih untuk mengalah, mengingat biaya kuliah yang masih ditanggung oleh keluarga.

Untuk mengatasi kebingungan sobat goKampus dalam memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu harus tau mana yang menjadi prioritas utama. Dan berikut ini 2 langkah mengetahui apa prioritas utama kamu sekaligus menjawab permasalahan bingung pilih jurusan kuliah!

Apa Keingingan Terbesar Diri Kamu

Prioritas pertama saat bingung pilih jurusan adalah apa sebenarnya keinginan terbesar dalam diri kamu. Apa sebenarnya yang ingin kamu raih di masa depan. Dan apa sebenarnya yang ingin kamu banggakan akan diri sendiri. Dengan kata lain, apa passion diri kamu.

Namun yang menjadi permasalahannya adalah bahwa keinginan diri kita ini tidak hanya satu, tetapi begitu banyak. Ingin menjadi ini, ingin menjadi itu, dan ingin jadi ini dan itu. Hingga pada akhirnya, bingung sendiri mana yang ingin dituju.

Memang, keinginan kita begitu banyak, tapi kunci utamanya adalah mana dari banyaknya keinginan tersebut yang ingin kita raih dulu. Mana yang ingin kita prioritaskan. Dan mana yang ingin kita jadikan sebagai cerminan siapa diri kita sebenarnya.

Untuk mengetahuinya, cobalah kamu luangkan waktu sejenak dengan suasana yang tenang pula. Renungkan apa yang ingin kamu capai terlebih dahulu. Renungkan apa yang ingin orang lain kenal akan dirimu atau kata lain, dirimu ingin dikenal sebagai apa dan siapa. Untuk membantu tahap ini, coba tuliskan semua keinginan kamu dan mulailah mencoret satu per satu hingga mengetahui mana yang menjadi prioritas.

Apa Potensi Yang Kamu Miliki

Namun, jangan sembarangan mencoret satu per satu atas keinginan kamu dalam tahap menentukan apa keinginan terbesar yang ingin dicapai. Agar tidak salah, kamu harus mempertimbangkan potensi dalam diri kamu.

Mempertimbangkan potensi yang kamu miliki saat bingung pilih jurusan menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Memang, potensi itu bisa tercipta di kemudian hari setelah bekerja keras. Tapi, jangan lupa bahwa sedari kecil, masing-masing dari kita ini memiliki potensi.

Akan tetapi, menjadi sebuah permasalahan kembali jika kamu tidak mengetahui apa sebenarnya potensi yang kamu miliki. Potensi yang mungkin terabaikan sejauh ini. Tenang, tidak ada kata terlambat, karena kita mempunyai waktu masing-masing. Untuk itu, coba gali sedalam mungkin apa potensi terpendam yang kamu miliki. Caranya, coba tengok apa yang sudah kamu lakukan sejauh ini dan bagaimana hasilnya.

Inilah langkah tepat untuk mengatasi kebingungan kamu saat memilih jurusan kuliah. Bagi kamu yang masih bingung pilih jurusan dan takut salah jurusan, langsung aja download aplikasi goKampus di App Store maupun Google Play Store.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi goKampus tidak hanya mempermudah kamu dalam proses daftar kuliah, dimana tidak perlu lagi datang ke kampus tujuan. Cukup rebahan di rumah aja, langsung bisa daftar kuliah. Bahkan, kamu juga bisa loh langsung diterima di universitas pilihan hanya dengan kirim rapor semester aja.

Jadi, download aplikasi goKampus sekarang juga! Ada program beasiswa juga loh yang bisa kamu dapatkan! Tak hanya itu, kamu juga bisa dapat informasi lengkap seputar magang, event kampus, dan promo mahasiswa. Satu lagi, kamu juga bisa mengajukan dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like