contoh algoritma
Tips Belajar

Sering Dilakukan, Ini Contoh Algoritma di Kehidupan Sehari-hari

Sebagai pengguna sosial media, kamu mungkin pernah atau bahkan sering mendengar kata “algoritma”, bukan? Namun, sudah tahukah kamu apa pengertian algoritma dan seperti apa contoh algoritma? Supaya kamu gak bingung, goKampus beri beberapa contoh yang mungkin sering banget kamu lakukan di kehidupan sehari-hari. Yuk, kepoin di artikel ini!

Apa Itu Algoritma?

Jika kamu cari pengertian algoritma di buku atau di Google, biasanya akan muncul beberapa penjelasan yang berbeda-beda dengan arti yang hampir sama. Namun, singkatnya, algoritma adalah susunan langkah komputasi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Sebenarnya, algoritma gak cuma buat menyelesaikan masalah di perangkat komputer. Menurut pakar, algoritma juga bisa untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Setiap masalah yang penyelesaiannya berkaitan dengan proses atau prosedural berkaitan dengan algoritma. Masalah akan lebih mudah selesai kalau kita tahu apa yang harus kita lakukan dengan tahapan-tahapan logis dan sistematis atau sudah berurutan.

Sementara itu, kalau kamu cari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas atau bisa juga berarti sebagai urutan logis pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah.

Lalu, Seperti Apa Contoh Algoritma?

Analogi contoh algoritma adalah seperti ketika kamu masak mi instan karena ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Setelah memilih mi instan yang kamu inginkan, selanjutnya kamu merebus mi di panci berisikan air mendidih. Kemudian, buka bumbu dalam kemasan sambil menunggu mi matang. Jika mi sudah matang, kamu dapat menuangkan mi ke piring atau mangkuk.

Contoh algoritma lainnya adalah ketika kamu mencari informasi atau konten tertentu di internet melalui mesin pencari atau aplikasi. Kamu cukup mengetikkan kata kunci yang ingin kamu cari di kolom pencarian. Kemudian, muncul beberapa informasi atau konten yang bisa kamu pilih. Umumnya, mesin pencari atau kolom pencarian di aplikasi sudah punya algoritma masing-masing. Dengan begitu, informasi atau konten yang akan muncul sesuai dengan yang kamu cari.

Dari kedua contoh tadi, kamu masih bingung gak nih? So, gampangnya begini guys. Ketika kamu sering menonton konten video di YouTube tentang cara memasak, halaman depan YouTube kamu nantinya akan menampilkan konten yang juga berkaitan dengan masak-memasak. Itulah juga salah satu contoh algoritma.

Pihak YouTube menggunakan algoritma sebagai solusi untuk menyuguhkan konten-konten yang sekiranya menarik buat kamu dan bakal kamu tonton. Sebab, semakin lama kamu nonton video di YouTube, tentu semakin menguntungkan bagi mereka. Selain itu, algoritma ini juga content creator manfaatkan loh dengan membuat judul yang catchy dan jam upload video yang sudah diperhitungkan sehingga menaikkan viewers mereka.

Baca Juga: Manfaat Machine Learning Bagi Bisnis Startup

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu contoh-contoh algoritma, kan? Kamu bisa belajar ilmunya dengan ikutan kursus algoritma di goKampus, loh. Selain itu, bagi yang ingin giat menggeluti bisnis, kamu juga bisa meningkatkan skill dengan ikutan kursus profesional bersertifikat! Bekerja sama dengan Nanyang Technological University (NTU), kampus terbaik di Singapura, kamu bisa dapat sertifikat NTU secara online dari rumah! Seru, kan? Cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *