science
goKampus Tips Belajar Upskill

Macam-Macam Kecerdasan Manusia!Kamu Yang Mana?

Setiap manusia tentunya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, gak terkecuali dengan kecerdasan nih. Ada banyak banget jenis macam-macam kecerdasan manusia yang membuat setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Biasanya jenis kecerdasan ini penting banget kamu ketahui agar kamu bisa menyesuaikan gaya belajar loh. goKampus akan kasih tau kamu beberapa macam-macam kecerdasan manusia di Indonesia, simak artikel ini yuk!

1. Kecerdasan Logis-Matematis

Macam-macam kecerdasan yang pertama adalah kecerdasan logis-matematis, di mana orang yang memiliki kecerdasan ini memungkinkan mereka untuk unggul di bidang yang berhubungan dengan angka dan rumus. Mereka akan sangat senang dengan angka dan sangat mudah menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan hitungan dan angka. 

2. Kecerdasan Linguistik

Macam-macam kecerdasan yang kedua adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik ini unggul di bahasa, jadi orang yang memiliki kecerdasan linguistik akan lebih mahir mengaplikasikan bahasa, mereka biasanya memiliki kemampuan untuk mempersuasi orang lain. Orang yang kecerdasan ini juga gemar membaca dan menulis.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Macam-macam kecerdasan yang ketiga adalah kecerdasan visual-spasial. Orang yang memiliki jenis kecerdasan ini akan mudah mengimajinasikan sesuatu dalam bentuk visual. Mereka juga lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta memiliki daya imajinasi yang tinggi. Biasanya orang dengan kecerdasan spasial mudah mengingat arah dan gemar menggambar.

4. Kecerdasan Kinestetik

Kamu pasti pernah melihat seseorang yang dengan mudah menangkap gerakan tarian dengan cepat? Nah, besar kemungkinannya kalau dia memiliki kecerdasan jenis kinestetik. Kecerdasan manusia yang satu ini memungkinkan pemiliknya menangkap gerakan dengan cepat. Mereka bisa meniru gerakan tersebut hanya dengan satu atau dua kali melihat.

5. Kecerdasan Eksistensial

Macam-macam kecerdasan yang selanjutnya adalah kecerdasan eksistensial. Di mana orang dengan kecerdasan ini sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup dalam. Mereka kerap kali sering bertanya mengenai kehidupan, kematian, dan lain-lainnya. Nah, orang dengan kecerdasan eksistensial ini sensitif dengan hal-hal yang berhubungan dengan eksistensi manusia.

Baca Juga: Jurusan Sistem Informasi Belajar Apa Aja Sih?

6. Kecerdasan Interpersonal

Macam-macam kecerdasan interpersonal ini adalah kecerdasan manusia dalam berkomunikasi. Ini juga meliputi kemampuan adaptasi dan bekerja sama dengan orang lain. Orang dengan kecerdasan interpersonal ini akan lebih peka dengan orang sekitar sehingga mereka bisa dan mampu membaca situasi dan nyaman berada di tengah-tengah kebanyakan orang.

7. Kecerdasan Musikal

Macam-macam kecerdasan yang selanjutnya adalah kecerdasan musikal. Di mana ada beberapa orang yang mampu menangkap nada dan ritme musik hanya dengan mendengar. Orang-orang tersebut memiliki kecerdasan manusia jenis musikal. Biasanya orang-orang dengan kecerdasan ini senang dengan bernyanyi dan musik. Mereka juga cukup tertarik dengan ritme hingga bunyi-bunyian.

8. Kecerdasan Naturalis

Macam-macam kecerdasan yang satu ini adalah kecerdasan naturalis, di mana orang yang memiliki kecerdasan ini akan lebih senang untuk bermain dengan alam dan mereka mampu membaca lingkungannya terutama di alam bebas. Kebanyakan orang yang memiliki kecerdasan ini akan senang melakukan aktivitas di luar rumah dan mereka senang dengan kegiatan yang melibatkan alam dan binatang.

9. Kecerdasan Intrapersonal

Macam-macam kecerdasan yang terakhir adalah kecerdasan intrapersonal. Di mana kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk memahami diri sendiri dan mampu memahami kondisi mental dan emosinya sehingga mampu mengendalikannya dengan baik.  Mereka bisa memotivasi diri sendiri dan gak mudah menyerah nih.

Nah, setelah kamu mengetahui macam-macam kecerdasan yang kamu miliki. Ini saatnya kamu mencari tau mengenai gaya belajar yang cocok denganmu khususnya selama pandemi Covid-19. goKampus akan kasih tau kamu mengenai cara belajar efektif selama masa pandemi! Cek artikel ini yuk!

1. Jangan terlalu lama di depan laptop

Cara belajar efektif yang pertama adalah kamu jangan belajar terlalu lama didepan laptop. Penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan loh. Luangkan waktumu untuk belajar dan fokus ya. Jadi, jangan forsir belajarmu terlalu lama.

2. Berkomunikasi dengan orang lain di rumah

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu penting banget untuk memberitahu anggota keluargamu kalau kamu sedang belajar secara online dan sebisa mungkin menghindari gangguan yang gak perlu. Ini bisa memberikan kesempatan untukmu untuk berkonsentrasi.

3. Berikan hadiah kepada dirimu sendiri

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah meskipun kamu giat belajar tapi jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Sesekali kamu bisa memberikan reward atau apresiasi terhadap dirimu sendiri dengan makanan atau minuman-minuman yang kamu suka, atau mungkin kamu menonton serial film yang kamu suka.

4. Belajar secara berkala (berkali-kali)

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah belajar secara berulang kali. Nah, kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar sebentar selama kurun waktu 5-10 menit saja, namun sering. Hal ini bisa membantumu untuk mengingat dan memahami banyak hal dan ini bisa menandakan bahwa kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas.

Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu. Cara belajar efektif seperti ini akan menunjukkan kemajuan yang signifikan!

5. Temukan gaya belajarmu sendiri!

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh. Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke. 

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. Ada banyak sekali caranya guys! Kalian bisa mencoba gaya belajar yang lain sambil mencari gaya belajar seperti apa yang cocok untuk kamu ya!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *