perpustakaan nasional
Tips Belajar

Mampir ke Perpustakaan Nasional, Tempat Asyik Buat Cari Referensi Bacaan!

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, apa kamu pernah ke Perpustakaan Nasional? Pada 2017, Perpusnas sempat viral karena gedung barunya yang keren banget.

Terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, kamu yang sering melewati jalan tersebut pasti menyadari keberadaan gedung Perpustakaan Nasional yang mentereng dan menjulang hingga 126,3 meter dengan 27 lantai termasuk tiga lantai parkir di basement.

Kerennya, gedung yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 September 2017 ini merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Selain tinggi, gedung yang menghabiskan anggaran sebesar Rp465,2 miliar ini  juga mengusung konsep efisiensi energi yang sama canggihnya dengan gedung-gedung di Malaysia dan Singapura.

Bentuk gedungnya yang unik juga punya arti, loh! Perpustakaan Nasional dirancang berbentuk persegi panjang seperti jendela yang memiliki arti sebagai jendela dunia untuk pusat kegiatan edukatif, rekreatif, dan kultural.

Selain itu, gedung ini dilengkapi teknologi kabel jaringan data kategori 7 dan teknologi perangkat jaringan aktif yang mampu mentransfer data sampai dengan 100 Gbps. 

Perpustakaan Nasional juga ramah terhadap penyandang disabilitas. Bahkan, lantai 7 gedung ini dikhususkan untuk Layanan Anak, Lansia, dan Disabilitas dengan sarana prasarana, koleksi, maupun ruangan khusus bagi tuna netra dan ruang khusus laktasi (ibu menyusui).

Baca Juga: Perpustakaan Bukan Hanya Tempat Membaca dan Meminjam Buku Loh!

Apa Saja Isi Perpustakaan Nasional?

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan. 

Dengan visi “Terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan”, Perpusnas berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan.

Perpusnas tidak hanya menjadi tempat koleksi buku, tetapi juga memiliki berbagai fasilitas lainnya seperti ruang teater, layanan audiovisual, area budaya baca, data center, layanan koleksi buku langka, serta menjadi lokasi kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. 

Berbagai naskah kuno, monograf, buku-buku langka, peta, lukisan, hingga foto-foto dan video-video, serta koran dan majalah yang memiliki nilai sejarah juga disimpan di Perpustakaan Nasional.

Isi Gedung Perpusnas Setiap Lantainya

1. Lantai 1: Lobi Utama

2. Lantai 2: Ruang Layanan Keanggotaan Perpustakaan dan Ruang Teater

3. Lantai 3: Zona Promosi Budaya Baca

4. Lantai 4: Ruang Pameran Koleksi Perpustakaan

5. Lantai 5: Ruang Pustakawan

6. Lantai 6: Data Center

7. Lantai 7: Layanan Anak, Lansia, dan Disabilitas

8. Lantai 8: Layanan Audiovisual

9. Lantai 9: Layanan Naskah Nusantara

10. Lantai 10: Layanan Deposit

11. Lantai 11: Monograf Tertutup

12. Lantai 12: Ruang Baca Pemustaka

13. Lantai 13: Layanan Koleksi Buku Langka

14. Lantai 14: Layanan Koleksi Buku Langka

15. Lantai 15: Layanan Referensi

16. Lantai 16: Layanan Koleksi Foto, Peta, dan Lukisan

17. Lantai 17: Kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia

18. Lantai 18: Kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia

19. Lantai 19: Layanan Multimedia

20. Lantai 20: Layanan Koleksi Berkala Mutakjir dan Bidang Ilmu Perpustakaan

21. Lantai 21: Layanan Monograf Terbuka

22. Lantai 22: Layanan Monograf Terbuka

23. Lantai 23: Layanan Koleksi Bangsa-bangsa Dunia dan Majalah Terjilid

24. Lantai 24: Layanan Koleksi Budaya Nusantara, Executive Lounge dan Ruang Penerimaan Tamu Mancanegara.

Dengan banyaknya lantai dan fasilitas, Perpusnas mampu menerima 15 ribu pengunjung setiap hari. Meski begitu, selama pandemi COVID-19 ada pembatasan jumlah pengunjung ya. 

Gimana? Tertarik untuk menyelami koleksi Perpustakaan Nasional dan meminjam buku di perpustakaan terbesar di Indonesia? Buat kamu yang ingin datang langsung ke gedungnya, lokasi Perpusnas dekat dengan Monumen Nasional (Monas) yang sangat strategis. Nyaman buat kamu yang lagi cari referensi bacaan sekaligus cuan tambahan dengan menulis di blog-blog bebas! Caranya? Klik di sini.

Menarik ya? Kamu tertarik kuliah yang berhubungan dengan Perpustakaan? Daftar kuliahnya di goKampus ya! Soalnya, di goKampus ada program beasiswa senilai total Rp10 miliar. Yuk, ada CASHBACK hingga Rp500.000 untuk setiap pendaftaran melalui Instant Approval aplikasi goKampus nih! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *