crypto currency adalah
Tips Belajar

Kenalan dengan Crypto Currency, Primadona Mata Uang Digital Saat Ini

Siapa yang sudah berivestasi crypto? Seiring dengan perkembangan zaman, segala hal yang berkaitan dengan teknologi selalu menarik perhatian, tak terkecuali yang berkaitan dengan finansial. Berbagai platform pun menyediakan layanan transaksi secara digital termasuk mata uangnya. Nah, crypto currency adalah mata uang digital yang saat ini lagi menjadi primadona dan perbincangan hangat. Bagi kamu yang belum tahu apa itu crypto currency beserta jenis-jenisnya, mari merapat! Yuk, langsung baca penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Crypto Currency?

Mengutip dari Investopedia, crypto currency adalah mata uang digital dengan teknologi kriptografi yang sangat aman. Banyak yang mengira crypto currency sama dengan blockchain. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda. Jika crypto currency adalah mata uang digital, blockchain adalah teknologi dalam transaksi mata uang digital tersebut. Dengan bertransaksi melalui blockchain, maka seluruh aset data dan informasi transaksimu akan aman karena akan tersebar ke berbagai jaringan komputer. Crypto currency hampir gak mungkin dipalsukan dan digandakan. Kripto juga bukan hal yang baru dan sudah ada sejak tahun 1983. Penciptanya ialah David Chaum. Saat ini, kripto kembali populer karena banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi mata uang ini.

Baca Juga: Apa Itu Blockchain? Cek Penjelasan Sederhananya di Sini!

Jenis-jenis Crypto

Terdapat banyak sekali jenis crypto currency yang bisa kamu temukan di marketplace. Namun, ada beberapa jenis kripto yang populer. Berikut penjelasan tiap jenis kripto, mengutip dari CNN Indonesia!

1. Bitcoin (BTC)

Kamu pasti sudah sering mendengar jenis uang kripto yang satu ini. Bitcoin merupakan uang kripto yang paling populer dan termasuk ke dalam jenis uang kripto penyimpan kekayaan (store of value). Hal ini karena bitcoin mampu mempertahankan kekayaan seseorang jauh lebih baik daripada uang tunai.

2. Litecoin (LTC)

Jenis crypto currency yang satu ini memiliki keunggulan pada proses transaksinya yang lebih singkat dari kripto lainnya, yaitu sekitar 2 menit. Litecoin dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari. Selain itu, para investor juga sering menggunakan mata uang ini.

3. Ethereum (ETH)

Proses pencairan dana dari Ethereum tergolong lebih mudah dan cepat daripada jenis kripto lainnya. Ethereum termasuk ke dalam jenis koin yang berlaku untuk membayar barang atau jasa yang ada pada jaringan tertentu. Mata uang Ethereum juga memiliki fitur smart contract.

4. Binance Coin (BNB)

Binance Coin memiliki pertumbuhan harga yang tinggi hingga megalahkan Bitcoin dan Ethereum. Satuan koin Binance adalah senilai US$641,43, atau sekitar Rp9,1 juta. Koin Binance dapat kamu gunakan untuk transaksi barang dan jasa.

5. Cardano (ADA)

ADA merupakan salah satu blockchain pertama di dunia yang memiliki sistem lebih efisien. Cardano memiliki berbagai manfaat seperti sebagai alat untuk berinvestasi, transaksi NFT, dan staking.

Jadi semakin tertarik dengan cryto currency gak, nih? Oh iya, kamu bisa belajar seputar kripto di goKampus langsung dari profesor yang mengajar di Nanyang Technological University Singapura, loh! Yuk, ikutan kelasnya dan dapatkan ilmu serta berbagai insight menarik langsung dari ahlinya dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *